Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tarik Ulur Pemindahan Ibukota Negara

Senin, 19 Agustus 2019 | 08.44 WIB Last Updated 2020-04-06T09:52:11Z
Rencana Pemindahan Ibukota dari Jakarta ke Pulau Kalimanatan/photo pesona travel

Bidikdot.com Tarik menarik seputar pemindahan ibukota terus bergulir dari reaksi pemerintah dibawah arahan Presiden Joko Widodo menunjukan keseriusan untuk segera memindahkan pusat pemerintahan dari jakarta ke daerah lain.

Bidikan dari Jokowi pada survei sebelumnya bahwa Pulau Kalimantan akan menjadi tempat ideal Pusat Pemerintahan nanti.walaupun belum secara gamblang menyampaikan tempat yang pasti di kalimantan namun Presiden terpilih pemilu 2019 itu tetap mempertahankan keputusannya untuk memindahkan ibukota dari jakarta yang menurut beberapa pemikir sudah tidak layak.

Dalam pidato kenegaraan didepan sidang MPR/DPR RI Jumat 16 Agustus 2019 Presiden Joko Widodo memohon ijin kepada seluruh rakyat Indonesia untuk rencana pemindahan ibukota.

Baca Juga : Baja Nasional Kalah Saing Baja Tiongkoko

Joko Widodo menyampaikan bahwa akan ada pemerataan kesejahteraan dari sabang sampai marauke dan seluruh indonesia dan sala satunya adalah pemindahan Ibukota.Jokowi beralasan pemindahan ibukota secepatnya di lakukan sebab kondisi jakarta yang sudah begitu pada baik dari pusat
kependudukan maupun bisnis.

Sebelumnya para politikus memiliki pendapat berbeda dengan apa yang akan dilakukan oleh Jokowi sala satunya yang memberi pendapat adalah Fahri Hamza Wakil Ketua DPR tersebut menyampaikan "kenapa harus jauh-jauh pemindahan ibukota kan kita punya pulau reklamasi untuk di buat daerah pusat pemerintahan sehingga tetap terlihat identitas sebagai negara maritim"

Pemindahan ibukota pula memunculkan berbagai opini terhadap kekawatiran tergerusnya anggaran negara atas rencana pemindahan ibukota tersebut.

Namun beda dengan pernyataan yang disampaikan oleh BKKBN bahwa pemindahan ibukota pemerintahan dari jakarta tidak akan mengganggu APBN tahun berjalan sebab pemerintah memiliki opsi lain tanpa harus membebani anggaran negara yang telah di tetapkan.

Baca Juga : Jaringan Seluler di Pulau Lembeh Sering Bermasalah

Dari informasi beberapa media nasional bahwa ke-empat provinsi di kalimantan siap jika ditunjuk sebagai pusat pemerintahan negara republik Indonesia.dan tempat yang sempat viral untuk ibukota adalah Palangkaraya.namun semuanya keputusan ada ditangan sang presiden.

Tahun 2024 rencana pemindahan ibukota dari jakarta ke pulau kalimantan diharapkan telah rampung.tentu rencana besar ini harus memiliki dukungan oleh seluruh lapisan masyarakat indonesia. (ds)
×
Berita Terbaru Update