Notification

×

Iklan

Iklan

Rapid Test Staf Dan Kru KMP Tude Hasilnya Negatif

Senin, 20 April 2020 | 22.03 WITA Last Updated 2020-04-25T13:33:11Z
Suasana pemeriksaan diatas kapal KMP Tude 20/4/2020 Photo : Ocax

Bidikdot.com Virus Corona (Covid-19) terasa sudah menjadi bagian dalam kehidupan manusia saat ini wabah berbahaya tersebut telah menyerang 213 negara di dunia termasuk tanah air. dari berbagai cara kebijakan Pemerintah memutus mata rantai penyebarannya maka perlu gotong royong untuk mempersempit penyebaran wabah mematikan itu.tidak hanya kebijakan bersifat kontitusional dari Pemerintah baru ada tindakan dari masyarakatnya sejauh bisa dilakukan sebelum terjadi terpaparnya wabah ini ada baiknya tindakan awal perlu menjadi solusi bagi kesehatan kita.

Inilah yang dilakukan staf dan kru Kapal Motor Penumpang (KMP) Tude disela-sela kesibukan mereka melayani masyarakat lewat jasa penyeberangan dapat meluangkan waktu untuk pemeriksaan cepat mendeteksi penyebaran dini  covid-19 dengan Rapid Test. sebab kapal yang setiap harinya mengangkut penumpang dan logistik itu bisa saja terpapar wabah virus corona.

Baca Juga : Perkembangan Penanganan Covid-19 Di Sulawesi Utara

Dalam penggalan cerita para Kru dan Staff saat pemeriksaan ada dalam suasana candaan meskipun semua mengikuti dengan serius tahap pemeriksaan dan hasil pemeriksaan Rapid test semuanya dinyatakan negatif.sala seorang Staff KMP Tude saat kami konfirmasi membenarkan pemeriksaan dan dinyatakan negatif.

Saat kami hubungi via jejaring sosial  sala satu staff pemilik akun Ocax Pansariang sangat bersyukur atas hasil negatif mereka terima. Pemeriksaan tersebut langsung ditangani oleh Dinas Kesehatan Kota Bitung dengan tetap memakai standar operasional prosedur (SOP) Protap Covid-19.

Pemeriksaan yang di lakukan lansung di atas Kapal KMP Tude ini mendapat perhatian dari para warga net sebab kapal yang melayani rute Pateten Papusungan ini setiap harinya ada penunmpang baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. namun warga net menyambut baik sebab hasil dari pemeriksaan dinyatakan negatif.

Rapid test ini bukanlah bertujuan untuk mendiagnosa apakah seseorang terinfeksi virus corona sehingga jika pengertiannya seperti ini maka untuk menunggu hasilnya akan butuh berhari-hari bahkan sampai seminggu.namun yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Bitung sebagai metode skrining awal antibodi apakah kuat melawan virus seandainya itu terjadi maka sangat di anjurkan untuk sesering mengkomsumsi makanan sehat agar kekebalan tubuh lebih kuat dan terjaga.

Menurut penjelasan dari Kementerian kesehatan dalam catatan disampaikan oleh dr.Meva Dareza di halaman resmi website alodokter.com,  Rapid test adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Corona. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Corona.

Jadi masyarakat khususnya di Pulau Lembeh sering menggunakan jasa KMP Tude tidak perlu panik dengan pemeriksaan Rapit test  oleh Dinas Kesehatan Kota Bitung kepada seluruh seluruh staf dan kru kapal Feri dan hasilnya telah di ketahui.

Berbeda dengan pemeriksaan seseorang positif terinfeksi Covid-19 harus memakai metode Polymerase Chein Reaction (PCR). kalau pemeriksaan berjenis ini dapat langsung mendeteksi keberadaan virus corona tanpa harus melalui apakah ada tidaknya antibodi seseorang sebagaimana penjelasan oleh Dokter Meva tadi walau keberadaan peralatan PCR ini masih terbatas.

Mengingat telah ada kasus 2 pasien meninggal di Kota Bitung berstatus PDP maka semestinya di beberapa tempat yang masih melakukan aktifitas seperti di KMP Tude ini ada baiknya melakukan Rapid test apalagi bagi mereka yang datang bekerja di Lembeh seperti di galangan kapal Kelapa Dua dan Papusungan Kecil dari pantauan kami setiap sorenya ada angkutan pekerja yang cukup berdesakan di dalam perahu yang mengantar mereka pulang ke Ruko Pateten.

Baca Juga : Elektabilitas Olly Dondokambey Diuji Jelang Pilkada 2020

Jika seperti itu Physical Distancing  maupun Social Distancing tanpak hanya sebatas himbauan dan kemungkinan tidak wajib untuk dilakukan padahal bila direnungi baik dari luar maupun didalam nalar manusia penyakit wabah virus corona adalah wabah sangat berbahaya serta mematikan bila telah meyerang organ-organ tubuh manusia, maka perlu waspada dan berlakukan cara hidup sehat.

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update