Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tips Untuk Menjaga Uang THR Tidak Tergerus di Lebaran

Selasa, 04 Juni 2019 | 10.24 WIB Last Updated 2020-04-06T07:10:22Z
gambar citrus.id

Bidikdotips - Siapa yang tidak tahu jika menyambut lebaran pasti ada hadiah, ole-ole atau angpao yang nantinya akan menjadi warna dalam meyambut lebaran. memang bukan suatu keharusan tetapi ternyata hal ini sudah membudaya bagi masyarakat yang hendak pulang lebaran ke kampung halamannya.

Kesempatan ini kami akan membagikan tips-tips khususnya bagi yang mendapat Tunjangan Hari Raya (THR) untuk menyambut lebaran bersama sanak saudara di kampung halaman. namanya berkumpul satu kali dalam setahun bagi keluarga yang berjauhan merupakan sesuatu yang istimewa apalagi jika yang bersangkutan memiliki hubungan dengan pekerjaan pada Perusahaan atau sebuah Lembaga.

Yang akan terlintas saat persiapan untuk mudik adalah hal-hal yang berkenan dengan hadiah.tidak salah memang jika kita akan menyiapkannya asal dengan penuh perhitungan dan di sertai dengan pertimbangan-pertimbangan yang matang dari yang akan menyiapkannya.

Baca Juga : Tiket Pesawat Melambung Jalur Darat dan Laut Primadona

Beberapa hal berikut bisa menjadi perhatian agar uang THR tidak tergerus habis
di saat merayakan lebaran :

A.Budget
Buatlah anggaran yang terinci sebelum berbelanja terhadap hal-hal yang sudah  dielaskan di atas karena sangatlah penting untuk membuat anggaran sehingga kurangnya benar-benar di dalam jangkauan kita.

B. Kebutuhan dan Keinginan
Hal yang kedua ini perlu di perhatikan dengan serius karena jika tidak maka di pastikan semua keuangan kita akan tergerus jika tidak ada bijaksana dari kita untuk menggunakan mana yang perlu dan mana yang tidak.

Kita harus membedakan mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang menjadi keinginan sebab jika kedua-duanya menjadi prioritas kemungkinan selesai lebaran akan gigit jari.

Kebutuhan menyangkut hal-hal yang yang setiap hari kita jalani sedangkan keinginan berhubungan dengan gengsi, gaya-gayaan dan kemungkinan menjurus pamer saja.ini perlu di hindari di saat mempersiapkan lebaran.

C.Makanan
Belanjalah bahan makanan yang menurut cara santap alamiah kita jangan memaksakan dengan hal-hal diluar dengan apa yang kita jalani sehari-hari seperti contoh : membeli bahan makanan Pizza dan yang akan di sajikan di kampung halaman kemungkinan juga bahan-bahan ini tidak akan terpakai karena kebanyakan masyarakat pedesaan tidak familiar dengan jenis makanan ini.

Manfaatkan bahan-bahan makanan yang ada di kampung halaman yang lebih orisinil yang bisa di ambil di kebun atau di pekarangan atau juga di pasar-pasar desa

D.Sedekah/Angpao/Ole-ole
Bila ketiga bagian di atas bisa di jaga dan di perhatikan maka poin yang ke 4 ini dapat di jalankan dengan baik.Sedekah adalah hal yang istimewah bagi kaum Muslimin untuk berbagi terhadap sesama yang berkekurangan, abaikan hal-hal yang menyangkut keinginanyang tidak penting ingatlah ada hal yang lebih istimewah untuk membaktikan amal kita kepada Allah SW Allah.

Baca Juga : Pemerintah Cairkan THR PNS dan Cuitan Jangan Bayar Pajak

Bila Sedekah sudah di laksanakan maka bisa di perhatikan pemberian Angpao/ole-ole saringlah dengan bijaksana kepada siapa kita akan memberikan hadiah-hadiah tersebut jangan satu RT kita memberikan hadiah mungkin orang-orang yang dekat dengan keluarga kita saja atau tidak perlu memberikan hadiah kita bisa kemas dalam bentuk rekreasi keluarga dan yang lainnya.

Setelah semuanya masuk dalam bidikan yang pas maka silahkan cek sisa anggaran atau isi saldo kita di ATM di pastikan memuaskan karena kita berhasil membuat perencanaan yang baik untuk pengeluaran di saat lebaran.(*)
×
Berita Terbaru Update