Terbaru

Jalan Tol Pertama Pulau Sulawesi Di Resmikan Presiden Joko Widodo

Peresmian jalan tol Manado-Bitung secara virtual oleh Presiden Joko Widodo
langsung dari istanah Bogor gambar (sekretariat negara) 29/9/2020

Bidikdotcom Presiden Joko Widodo akhirnya meresmikan  jalan tol Manado-Bitung pada Selasa 29/9/2020 melalui jaringan virtual langsung dari Istanah Bogor Jawa Barat. jalan yang di bangun dalam Pemerintahan Olly Dondokambey dan Steven Kandow itu merupakan tol pertama di Pulau Sulawesi sehingga banyak kalangan memberi apresiasi atas capaian diraih Gubernur Olly dan Steven.

Meski di tengah pandemi covid-19 peresmian tol pertama di Pulau Sulawesi yang menghubungkan Kota Manado dan Bitung ini berjalan sesuai dengan rencana meski dalam bentuk virtual. Presiden Joko Widodo memberi apresiasi atas persiapan dari pemerintah setempat untuk kelancaran peresmian.

Baca Juga : Lembeh Resort Buka Spesial Tamu Lokal Penasaran Berikut Ulasannya.

Presiden menyampaikan ia sangat bangga meski tidak secara langsung ada dilokasi peresmian namun ia merasa seperti berada dilokasi acara peresmian sebab di belakang layar dimana ia berdiri tertera gambar gerbang jalan tol Manado-Bitung

"Alhamdulillah, jalan tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu sepanjang 26 kilometer sudah selesai. Sekarang sudah bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan usaha dan memudahkan transportasi masyarakat,"

Dilansir dari halaman resmi website sekretariat negara Presiden Joko Wido.mengatakan "Saya melihat provinsi Sulawesi Utara memiliki banyak potensi ekonomi yang harus terus kita kembangkan. Ada industri perikanan, terutama di Bitung, ada sektor pertanian, sektor perkebunan, juga banyak destinasi pariwisata," ujarnya.

Dari istanah Bogor hadir dalam peresmian itu adalah Menteri BUMN Erick Tohir dan di dampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno sedangkan dari Sulawesi Utara di depan gerbang tol lokasi peresmian tururt hadir Menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat Basuki Hadimuljono, Pjs Gubernur Sulawesi Utara Agus Fatoni dan para undangan.

Dalam pidatonya presiden mengatakan "Kawasan strategis pariwisata Manado, Bitung, Likupang, termasuk akses ke Pulau Lembeh, akan semakin mudah dijangkau. Oleh sebab itu, kita harapkan pariwisata di Sulawesi Utara bisa berkembang lebih baik lagi nanti setelah berakhirnya pandemi yang kita hadapi sekarang ini.

Kepala negara juga menambahkan bahwa hadirnya jalan tol Manado Bitung ini akan semakin mempermudah akses ekonomi bukan hanya antara Manado Bitung namun daerah-daerah sekitar juga seperti Minahasa dan Minahasa Utara.

"Saya yakin investasi akan lebih banyak datang. Usaha-usaha baru akan tumbuh lebih banyak dan lapangan pekerjaan bagi masyarakat juga pasti akan meningkat. Sulawesi Utara akan semakin berkembang," ungkap Joko Widodo.

Peresmian ini merupakan tindak lanjut atas kunjungan kepala negara ke Sulawesi Utara tahun lalu 2019 dan sempat melihat perkembangan kawasan ekonomi (peti kemas) di Kota Bitung serta pariwisata di Likupang.

Ruas tol Manado-Bitung foto : jawa post

Total panjang keseluruhan jalan tol adalah 40 kilo meter terbagi 26 km untuk Manado Bitung dan sisanya 14 km adalah Danowudu Bitung dan di harapkan akan rampung pekerjaannya akhir tahun ini atau awal 2021. 

Presiden berharap semua akses ekonomi akan berjalan lancar melebihi dari sebelum adanya jalan tol sebab jarak tempuh Manado Bitung biasanya 1,5 jam namun setelah akses jalan tol dapat digunakan maka waktu tempu tinggal 30 menit.

Dengan hadirnya jalan tol Manado Bitung ini akan memberikan perkembangan yang signifikan bagi pembangunan di Sulawesi Utara khususnya masyarakat yang terjangkau dekat dengan jalan bebas hambatan ini membuat kesejateraan secara sosial, ekonomi dan lainnya makin di rasakan oleh penduduk Sulawesi Utara.

Dilain pihak integrasi jalan tol ini juga menghubungkan area bongkar muat barang didermaga Feri menuju Pulau Lembeh hanya saja durasi waktu masih sangat terbatas jalannya operasi kapal Feri karena armada penyeberangan hanya satu unit sehingga pembangunan di Pulau yang di kenal punya tugu Trikora itu sedikit terhambat.


Namun jika jembatan penyeberangan Bitung Lembeh akan menjadi prioritas Pemerintah pusat untuk secepatnya di kerjakan maka aktifitas ekonomi dari Manado akan terakses cepat hingga Pulau Lembeh  yang notabenenya memiliki aset pariwisata lewat resort dan spot diving bahkan pembangunan lainnya.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Berfikir Positif adalah Inspirasi Kejahteraan Bangsa dan Negara, Silahkan tinggalkan komentar anda disini dan terima kasih sudah berkunjung, Sukses selalu dan tetap Sehat

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *