Notification

×

Iklan

Iklan

Mitos atau Fakta! Buah Kunyit Mengatasi Anak Sering Ngompol

Sabtu, 08 Juni 2019 | 23.23 WITA Last Updated 2021-05-22T08:07:49Z
Buah Kunyit Mengatasi Anak Sering Ngompol gambar bidikdot



Bidikdotcom - Sebagai orang tua tak jarang kita sering kesal terhadap perilaku anak-anak yang sampai usia 11 tahun masih suka mengompol di tempat tidur dan ada kalanya itu terjadi bukan hanya pada malam hari tapi juga pada siang hari saat mereka istirahat tidur.

Ini bukanlah sebuah perilaku dari anak yang malas bangun untuk ke toilet sehingga jika merasa ingin mengompol atau kencing langsung di tempat tidur atau hal lain, tetapi sebuah sifat bawaan dari anak tersebut berkaitan dengan kesehatannya.


Namun dari beberapa orang tua mengatakan itu terjadi karena kelelahan tapi ada juga mengatakan, anak  sering mengompol di tempat tidur karena tingkat aktivitas bermain dari sang anak sangat tinggi sehingga membuat ia sering mengkomsumsi air putih berlebihan dari kadar ukuran komsumsi seorang anak.


Beralasan memang hal-hal seperti tadi sehingga untuk menambah keyakinan penulis mencoba bertanya pada sala seorang dokter yang bertugas di pusat kesehatan masyarakat yang ada di Kota Bitung mengapa perilaku anak yang sampai usia 11 tahun masih sering kencing di tempat tidur.

Kata sang dokter itu merupakan proses pencernaan dalam tubuh sang anak tidaklah seimbang sehingga butuh penyeimbang dari aktifitas sehari-hari

Tidak ada rujukan untuk minum obat-obatan tertentu hanya aktifitas sang anak perlu di perhatikan oleh orang tua sehingga tidak berlebihan beraktivitas dari kadar bermain normalnya sang anak.

Namun melihat pengalaman-pengalaman orang tua dulu bahwa tumbuh-tumbuhan dapat menjadi solusi untuk mengatasi anak sering ngompol di tempat tidur salah satunya adalah buah kunyit.

Buah kunyit di yakini dapat mencegah anak mengompol mulai dari usia 3 tahun sampai 11 tahun,  sebab dari uraian cerita para orang tua dulu bahwa mereka sering menggunakan buah kunyit mengatasi anak sering ngompol di tempat tidur 

Percaya atau tidak fakta mengatakan seperti yang mereka alami

Kalau ada yang ingin mencobanya berikut cara penggunaanya :
  • ambil buah kunyit 4 helai di ikat menjadi satu
  • celupkan/bilas buah kunyit kedalam air bersih
  • dan pukulkan ke pantat sang anak tanpa ia ketahui kenapa harus memukulnya
  • yang harus memukulkan buah kunyit tersebut adalah saudara kandung
  • atau saudara dekat.

Lakukan cara tersebut sampai 3 kali sehari atau sampai anak tersebut tidak ngompol atau kencing di tempat tidur lagi.

Mitos atau fakta buah kunyit sudah menjadi obat tradisional mengatasi anak sering ngonpol.

silahkan mencobanya bila merasa diperlukan kalaupun tidak percaya jangan dicoba, namun merujuk yang dikatakan para ibu-ibu disekitaran Pulau Lembeh dimana telah mempraktekan cara kuno ini pada anak mereka, bahwa obat herbal tersebut cukup membantu dan anak-anak pun tidak ngompol lagi di tempat tidur.


Diakui praktek-praktek seperti ini dianggap sangat tertinggal dan sudah tidak cocok dengan masa modern zaman ini bahkan dunia kesehatan telah di perlengkapi dengan peralatan medis super canggih, sehingga untuk menggunakan cara lama dalam kesehatan tidak berlaku lagi.

Akan tetapi walaupun kecanggihan peralatan dunia medis terus berkembang, obat herbal tetap menjadi alternatif dalam rangka menekan biaya pengobatan di rumah sakit, lepas dari kontroversi beresiko dan tidaknya keseringan menggunakan obat herbal, 

Banyak pilihan obat herbal dari tanaman kunyit asal dengan bijak digunakan pasti akan mendantangkan kesehatan, sebab ada beberapa penyakit yang tidak bisa mengkomsumsi tanaman berwarna kuning peka ini seperti asam lambung, kista dan lainnya (rujukan medis).


bdc

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update