Notification

×

Iklan

Iklan

Manfaat Minyak Dodol Wajik Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Senin, 14 September 2020 | 11.34 WITA Last Updated 2020-09-19T16:23:16Z
Minyak dodol wajik khas masyarakat Nusa Utara Gambar : bidikdotcom

Bidikdotcom Dodol merupakan sejenis kue yang telah di kenal masyarakat Indonesia pada umumnya karena memiliki ciri khas bumbu dasar yang cukup kuat untuk memberi rasa unik dan manis dari kue tradisional tersebut. selain itu dodol juga sering dijadikan ole-ole untuk cemilan bagi keluarga saat seseorang sedang bepergian.

Kabupaten Bandung diketahui sebagai salah satu daerah penghasil dodol terbaik di tanah air selain Minahasa di Sulawesi Utara. menurut beberapa refrensi pelancong yang pernah kesini. kue dodol juga memiliki beberapa macam bentuk packingnya ada yang kecil seperti gula-gula ada juga berukuran sedang yang di packing dalam bungkusan daun dan berbagai variasi lainnya.

Baca Juga : Mitos atau Fakta! Buah Kunyit Mengatasi Anak Sering Ngompol

Itu sedikit pengantar mengenai dodol yang kita kenal secara umum. Nah bagaimana dengan dodol wajik yang kononnya memiliki khasiat atau manfaat terhadap kesehatan tubuh dan manfaat lainnya.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi mengenai manfaat minyak dodol wajik bagi kesehatan tubuh manusia yang mungkin jarang orang mengetahuinya.

Di Sulawesi Utara khususnya di daerah Nusa Utara atau lebih dikenal dengan kepulauan Sangihe minyak dodol wajik ini menjadi salah satu alternatif pengobatan yang ideal bila seseorang mengalami luka bakar atau terpotong dengan pisau  atau sejenisnya. bukan hanya itu gigitan binatang berbisa ataupun tertusuk dengan bekas pecahan dan paku minyak dodol wajik menjadi alternatif utama.

Kandungan alami dari hasil pembuatan dodol wajik ini cukup ampuh menghilangkan rasa nyeri atau sakit di hasilkan dari luka yang di sebut tadi.

Bahan-bahan dasar dodol wajik di ramu dengan dua varian jenis makanan yaitu makanan tanah yang berasal dari umbi-umbian dan buah-buahan yang di padukan menjadi satu dengan campuran gula merah pilihan. bukan hanya itu rempah-rempah seperti pala, cengkih, sereh juga ikut memberi aroma bagi pembuatan dodol wajik ini.

Minyak dodol yang sangat populer adalah berasal dari olahan kue wajik untuk persembahan pesta adat "tulude" sebab cara pembuatannya penuh dengan kehati-hatian dan diawali dengan permohonan doa kepada Sang Pencipta sebagai pemilik hidup

Sehingga kesuksesan pembuatan kue akan di ikuti dengan kesuksesan acara pesta adat tanpa ada gangguan dan di beri kehidupan yang baru penuh damai sejahterah bagi setiap umat manusia yang akan menjalani hari demi hari hidupnya pada tahun berjalan.

Itulah sebabnya minyak dari pembuatan dodol wajik yang satu ini tidak sembarangan di bagi kepada masyarakat umum hanya para tetua adatlah yang layak membagikannya terlebih dahulu. baru di bagikan kepada seluruh warga yang membutuhkannya.

Meski memiliki batasan terhadap prosesi adat tadi  minyak dari dodol wajik kini bisa didapatkan dari pembuatan saat perayaan pesta nikah. sebab pesta nikah untuk etnis Sangihe harus ada kue dodol wajiknya atau populer di sebut "kue tamo" karena menjadi identitas budaya yang tidak terpisahkan dengan kehidupan warga Sangihe.

Cara menggunakan minyak dodol sebagai obat herbal di bilang cukup simple anda tinggal didikan minyak ini di konfor atau menggunakan lilin dengan takaran satu sendok makan lalu pakai cutonbat untuk mengolesinya ke permukaan luka atau memar.

Baca Juga : Kaktus Jely Solusi Herbal Gondok Dalam

Usahakan minyaknya masih cukup panas sesuai dengan daya kekuatan kita menahan rasa nyeri dan sakit dihasilkan oleh minyak panas tersebut maka dipastikan bengkak atau rasa nyeri dari luka yang di derita perlahan-lahan akan semakin berkurang. demikianlah manfaat minyak dodol wajik bagi kesehatan tubuh manusia semoga informasi ini bermanfaat untuk kita salam sehat selalu.(bdc)
loading...

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update