Notification

×

Iklan

Iklan

Wordpress vs Blogger Mana Yang Lebih Baik Untuk Menjadi Pilihan

Sabtu, 13 Juli 2019 | 00.36 WITA Last Updated 2021-11-12T08:30:36Z
Ilustrasi Gambar editing bidikdot

Bidikdot.com Menjadi seorang penulis pada sebuah website terkadang butuh energi yang cukup menyita perhatian dan waktu yang serius dari orang tersebut untuk mendapatkan kesimpulan dari yang di tulis sebagai komsumsi publik pada umumnya.tak jarang penyaji informasi sering kewalahan secara personal jika pemikiran yang akan dituangkan hanya berpusat dari diri sendiri.

Seorang penulis sebagai penyaji informasi harus mengenal lingkungan sendiri dan dunia di luar dari lingkungannya untuk menampilkan informasi yang berkualitas yang dapat di terima publik secara berkesinambungan.

Tema tulisan ini saya beri judul Wordpress vs Blogger bagaimana menjadi penulis media online dari kedua platform itu. kita tidak akan mengurai lagi apa itu blog atau apa itu wordpress saya percaya yang membacanya sedikit sudah paham tentang kedua istilah tersebut.

Walaupun akan ada kesempatan lain kita membahasnya!

Baca Juga : Fakta 2 Minggu Web Blog Terindeks Mesin Telusur

Blogger dan Wordpress memiliki kesamaan tujuan yaitu menyajikan informasi yang di terima akal sehat serta mengantar para pembacanya mendapatkan sebuah edukasi atas apa yang disajikan.

Sebab banyak para penulis (penyaji informasi) akhir-akhir ini tidak dapat mempertanggung jawabkan hasil yang di tulis dan hanya menghasilkan berita bohong atau "hoax"

Kemudian antara blog dan WP memiliki peran yang sama dalam membuat pundi-pundi ekonomi dari seorang publisher merangkak naik dari apa yang tidak dikira sebelumnya.

Sekarang mari kita beda masing-masing spesifikasi dari kedua platfom dunia maya yang sampai hari ini sudah menjadi komsumsi digital masyarakat millenial.

Sekali lagi catatan ini tidak merujuk kepada spesifikasi secara ilmiah dari kedua bahasan yang di maksud mulai dari coding, penerapan css, html, scrypt dan lain sebagainya ini hanya membuka ruang pemikiran kita mana yang pas di pakai sebagai sarana informasi yang menurut ukuran dan kemampuan kita

Wordpress

Merupakan website berbasis hosting atau juga disebut web hosting yang sejatinya  berdiri sendiri secara mandiri untuk sebuah rumah bagi para penyaji informasi (publisher) yang secara kontinyu di batasi dalam  kontrak durasi yang telah di tentukan.

anda tidak dapat melanjutka website tersebut bila durasi kontrak habis atau sewa hossting expire, karena pastinya anda harus membayar tagihan untuk kontrak yang baru. pada durasi tahun berikutnya.

Dari segi struktur tempatnya web hosting memiliki tingkat keamanan lebih terjaga ketimbang blogger dan didukung dalam beberapa aplikasi penunjang seperti SSL, domain gratis, web email, bandwith tertata rapi dan banyak lagi fitur penunjang yang di siapkan oleh web hosting.

Selanjutnya web Hosting memiliki harga yang relatif  bertingkat sebagaimana penawaran produk dari penyedia jasa web hosting yang beredar khususnya di Indonesia, 

Sehingga bila tidak jeli akan merogoh kocek kita lebih.bukan berarti saya melarang penggunaan web hosting premium dari platform wordpress tetapi bila kita bukan profesional di bidangnya maka akan kesulitan memahami struktur data dari rumah website tersbut dan ini dipastikan anda akan kelabakan.

Terakhir dari web hosting adalah sangat cepat terdeteksi mesin pencari seperti google karena memang pada fitur rumah berbayarnya telah di sediakan scrypt terhubung ke layanan index google secara langsung tanpa repot-repot mengatur struktur websitenya seperti pada blog.

Tentu dengan syarat sudah memiliki konten yang terwakili dari menu tersedia pada navigasi web. Untuk layanan ini anda harus membayarnya sekitar Rp 150.000 itu kalau anda beli hosting di idwebhost


Blogger

Rumah website yang satu ini merupakan sarana penyaji informasi dibawah naungan platform dari pada google sehingga memudahkan para penggunanya untuk melakukan edit html, mengatur navigasi halaman dan lain-lain tanpa menggunakan control panel atau C-Panel.

Blog memiliki struktur data yang sedikit lebih ringan dan sederhana untuk dikelolah ketimbang wordpress ini merupakan tempatnya para  penulis yang baru merangkak naik bahkan yang baru belajar (pemula)

Jika seorang penulis berhasil menguasai blog maka selanjutnya  tidak akan terlalu sulit.

Keistimewaan blog tidak memiliki batasan bandwidth serta durasi kontrak kecuali (Domain) 
pengguna blog dapat menulis sebebasnya tulisan yang akan di sajikan didepan publik tanpa ada embel-embel walaupun tetap memenuhi kriteria Google.

Memang di akui saat membuat url blog yang muncul sesuai dengan platform blog maka jadinya seperti contoh ini www.bidikdotblogspot.com namun itu bisa di ganti dengan membeli domain ke penyedia jasa seperti pada idwebhost  sehingga namanya akan berganti www.bidikdot.com

Blog juga banyak menyediakan template gratisan yang bagus-bagus namun bagi seorang pemula butuh keahlian untuk memilih mana blog SEO dan Responsif untuk menjadi langganan mesin pencari. 

Bila ingin terlihat profesional contohblog menyediakan template premium untuk blogger yang
ingin menampilkan websitenya terlihat seperti profesional dan adem dengan mesi pencari.

Jangan kawatir blog juga dapat menghasilkan uang lewat pemasangan iklan dan jika memungkinkan maka google adsense siap untuk merangkul setiap web blog yang berkualitas untuk menjadi pengiklan dari browser nomor satu di dunia. asal syarat dan ketentuan di penuhi.

Baca Juga: 7 Blogger Indonesia Inspiratif Patut Anda Kunjungi

Kesimpulannya  kedua form memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing bagi yang pemula ada baiknya memilih Blog seperti yang tersaji di website ini. untuk profesional saya yakin tidak akan ada masalah terhadap penggunaan kedua platform yang di maksud.(ds)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update