Notification

×

Iklan

Iklan

Antusias Warga Lembeh Ikuti Sensus Penduduk Online Meningkat

Rabu, 15 April 2020 | 15.12 WITA Last Updated 2020-04-15T08:29:00Z
Sensus Penduduk online  2020 beri akses mandiri buat masyarakat 
gambar Ilustrasi

Bidikdot.com Program Pemerintah melaksanakan sesnsus penduduk secara online mendapat sambutan positif dari warga di Pulau Lembeh mengingat kehadiran teknologi digital dunia smartphone membuka lebar peluang bagi masyarakat melakukan apapun diingininya termasuk ikut mengsukseskan program sensus penduduk 2020.

Sensus Penduduk secara Online di buka sejak 15 Februari lalu dan di perpanjang pendataannya hingga 29 Mei mendatang sebagai warga negara yang baik tentunya harus proaktif untuk berpartisipasi hingga suksesnya program pemerintah tersebut. termasuk juga warga Pulau Lembeh di dua kecamatan yaitu Lembeh Utara dan Lembeh Selatan. hadirnya sensus penduduk secara online memberi kontribusi positif bagi masyarakat sehubungan dengan pendataan secara nasional.

Baca Juga : Bripka Jerry Tumundo Representasi Kasih Tuhan Dalam Dinas Kenegaraan

Disosial media terlihat keaktifan masyarakat Lembeh ambil bagian dalam sensus penduduk online ini bahkan mereka saling berlomba menampilkan grafik siapa telah lebih banyak melakukan sensus penduduk online dan ini menunjukan satu langka maju pemerintah untuk mendata setiap warganya tanpa harus naik turun rumah seperti waktu-waktu lalu melakukan pendataan.

Peran kepala-kepala kelurahan di Lembeh sangat membantu suksesnya sensus penduduk berbasis online ini sehingga animo masyarakat terhadap pendataan online perlu di beri apresiasi sebab pemerintah tidak lagi dibuat sibuk dengan pendataan manual seperti dilakukan sebelumnya.

Hadirnya teknologi smartphone berbasis android maupun ios dimiliki masyarakat saat ini  cukup membantu Pemerintah untuk melakukan pendataan penduduk secara online dan faktanya seperti itu masyarakat memiliki teknologi smartphone tinggal mengunduh aplikasi dari Badan Pusat Statistik (BPS) maupun dari browser google.

Bagi masyarakat yang tidak memiliki smartphone dibantu oleh masyarakat lain atau tetangganya sehingga semua terbantukan dan berhasil mengisi folmulir.dari pantauan kami serta cek dan ricek kekelurahan-kelurahan di Pulau Lembeh rata-rata sudah di atas 50%  bahkan ada sudah mendekati 90% ini menunjukan respon cukup tinggi sensus penduduk dilakukan masyarakat Lembeh.

Contohnya di Kecamatan Lembeh Utara dari kurva yang mereka tampilkan masing-masing Kelurahan sangat signifikan pergerakannya itu berarti setiap harinya ada data terisi dari masayrakat meskipun diakui ada terkendala dengan sebagian masyarakat tidak memiliki kartu keluarga dan akta pernikahan sebab kedua berkas itu menjadi syarat suksesnya pengisian form sensus.

Kami pun bertanya kepada sebagian warga dimana telah selesai melakukan sensus penduduk berbasis online perihal tanggapan mereka terhadap program pemerintah ini. rata-rata menjawab cukup puas sebab secara langsung mengetahui apa-apa saja diperlukan dalam data berbasis online itu bahkan sebagian warga katakan cukup simple "gampang kote nyanda sulit" tentunya bagi mereka tahu menggunakan teknologi via smartphone untuk mengisi data yang diminta.

Meskipun belum semua melakukan pendataan secara online khususnya di Pulau Lembeh tentu akan menjadi harapn kita semua dapat mengsukseskan program Pemerintah ini.bagi warga tidak memiliki smartphone dapat meminta bantuan warga lainnya untuk diisikan datanya di folmulir yang telah di sediakan saat membuka  aplikasi sensus penduduk dari BPS.

Baca Juga : Fakta-Fakta Menarik Dimundurnya EURO 2020

Sensus Penduduk berbasis online merupakan inisiasi Pemerintah lewat Badan Pusat Statistik untuk menggunakan teknologi sebagai sarana dimana secara umum telah dimiliki oleh masyarakat yaitu smartphone baik android maupun ios sehingga tidak akan sulit bagi masyarakat indonesia mengaksesnya. tentu bagi sebagian warga negara dikarenakan kondisi geografis sehingga tidak ada layanan internet dapat dilakukan oleh Pemerintah setempat sampai pada RT/RW.

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update