Notification

×

Iklan

Iklan

Aplikasi PeduliLindungi Berbasis IOS Dan Android Bantu Perangi Covid-19

Sabtu, 18 April 2020 | 11.26 WITA Last Updated 2021-05-07T21:36:10Z



Bidikdotcom - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia merilis teknologi aplikasi untuk memerangi Corona Virus Desease (Covid-19) yang telah melanda seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Dimana saat ini telah meluas penyebarannya hampir di seluruh tanah air. Pemerintah menginisiasi platform teknologi berbasis Android dan IOS tersebut karena telah familiar dengan masyarakat Indonesia tanpa melihat kalangan.

Aplikasi yang di beri nama PeduliLindungi ini nantinya memiliki multi fungsi untuk dapat memberi informasi seputar penanganan virus corona secara nasional, berbagi tips dan kiat-kiat untuk menghadapi jika terjadi gesekan sosial ditengah masyarakat akibat dampak dihasilkan dari Covid-19.

Cara ini diharapkan dapat menghambat tingkat penyebaran virus corona ditengah masyarakat karena secara tidak langsung dapat diakses dimana saja oleh seluruh masyarakat Indonesia 

berhubungan dengan deteksi dini Covid-19 terhadap keberadaan seseorang bila berada disuatu tempat atau lingkungan dengan dampak kasus tertinggi atau zona merah.

Memang diakui saat diluncurkannya aplikasi PeduliLindungi ini mendapat sambutan pesimistis dari kalangan pemerhati teknologi di tanah air karena bisa saja aplikasi familiar dengan masyarakat 

basic setingnya dimungkinkan untuk diserang oleh para hacker yang tidak bertanggung jawab lewat terbitan Malware maupun physing.

Namun hal tersebut dibantah oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Jhonny G.Plate aplikasi atas kerja sama dengan Kementerian Kesehatan itu di jamin aman dari Malware dan Physing. menurut Politikus Nasdem tersebut semua tanggapan miring atas diluncurkannya aplikasi dalam rangka memperhambat penyebaran virus corona adalah tidak benar atau hoax.

"kami memastikan bahwa itu tidak benar aplikasi PeduliLindungi saat ini sudah dapat diunduh melalui App Store maupun Play Store untuk versi IOS dan Android tidak melalui APK sehingga sangat aman dari phising maupun malware" ungkap Menteri Jhonny pada keterangan pers 17/4/2020.

Kominfo berharap bahwa masyarakat tak ragu dengan kebijakan Pemerintah merilis Aplikasi yang dapat mendeteksi secara dini Covid-19 itu. masyarakat dipersilahkan untuk mengunduh aplikasi tersebut dimana saat ini telah terunduh sekitar 1 juta pengguna.

Aplikasi PelindungLindungi menggunakan sistem tracking, tracing dan fencin dimana hal ini berdasarkan kepurusan Menkominfo bernomor 171 2020 dalam menunjang Surveilans Kesehatan dalam melengkapi Keputusan Menkominfo 159 tahun 2019 (sumber :Kekominfo)

Menurut Menteri Jhonny semakin banyak masyarakat mengunduh aplikasi ini semakin tinggi tingkat keakuratan data untuk mengetahui deteksi dari wabah covid-19 dan penanggulangannya akan semakin cepat dan tepat.

Cara kerja dari Aplikasi PeduliLindungi dapat dibilang sangat simple namun dengan memakai teknologi Blluetoth aplikasi tersebut dapat mendeteksi pergerakan penyebaran virus selama 14 hari terakhir lewat sisten tracking  dari tracing bluetoth tadi.

selanjutnya aplikasi akan mendeteksi keberadaan pasien covid-19 bila seseorang pengguna aplikasi pernah berada disamping pasien dan ia akan memberikan peringatan sesuai protokol kesehatan dari Kementerian Kesehatan RI dan bersangkutan harus menjalankan arahan dari aplikasi sebagaimana penjelasan tadi.

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update