Notification

×

Iklan

Iklan

Mengapa Mendaftar Pra Kerja Sering Di Tolak, Berikut Tipsnya

Jumat, 25 September 2020 | 17.03 WITA Last Updated 2020-12-04T13:39:49Z

 

Gambar ilustrasi dari halaman web prakerja.go.id

Bidikdotcom Pra Kerja  merupakan harapan seluruh rakyat Indonesia menuju pada sumber daya manusia dengan kualitas kerja mandiri dan profesional. Pra Kerja bukan hanya sekedar pemenuhan janji kampanye pemilihan Presiden dan Wakil Presiden lalu atau sekedar program dalam formalitas kelembagaan masyarakat saja.


Tetapi kini Pra Kerja telah menjelma menjadi ladang tersiapnya lapangan pekerjaan baik langsung secara mandiri (wirausaha) maupun rekrutmen lewat lembaga pemerintah maupun swasta. itulah sebabnya ruang pra kerja menjadi bidikan para pencari kerja baik yang putus kerja (phk) karena pandemi covid19 maupun yang baru mencari pekerjaan.


Dilansir dari kompas.com hingga 24/9/2020 pendaftar dari gelombang 4 hingga gelombang 9 mencapai 14, 80 Juta  dan  yang cukup signifikan adalah gelombang 9, pendaftar pra kerja hampir tembus 6 Juta peserta (5,9 juta). 


Ini sudah cukup membuktikan bahwa pra kerja  telah menjadi lahan para pencari kerja yang sebelumnya diragukan keberhasilannya. namun disayangkan kuota yang disiapkan penyelenggara sangat sedikit setiap gelombang pendaftaranya sehingga kadang terjadi seleksi yang cukup ketat dari pihak pelaksana untuk menentukan siapa-siapa saja dapat lolos verifikasi.


Kuota yang diberikan setiap gelombang oleh penyelenggara sebesar 800.000 banyaknya, sementara partsipasi pendaftar melebihi dari kuota yang ditentukan makanya terjadi pemeriksaan berkas secara ketat oleh pihak pelaksana hingga benar-benar kuota terisi dengan kualitas peserta yang diharapkan.


Namun dilain pihak mereka tidak lolos seleksi memiliki harapan yang sama dengan peserta diterima menjadi bagian dari program pra kerja. apalagi gelombang 9 rencananya akan segera di tutup. dan selanjutnya menunggu gelombang 10 sebagai gelombang terakhir di tahun 2020.


Louisa Tuhatu salah satu panitia penyelenggara pra kerja menyampaikan bahwa gelombang 10 bukan yang terakhir bahwa masih ada gelombang yang lain ditahun 2021. 


"Kami masih akan melakukan konsolidasi data untuk memastikan bahwa telah ada 5,6 juta penerima Kartu Prakerja sesuai mandat yang diberikan kepada kami," ujarnya (kompas.com)


Louisa juga menambahkan bahwa untuk tahun depan 2021 masih akan dilaksanakan para kerja hanya menurutnya pihaknya masih menunggu arahan selanjutnya dari Komite Cipta Kerja 


Bagi sahabat pemburuh pra kerja untuk dapat lolos di gelombang terakhir yakni gelombang 10 di tahun ini maka perlu memperhatikan beberapa cara sebagai jalan pintas lolos seleksi dan akhirnya di terima Saya coba membagikan tips ini bagi yang akan ikut gelombang 10 agar tidak di tolak :


1.Lakukan pengecekan persyaratan


Sebelum melakukan pendaftaran lakukan pengecekan persyaratan dengan browsing di internet apa-apa saja yang perlu diperhatikan dan disiapkan dan pastinya artikel yang di buat adalah mereka yang sudah menjadi peserta pra kerja entah pernah ditolak atau tidak sama sekali. 


ada baiknya juga anda perlu membaca Faq pra kerja kemudian daftar kartu prakerja


2.Siapkan Buku Catatan untuk menulis nomor handphone dan email mengingat adakalanya lupa.


3.Selesai mendaftar catat dibuku pesan yang akan dikirim ke email kamu atau ke no hp


4.Foto KTP dan foto selfi dengan KTP memiliki pencahayaan yang jelas.


5.Isilah pertanyaan dengan benar jangan terlalu banyak salah.misalnya pertanyaan 10 nomor kita berhasil menjawabnya 8 benar dan hanya 2 yang salah. sebab semakin banyak jawaban benar ditiap sesinya kesempatan lolos seleksi terbuka lebar dan durasi waktu diberikan sebanyak 30 menit. 


6. Menunggu Gelombang 


Poin keenam ini sangat penting diperlukan seorang yang ikut program pra kerja anda harus setiap hari mencari berita terbaru mengenai update pembukaan gelombang ke 10. Misalnya jika gelombang ini dibuka pada 3 Oktober 2020 jam 12.00 (siang) wib maka anda harus standby 30 menit sebelum pendaftaran dibuka dengan jendela dashboard menunggu gelombang sudah on.


Ketika jam ditentukan sebelumnya dan nama gelombang 10 belum muncul di dashboard maka anda tetap harus menunggu hingga 15 menit kemudian setelah nama gelombang 10 muncul dalam kolom yang sudah tersedia, langsung saja klik dan ikuti perintah sampai selesai.


Kenapa anda harus standby sejak awal karena biasanya nomor muda cepat terdeteksi meskipun ini tdak dapat dijadikan ukuran yang penting nama anda ada didalam kuota dari 800.000, namun bila anda memikirkan ada jutaan kompetitor dibelakang anda yang siap merampas kesempatan anda tips ini boleh dicoba untuk kelancaran proses seleksi.


Baca Juga : Benarkah Pinjaman Online Berbasis Menjanjikan Atau Hoax


Jika semua proses ini anda lewati maka kesempatan mendapat pelatihan secara gratis dengan biaya pemerintah segera anda miliki. untuk itu ada pertanyaan yang memang membutuhkan kejujuran anda menjawabnya seperti sudah menerima BLT, BST, PKH dan sejiwa lainnya berkenan dengan bantuan Pemerintah karena data yang akan diberikan secara otomatis akan terintegrasi dengan bantuan tersebut.


Namun perlu di ingat, jika anda masuk daftar menerima bantuan seperti dijelaskan diatas kemungkinan bantuan insentif tidak akan anda miliki (meski ini diragukan kebenarannya) khusus ditengah pandemi covid19 informasi ini didapat dari para penerima bantuan BLT, BST, PKH yang ikut program pra kerja namun anda tetap akan mendapat biaya pelatihan sebesar satu juta rupiah dari pemerintah.


Salam Sukses -bidikdot 

loading...

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update