Notification

×

Iklan

Iklan

27 Kasus Covid-19 Melanda Indonesia, Pemerintah Himbau Jangan Panik

Rabu, 11 Maret 2020 | 10.20 WITA Last Updated 2020-03-14T16:19:16Z
Juru bicara penanganan Covid-19 Acmad Yurianto masyarakat jangan panik
Photo : Suara.com

Bidikdot.com Pemerintah Indonesia terus melakukan pengawasan kepada masyarakat yang telah terindikasi virus Covid-19 lewat pengembangan kasus corona sejak di tetapkannya 2 orang WNI pada pekan lalu oleh pemerintah. dari hasil tanggap darurat yang di jalankan oleh pemerintah dalam menangani kasus Corona kini jumlah yang terpapar virus berjenis baru tersebut bertambah 8 orang dari 19 orang yang di beritakan pada 7/3/2020.

Dari keterangan pers pada Selasa 10/3/2020 lewat juru bicara penanganan Covid-19 Acmad Yurianto bahwa telah bertambah 8 orang kasus saspek corona di Indonesia sehingga total keseluruhan kasus Corona di Indonesia mencapai 27 orang di antaranya 4 warga negara asing.

Baca Juga : Indonesia Hentikan Sementara Yang Berhubungan Dengan Tiongkok


Acmad Yurianto tidak menyebutkan personal yang terpapar virus ia menyampakan bahwa mulai dari kasus 1 sampai 27 ada dalam penanganan intensif dari tim medis daerah masing-masing termasuk yang ada di Depok.Yurianti enggan menyebutkan personalnya karena itu adalah privacy yang harus di jaga. menurutnya apa yang mereka sampaikan beberapa waktu lalu dengan menyebutkan identitas dan asal tempatnya mendapat komplain sehingga mereka lebih memilih untuk tidak menyampaikannya kepada publik.

Dalam beberapa pertanyaan yang di lontarkan oleh para awak media Yurianto menyampaikan akan terus menginformasikan perkembangan Covid-19 yang saat ini telah menyebar dan di alami oleh Indonesia. dengan tetap menjaga rahasia penderita virus agar mereka maupun keluarganya tetap merasa nyaman. ia mengharpakan kepada media untuk menyampakan hal-hal yang mengedukasi untuk menyikapi kasus Covid-19 ini agar publik tidak di buat panik.

Pemerintah lewat juru bicara penanganan kasus Covid-19 lebih berhati-hati menyampaikan pernyataan agar masyarakat tidak di buat takut untuk beraktifitas  baik di dalam rumah maupun di luar rumah sehingga apa yang di kerjakan setiap hari berjalan dengan normal.

Sementara itu meningkatnya penyebaran Covid-19 di tanah air membuat beberapa tempat vital harus mengalami penurunan dalam berinvestasi. seperti sektor pariwisata yang saat ini telah merasakan cukup signifikan menurunanya dalam perputaran modal atas di berlakunya penutupan beberapa maskapai yang menjadi jasa andalah untuk membawa para wisatawan.

Pemerintah pun menghimbau untuk tidak merasa panik berlebihan sehingga tidak akan mengganggu aktifitasnya untuk bekerja. sehubungan dengan beberapa kasus dalam memanfaatkan virus Covid-19 lewat penjualan masker di atas harga maksimum pemerintah akan menindak tegas setiap oknum yang akan menjual masker dengan harga yang tidak masuk akal.

Di beberapa tempat di tanah air harga masker melonjak naik sampai 12 kali lipat dari harga biasanya walaupun saat ini sudah kembali normal . namun demikian tidak mudah lagi mendapatkan masker di toko toko yang biasanya menyediakan alat pelindung mulut tersebut. tetapi pemerintah tetap mengharapakan kepada masyarakat untuk tidak ada penimbunan masker yang kemudian akan di jual dengan harga yang cukup tinggi.

Pemerintah juga menghimbau kepada masyarakat agar membatasi diri untuk berkunjung ke tempat-tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan Mall dan lain-lain untuk menghindari agar tidak terjangkit secara cepat virus Covid-19  tersebut serta menjaga kesehatan lewat rajin mencuci tangan sebelum menyentuh sesuatu yang berhubungan dengan apa yang akan di makan.

Dari keterangan yang di sampaikan oleh Yurianto ke 27 kasus yang terjadi pada masyarakat sehingga sangat cepat terjangkit virus adalah kontak tubuh antara satu dengan lainnya sebab dari 27 orang terjangkit virus sala satunya adalah pasangan suami/istri. sehingga di sarangkan bila ada pasangan yang terdekteksi mengalami gejala virus tersebut segera melakukan penganan sedini mungkin seperti memakai masker meminum herbal jahe yang di sarankan dan selanjutnya langsung ke rumah sakit.

Berikut gejala gejala yang di alami oleh Covid-19 dalam tubuh manusia :
1.Demam dan Panas tinggi di atas 38 derajat
2.Flu di sertai batuk kering

Jika gejala-gejala tersebut telah terlihat secepatnya menghubungi dokter atau tindakan darurat sebelum pergi ke rumah sakit. jangan di biarkan sampai berhari-hari karena itu sangat membahayakan kesehatan tubuh.apa apa saja tindakan darurat yang harus di lakukan sebelum ke dokter berikut caranya :
1.Minumlah air hangat dari rebusan jahe dan temulawak untuk menghagatkan tubuh bahkan kalo bisa sampai tubuh berkeringat

2. Lakukan pergerakan rileks seperti pemanasan saat berolahraga agar sendi-sendi persendihan tubuh tidak di buat kaku dan akhirnya lemah.

3. Hindari untuk mengkomsumsi minuman soft drink dengan tingkat dingin  yang cukup tinggi dan air es.


Jarang di rekomendasikan cara-cara seperti di atas namun jika ada gejala seperti itu cobalah untuk meringankan kepanikan agar terhindar cepat dari penyebbaran virus itu. sebab kepanikan juga akan membuat seseorang tidak dapat melakukan tindakan bijaksana dalam lingkungan sendiri dan atau secepatnya menghubungi tempat kesehatan terdekat seperti klinik maupun puskesmas.

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update