Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Cara Membuat Artikel Blog Ada di Halaman Depan Google

Senin, 14 September 2020 | 20.04 WIB Last Updated 2021-03-21T14:43:19Z
Gambar ilustrasi Pixabay


Bidikdotcom Setiap pengguna website apalagi bagi pengguna kedua platform ternama untuk penulis lepas yakni Blogger dan Wordpress pasti menginginkan setiap artikel atau konten yang ditulisnya berada di halaman depan google sebagai mesin pencari nomor satu di dunia

dan pastinya berlomba selalu berada pada barisan teratas browser ternama tersebut.

Tidak di pungkiri memang bagi setiap penulis khusus menggunakan platform blogger ingin websitenya berada pada rating tertinggi  mesin pencari hanya saja faktanya terkadang berbalik arah dengan apa yang di inginkan. bahkan ada yang telah bersusah payah membuat konten tapi kalah bersaing, dan tetap tidak muncul di mesin pencari.

Baca Juga : Fakta Web Blog Sangat Cepat Terindeks Mesin Telusur

Terkadang juga para pemilik blog lebih utama mengejar trafict dengan melakukan baclink berlebihan atau terlalu memaksakan link dari web ternama di masukan dalam setiap artikel   ketimbang memperhatikan pengelolaan  blog yang efektif serta kualitas kontennya.

Memang tidak ada larangan untuk hal-hal seperti yang disebutkan tadi dalam rangka menaikan trafict blog, hanya saja tanpa kita sadari hal demikian sebenarnya menjadi penghambat dalam crawling mesin pencari untuk mengidentifikasi sebuah konten yang telah di posting

Itulah sebabnya kenapa ada banyak blogger  mundur, alasannya karena kalah bersaing dengan kompetitor lain  yang terus aktif dalam mengupdate konten  atau (normaling optimate) optimasi normal  websitenya sebab dalam lintasan pola pikir hanya mendapat untung dari iklan dan ini cukup berbahaya terhadap "konsistensi".

Salah satu  yang paling dikejar oleh seorang blogger juga adalah blogwalking (kunjungan balik) ke website sendiri  dengan asumsi bahwa akan mendapat banyak respon dari para pengunjung lain pada hal kenyataannya diluar harapan

Kadang para pengunjung hanya melihat saja website anda tanpa meninggalkan komentar padahal cara saling kunjung ini dan meninggalkan komentar adalah salah satu menghadirkan trafict alami dan google sangat suka mencernah website kita.

Kalau jaman 2012 kebawah backlink menjadi target utama seorang blogger menaikan trafict blognya tapi saat ini jaman digital yang lebih dikenal revolusi industri 4.0 ( four point zero ) atau fase keempat dalam perkembangan industri digital didalamnya sosial media menjadi salah satunya maka backlink terasa tidak ada "pengaruhnya" bila kita memanfaatkan fasilitas digital sosmed tadi.

Lantas apakah tidak perlu ada backlink untuk menaikan trafict blog? artikel ini tidak mencatat larangan seorang blogger untuk melakukan backlink hanya saja lakukanlah kegiatan timbal balik ini  secara sederhana tanpa harus memasang 3-5 artikel setiap harinya.

Artinya tidak perlu memaksakan terlalu banyak artikel dalam website lain apalagi itu dilakukan setiap harinya menurut saya satu artikel untuk backlink setiap hari itu sudah lebih dari cukup dan sangat minimalis tapi terlihat elegan

Tujuan kita adalah membuat artikel blog ada di halaman utama mesin pencari, bila setiap konten yang diterbitkan selalu menempatkan posisi terbaiknya di halaman depan mesin pencari artinya website kita juga sudah ada di halaman utama tersebut. 

Berikut cara membuat artikel blog ada di halaman depan mensin pencari google :

Konten (Artikel)
Konten atau artikel ibarat pesepak bola seorang striker (penyerang utama) bila striker utama ini cedera maka otomatis akan berpengaruh terhadap pencapaian untuk menang dari sebuah tim itulah sebabnya kenapa saat latihan seorang penyerang utama diramu dengan serius dan penuh kehati-hatian agar ia tidak cedera dan semakin memiliki kualitas dan naluri mencetak gol saat pertandingan.

Demikian juga dengan sebuah konten jika di ramu dengan serius dan penuh kehati-hatian maka ia akan menjadi konten terbaik dari begitu banyak konten dan dipastikan akan berada di barisan depan mesin pencari. 

tidak perlu risau kalau berada di urutan 3 atau 4 yang paling utama ada di halaman depan itu sudah lebih dari cukup dan sebuah prestasi anda yang tidak sia-sia.

Tentu konten yang berada di halaman depan adalah tulisan asli bukan jiplak atau copas dari web lain kalaupun ada refrensi dari web lain beri keterangan sejelas-jelasnya sehingga tidak dianggap google sebuah blunder.

Buat konsistensi penerbitan konten apakah setiap hari, 2 hari sekali atau seminggu 3 kali dan ini perlu penjadwalan rutin bagi seorang blogger. dari pengalaman untuk mempertahankan posisi tetap berada di halaman depan mesin pencari seperti google harus setiap hari dan minimal 2 konten atau lebih dalam sehari .

Optimasi Landing Page  Website 
Mengoptimalkan setiap halaman dalam isi website adalah sangat penting di lakukan seorang blogger karena ada page (halaman) yang tidak seharusnya di letakan dalam blog dipaksakan sehingga loading fast (kecepatan loadingnya) menjadi tergganggu ini harus di hindari

Landing Page artinya pendaratan halaman baik artikel maupun halaman dalam pengaturan tata letaknya. jadi letakanlah halaman-halaman (widget pages) dalam website sesuai kebutuhan sehingga kecepatan web lebih optimal dan ini akan terlihat lebih siap untuk tampil di halaman depan.

Keywords
Kata kunci atau populer di sebut keywords sangat berpengaruh membuat artikel blog ada di halaman depan mesin pencari, pakai kata kunci sejiwa dengan konten yang akan kita buat. tetapi perlu di ingat jangan memberikan kata kunci secara beulang-ulang dalam setiap alinea artikel.



Diatas adalah contoh keywords dalam satu bahasan pemberitaan yang sama  "kepala daerah di tegur Mendagri Tito Karnavian" kenapa artikel bidikdot ada barisan pertama? karena langsung menuliskan kepala daerah yang bersangkutan secara spesifikasi. 

Sedangkan pemberitaan lain hanya pada teguran Mendagri saja tidak mengurai secara jelas kepala daerah mana saja itu. Lihat jarak dari waktu penerbitan berbeda satu hari dari 6.160 pencaharian dengan waktu (0.40) detik. lumayanlah

Itulah maksudnya kenapa kata kunci harus sejiwa dengan maksud dan tujuan informasi hendak di berikan sehingga akan lebih muda google mengcrawling artikel kita. ada banyak tulisan mengenai kata kunci  di internet anda tinggal browser saja di mesin pencari mana yang menurut anda artikel yang muda di mengerti. 

Atau memakai tools keywords seperti : 

ubersuggest dan google keyword planner

Jika anda yang belum mengerti apa-apa dan ingin mengetahui cara penempatan "kata kunci" yang benar dan menjadi berpengaruh terhadap SEO (Search Engine  Optimate) website anda,  ikutilah webinar dari program Pra Kerja Pemerintah 

Tentu syaratnya anda lolos ferivikasi data, di sana banyak sekali materi tentang digital market yang akan anda terima secara lengkap di dalamnya membahas tentang keywords salah satu materinya.

Atau webinar mengenai market digital yang dibuka secara gratis lewat sosial media Facebook dan Instagram meski durasinya terbatas, disana anad bisa bertanya tentang keywords.

Tetapi anda juga dapat ikuti penjelasan dari  4 Tips Membuat Berita Viral Dari Blog disitu ada beberapa contoh-contoh keywords yang mungkin sedikit pengantar anda untuk mengerti.

Kalau pada artikel yang beredar di internet memang banyak tetapi ada dari penulisnya yang masih merahasiakan trik atau jurus pamungkasnya sehubungan dengan materi ini.


Perlu di Hindari 

Jangan terpengaruh dengan artikel seperti backlink yang menjelaskan seakan-akan itu sudah menjadi jalan keluar atau solusi satu-satunya  menaikan trafict blog. karena jika anda gegabah sendirilah yang akan menanggungnya apalagi jika itu akan di monetisasi.

Situs ini belum memakai jasa backlink dan masih terjaga keorsinilan, biar lambat dalam penghasilan asal tetap bertahan dari berbagai persaingan yang kelihatannya semakin tidak sehat.

Sebab banyak blogger ambil jalan potong demi secepatnya mendapat hasil.

Saya sendiri tidak terlalu memaksakan metode ini namun lebih kepada 3 opsi diatas alasannya menghemat waktu dan kemudian penggalan link kita sematkan ke web lain belum tentu mendapat umpan balik positif paling rata-rata 0-1% saja.

Ada banyak penyedia jasa backlink yang di jual tapi saya sangat tidak tertarik dan memilih ke alamiah saja, toh web kita tidak jalan ditempat saja karena terus bergerak seiring perubahan waktu maka sendirinya backlink pasti akan datang lewat pengunjung dan mungkin lewat konten kita  dibagikan.

Jangan terpengaruh dengan gombalan penghasilan menggiurkan sebuah website baik dari blogger maupun wordpress dengan vendor google adsense anda harus fokus dulu pada ketiga optimasi di atas dan bila tepat waktunya blog anda siap menghasilkan uang silahkan mendaftar ke penyedia layanan periklanan termasuk Mendaftar Google Adsense dan layanan pengiklan lainnya seperti Daftar Adnow

Waktu tunggu paling optimal untuk mendaftarkan sebuah blog terhadap mendapatkan penghasilan adalah satu tahun dan paling bagus lagi blog yang sudah berusia 2 tahun keatas jika kurang dari itu anda pasti seorang master tulis dan ahli dalam digital market.

tapi jika anda seorang pemula jangan anda harap bisa bersaing, atau selama 6 bulan anda bisa menyiapkan sekitar 150-300 artikel.

Tetapi juga tidak sebanyak yang dicatat ini 40-60 artikel selama 6 bulam atau 12 bulan dengan rata-rata tulisan mencapai 1500 - 2000 kata juga sudah cukup bagi Adsense yang penting artikelnya sering menduduki halaman depan mesin pencari seperti google.

dan meraih posisi unggul dalam persaingan SEO

Memang ada penjelasan dari pihak google tentang usia blog yang akan di approve menayangkan iklan dimana itu harus 6 bulan hingga 12 bulan (setahun) dan kesiapan halaman situs anda. untuk menjadi mitra Google dalam menayangkan iklan.

Menurut informasi dari Kominfo tahun 2017 lalu aktifitas masyarakat Indonesia 30% adalah pengguna digital market berarti sekitar 60 juta dari 200 juta jiwa rakyat Indonesia. 

dan pelaku dalam kepemilikan website ada kisaran 3,7% berarti pengguna website ada sekitar hampir 7 juta user. sedangkan data terakhir tahun 2020 Kominfo merilis pengguna internet di tanah air mencapai 175 juta  pengguna.

Baca Juga : Cara Copy Gambar di Internet Dengan MS Word 2017

Kita bisa bayangkan jika tujuan utama kita hanya mengejar keuntungan tanpa melihat proses meraih keuntungan itu maka akan sulit bersaing dengan para user yang jumlahnya sudah berjuta-juta pengguna. jadi bila peluang itu kita matangkan sejak dini penuh kesabaran alhasilnya akan kita tuai di kemudian hari, mari meraih sukses bersama dengan cara sabar.(bdc)

 
loading...
×
Berita Terbaru Update