Notification

×

Iklan

Iklan

Warga Lembeh Pilih Bermain Layangan Saat Pemerintah Himbau Social Distancing

Jumat, 10 April 2020 | 23.31 WITA Last Updated 2020-04-15T04:47:19Z
Keramaian bermain layangan di dermaga Batulubang Lembeh Selatan
Photo : bidikdotcom 9/4/2020

Bidikdot.com Penanganan Covid-19 (corona virus disease) terus di lakukan secara intensif oleh Pemerintah pusat dengan berkoordinasi bersama Pemerintah Daerah dalam hal menerapkan social distancing atau tetap jaga jarak sebagai solusi untuk memutus mata rantai penyebaran wabah yang telah memakan korban cukup banyak di seluruh belahan dunia.

Seperti dengan daerah-daerah lain di tanah air Pemerintah Sulawesi Utara juga bersinergi bersama kepala pemerintahan daerah Walikota Bupati untuk mengatur kebijakan dalam rangka penanganan virus corona. demikian juga dengan Pemerintah Kota Bitung telah memberlakukan pembatasan pergerakan menghadirkan banyak orang lewat isolasi wilayah telah di tetapkan sejak 3 April lalu.

Baca Juga : Pemkot Bitung Tetapkan Status Isolasi Wilayah Mulai 3 April 2020

Namun sangat di sayangkan masih ada warga tidak menghiraukan arahan pemerintah untuk tetap di dalam rumah apapun itu aktifitasnya.seperti terlihat pada gambar  diatas. itu adalah kerumunan orang-orang sedang bermain layangan di tepi pantai di Kelurahan Batulubang Kecamatan Lembeh Selatan. saat ada warga lain memperingatkan mala orang-orang yang hadir saat itu membalasnya dengan candaan.

Mungkin melepaskan kepengatan saat bosan di rumah atau karena ingin mencari cara kreatif  di tengah pembatasan aktifitas oleh Pemerintah maka bermain layanganlah menjadi pilihan mengisi waktu saat berada di rumah. potret ini kami ambil pada Kamis 9/4/2020  pukul 17.15 wita.

Saat kami bertanya kepada sala satu warga, kenapa bermain layangan di tengah wabah virus corona padahal telah ada himbauan dari Pemerintah untuk menjaga jarak, jawab warga tersebut "kan corona ada dikota bukan didesa sehingga tidak ada rasa kawatir dari kami"  pungkasnya dengan dialek asli desa Batulubang itu.

Memang sekilas tidak ada perasaan takut dari para warga di Batulubang tentang semakin meluasnya penyebaran covid-19 di tanah air itu lebih disebabkan di wilayah Pulau Lembeh belum ada kasus tentang wabah corona baik ODP maupun PDP.

Seharusnya pembatasan aktifitas dilakukan oleh Pemerintah di beberapa titik di Kota Bitung bukan disinyalir hanya bagi warga daratan Kota padahal sifatnya menyeluruh kepada seluruh masyarakat Kota Bitung termasuk di Pulau Lembeh namun sangat di sayangkan ada warga Lembeh tidak mengindahkan himbauan dan kebijakan di tetapkan Pemerintah.

Bermain layangan merupakan tindakan biasa dilakukan oleh setiap warga bila musim bermain layangan tiba. tetapi diluar kesadaran kita bahwa permainan ini dapat mengumpulkan mobilitas masa lumayan banyak dan dimungkinkan terjadi penularan dari wabah virus corona.

Sekreatif dan ingin meramaikan suasana sedemikian rupa tidak di ijinkan dalam suasana penanganan virus corona sebab akan membahayakan antara satu dengan lainnya. Pemerintah Kota Bitung telah mengeluarkan beberapa kebijakan dan perlu di tindaki secara serius oleh seluruh masyarakat Bitung termasuk di Pulau Lembeh.

Baca Juga : Warga Gmim Ibadah Jumat Agung Dan Perjamuan Kudus Dirumah

Sekiranya kegiatan bermain layangan seperti dilakukan oleh sebagian warga di Batulubang tidak akan diikuti oleh  warga lain sehingga kita sendiri tidak menciptakan hal berdampak buruk bagi sesama.
namun tetap mengikuti instruksi Pemerintah melaksanakan Social Distancing dan Physical Distancing didalam rumah masing-masing dan tetap menjaga kesehatan cuci tangan dengan sabun.

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update