Notification

×

Iklan

Iklan

Jejualan Lapak Ganjar Pranowo Dongkrak UMKM Di Tengah Pandemi CV-19

Sabtu, 19 September 2020 | 14.49 WITA Last Updated 2020-09-24T05:31:12Z

Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah Foto : bdc

Bidikdotcom Cara unik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membantu para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di tengah situasi sulit karena pandemi covid-19 yang masih cukup tinggi penyebarannya di Indonesia. Gubernur yang memiliki gaya bicara bahasa Jawa ini di setiap ungkapan-ungkapannya mencoba peruntungan sosial media untuk membantu masyarakat.

Memang diera pandemi Covid-19 untuk memanfaatkan mobilisasi publik dalam berjualan sangatlah tidak di mungkinkan karena pembatasan cukup luar biasa oleh Pemerintah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran wabah penyakit berbahaya ini. Jaga Jarak (social distancing), memakai masker adalah kebutuhan yang tidak dapat lagi di pisahkan dengan kehidupan manusia secara umum.

Baca Juga : Benarkah Pinjaman Online Berbasis Aplikasi Menjanjikan Atau Hoax

Apalagi mendapatkan penghasilan dari aktifitas masyarakat banyak dimasa-masa ini semakin sulit belum di tambah lagi dengan langkah Pemerintah beberapa daerah kembali memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang tentunya sangat berdampak bagi pelaku usaha khususnya UMKM.

Namun di lain pihak beberapa alternatif tetap di tempuh untuk dapat mempertahankan gairah jejualan para pelaku usaha walau dari keuntungan jauh dari harapan.

loading...

Hal inilah kemudian memberi inspirasi bagi Ganjar Pranowo seorang pejabat negara yang notabenenya Gubernur Jawa Tengah membantu warganya dengan memanfaatkan jalur sosial media untuk keluar dari keterpurukan ekonomi saat ini sementara melanda Indonesia.

Di ketahui Ganjar Pranowo memiliki follower yang cukup banyak di sosial media sehingga dengan modal follower inilah ia membuka sebuah lapak dengan hastag #lapakganjar dan membuat pengguna dawai memburu informasi ini sebagai peluang untuk mendapatkan penghasilan.

Menurut Ganjar hal ini bisa di lakukan oleh siapa saja yang memiliki follower sosial media cukup banyak untuk membantu para pelaku usaha khususnya UMKM. apalagi menurutnya para artis juga dapat berpartisipasi sebab rata-rata para artis memiliki follower cukup lumayan banyak sehingga peluang untuk membuka lapak ala artis dimungkinkan akan lebih tinggi traficknya.

"Artis juga boleh jualan lapaknya ia sendiri dan bisa membantu UMKM" ungkapnya. Gubernur Jawa Tengah ini juga menambahkan "kan luar biasa kalau punya follower yang banyak terus membantu UMKM kan UMKM itu keren"

Menurut beberapa UMKM yang memfollowup akun lapak Ganjar ini mengaku sangat terbantukan atas langkah kreatif gubernur Jawa Tengah itu. Seperti penjual bawang goreng asal Solo Ibu.Pipit Gauntama setelah memfollowup akun lapak ganjar usahanya meningkat hingga tiga kali lipat.

Menurut Ganjar ada beberapa platform sosial media yang familiar dengan masyarakat Indonesia yang bisa di jadikan sarana berjualan dengan kondisi saat ini sehingga para UMKM di seluruh Indonesia dapat bertahan meski di tengah pandemi covid-19.

Hanya saja masih cukup banyak pengguna sosial media di tanah air yang belum efektif cara menggunakan sosial media untuk berjualan apalagi dengan akun sedikit pengikut.


Inilah kemudian yang di lakukan Ganjar Pranowo membantu para UMKMnya dapat bertahan dari jurang kebangkrutan. Bukan hanya itu  cara Gubernur Jawa Tengah ini menjadi inspirasi setelah viral di media sosial dan menjadi pemberitaan hangat bahkan ada beberapa para artis yang akan mengikuti cara dari Gubernur yang telah menjabat dua periode tersebut.(bdc)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update