Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Cara Menikmati Waktu Bersama Keluarga Saat Dirumah Menurut WHO

Sabtu, 18 April 2020 | 16.44 WIB Last Updated 2020-04-19T02:29:47Z

Sala satu cara menambah keakraban adalah makan malam bersama keluarga
Photo : Dorah Zarahclayen

Bidikdot.com Berbagai macam cara yang dilakukan oleh setiap orang untuk mengisi waktu bersama keluarga sehubungan pemberlakuan social distancing dan tetap dirumah. mulai dari bermain gamer, karokean, dan hal kreatif  lain sehingga membuat suasana dirumah semakin fun dan hapy. setiap kegiatan positif dilakukan didalam rumah sehubungan dengan kondisi saat ini khususnya lagi bagi daerah-daerah yang telah memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akan sangat bermanfaat mengusir rasa jenuh saat kita tidak lagi melakukan aktifitas diluar rumah.

Tentu akan menjadi persoalan bila kita monoton tidak melakukan perencanaan saat
didalam rumah meskipun semua aktifitas diluar rumah dibatasi tetapi perlu merencanakan sesuatu yang baik seperti saat kita berada diluar rumah memang harus kita akui kondisi didalam rumah dan diluar sangat berbeda sehingga memerlukan kepiawaian kita agar boring/bosan tidak melilit kita.

Baca Juga :  Cara Menghindari Terpapar Virus Corona

Untuk mengusir rasa kejenuhan saat beraktifitas dalam rumah kita perlu beberapa tips sehingga suasana tetap enjoy dan menyenangkan. nah berikut kami bagikan 4 cara beraktifitas saat kita berada dirumah menurut organisasi kesehatan dunia (WHO).

1.Tetapkan tujuan dan rencanakan kapan harus bangun, apa yang akan dimakan, dan kapan akan tidur

Cara pertama dianjurkan oleh WHO adalah kapan harus bangun saat pagi hari apa akan dimakan dan memulai kembali tidur.sekilas kita memang tidak perlu hal-hal seperti itu namun ada baiknya itu dibiasakan agar kita dapat mengatur waktu kita dengan tidur sarapan sampai dengan makan malam sebab hal-hal kecil ini bila dibiasakan akan membuat aktifitas kita terencana dan tidak membuat kita bosan.

Keluar rumah untuk kebutuhan setiap hari perlu direncanakan dengan baik agar pengeluaran tidak berlebihan dikeluarkan sekurang-kurangnya 2 minggu sekali kita bisa berbelanja khusus kebutuhan setiap hari pilihlah sayuran yang bisa bertahan selama 2 minggu. bila akan berbelanja sayuran.

2.Jangan terus-menerus memeriksa berita terbaru mengenai virus corona (Covid-19)

Mengetahui perkembangan informasi terbaru dari penanganan Covid-19 di tanah air adalah hal positif agar kita tidak tertinggal dengan update tentang wabah virus corona. namun akan sangat berpengaruh terhadap emosi dan moral seseorang sebab ada beberapa kasus dari penanganan covid-19 ini sangat menyayat hati sehingga dianjurkan oleh badan kesehatan dunia  tidak sesering mengikuti berita tentang virus corona.

Ada baiknya mengajak orang yang kita sayangi semisal menonton siaran-siaran bermanfaat terlebih anak-anak seperti belajar dirumah atau film-film mengedukasi.

3.Berolahraga makan sehat, dan tidurlah 6-8 jam sehari jika memungkinkan  

Berolahraga merupakan salasatu cara memberi imun tambahan pada tubuh agar tetap bugar dan terlihat fresh meskipun itu didalam rumah ada banyak cara berolahraga bisa kita lakukan baik manual maupun digital seperti berlari atau joging di tempat atau yang memiliki smartphone bisa browser di Youtube gerakan-gerakan senam mulai dari gerakan lamban sampai pada gerakan cepat.

Kalau dibilang tidur siapa gak mau apalagi sampai 8 jam tetapi ini jangan disala presentasikan sebab bila waktu luang kita hanya di untukan tidur maka akan tidak punya waktu lagi bagi keluarga misalnya akan sharing dan tidak mungkin jika panjangnya waktu tidur ini dilakukan pada siang hari selanjutnya ajakan untuk mengkomsumsi makanan sehat adalah keharusan pilihlah sayur yang segar dan bertnutrisi tinggi agar kekebalan tubuh tetap terjaga.

4.Telpon teman-teman dan keluarga untuk mendengar suara yang tak asing lakukan panggilan video untuk merasa dekat saat anda tidak bersama.

Saling menyapa antar sesama dilingkungan sekitar maupun sesama keluarga merupakan cara positif  untuk saling berbagi semisal memiliki persoalan dan di sharing kemereka menurut pendapat kita bisa memberi solusi dan keakraban tetap terjaga meskipun dibatasi dengan jarak akan menambah semangat dan cara berfikir tetap fresting dengan hal-hal tadi.

Usahakan dapat menelpon sesama sahabat atau video calling agar dapat mengetahui kondisi atau keberadaannya saling bertukar pendapat apa saja dilakukan saat social distancing dan hal-hal positif lain sehingga suasana tetap terasa dekat apalagi sesama teman kerja.

Baca Juga : Cara Jitu Tambah Imunitas Tangkal Covid-19 Dengan " Sarabah"

Itulah beberapa cara dapat kita lakukan saat berada dirumah atau mungkin cara-cara positif lain dapat kita salurkan dalam keluarga kita  dalam rangka menjaga agar suasana tetap enjoy meskipun aktifitas tersebut kita lakukan didalam rumah. mari kita bergotong royong bersama memutus mata rantai penyebaran Covid-19 semoga badai ini tetap berlalu sambil tetap berlakukan cara hidup sehat dengan orang yang kita sayangi.(dt)
×
Berita Terbaru Update