Notification

×

Iklan

Iklan

Apa Yang Anda Lakukan Jika Berusia 40 Tahun Hari Ini

Rabu, 21 Oktober 2020 | 13.52 WITA Last Updated 2021-04-08T09:07:22Z

 

ilustrasi gambar oleh pixabay


Bidikdotcom Sebuah pertanyaan menggelitik dan dianggap lucu bagi mereka yang kurang memahami masa depan atau menuju hari tua seperti judul bahasan ini "tindakan apa kira-kira jika seseorang telah berusia 40 tahun hari ini". 


Memang seberapa penting dan keharusan apa bila seseorang sudah ada di usia ini toh yang menjalaninya adalah pribadi bersangkutan bukan orang lain.


Pernyataan yang benar karena akan menjalani masa hidup seseorang adalah pribadinya tetapi tidak ada salahnya jika seseorang merencanakan sesuatu berunjung manis dimana ia sudah berusia 40 tahun bahkan akan dilewatinya setelah itu.


Menurut beberapa pakar kesehatan dan ekonomi bahwa usia 40 tahun adalah usia dominan seseorang menginjakan kakinya pada puncak kesuksesan baik lewat karir secara personal maupun dari segi pekerjaan yang di tekuni. sebab banyak insan sukses di usia ini namun gagal mempertahankan kesusksesannya setelah ia berusia 60 tahun dan memasuki masa lanjut usia.


Sehingga perlu untuk dipersiapkan rencana sukses hingga hari tua bukan hanya sampai pada usia produktif namun hingga hari tua kedepan.


Lantas bagaimana memulainya sementara semua yang diinginkan sudah ada di genggaman apalagi yang perlu di cari jika semua bentuk keinginan dari segi harta telah terpenuhi. 


Sebenarnya tidak perlu sesuatu yang wow untuk memulai perjalanan baru dalam karir serta pekerjaan setelah usia 40 tahun tetapi hal-hal sederhana saja sudah cukup untuk memberi modal bagi kita agar tetap menjadi orang sukses hingga masa tua.


Berikut beberapa hal sederhana perlu disiapkan jika hari ini anda sudah berusia 40 tahun dan segera akan melewati usia tersebut.


Pola Makan- Di sadur dari berbagai sumber  bahwa seseorang bila sudah masuk usia kepala 40-an maka yang pertama harus di perhatikan adalah pola makan, sebab usia ini rentan dengan serangan penyakit berbahaya meskipun terlihat ringan seperti asam urat, diabetes, darah tinggi, jantung, kolestrol dan pegal-pegal hingga kesemutan akut.


Beberapa penyakit ini di hasilkan dari cara mengkomsumsi makanan tidak sehat dan sering di imbangi dengan komsumsi minuman beralkohol secara berlebihan. kemudian suka membuat makanan-makanan olahan sendiri tanpa memperhatikan higinis dan sanitasinya.


Istirahat Yang Cukup - Hal kedua perlu di lakukan jika sudah berada di usia 40-an adalah optimalkan waktu istirahat secara teratur sebab tenaga saat usia 20-30 ke-enerjikannya berbeda dengan usia dalam bahasan saat ini sebab kadang rasa lelah yang sangat sering menyerang seseorang 


walaupun ia sementara santai, ini di akibatkan oleh tubuh yang di forser pada usia produktif  yang rasa kelelahannya kurang dirasakan nanti akan sangat terasa setelah menjalani usia 40-an bahkan lebih.


Makanya bila aktifitas pekerjaan di kantoran atau ditempat kerja lain bila belum diselesaikan maka tidak perlu untuk dibawa kerumah sebab dirumah adalah tempat melepaskan kepenatan dari hiruk pikuk pekerjaan yang menyibukan. 


Tetapi jika hal ini anda paksakan untuk dilanjutkan di rumah maka rentan penyakit kronis siap menyerang anda bahkan bisa mengakibatkan stres berkepanjangan


Hentikan Komsumsi Minuman Alkohol - Hal ini sudah di sentil pada poin pertama tadi bahwa seseorang berada di usia 40-an khususnya bangsa laki-laki maka mengkomsumsi minuman beralkohol harus dihindari dan jika bisa di hentikan penggunaanya sejak dini akan membantu mengurangi berbagai penyakit yang akan masuk ketubuh.


Sebab bila seseorang sudah memiliki riwayat sakit asam urat atau kolesterol dan masih tetap mengkomsusmsi jenis minuman beralkohol apalagi yang namanya oplosan maka akan sangat rentan dengan serangan berbagai penyakit dan akan sangat membahayakan bagi kesehatan tubuh seseorang.


Kembali ke Keluarga - Bila anda seorang pekerja yang super sibuk dan jarang memiliki waktu dengan keluarga usia inilah yang pas untuk anda lakukan kumpul-kumpul dengan keluarga anda. sebab bila kita kembali pada posisi dan tanggung jawab sebenarnya maka otak kita semacam di refresh dan ini akan menjadi sebuah perubahan besar dalam menjaga kondisi kesehatan meski di usia 40-an


Maksudnya adalah bila kita seorang ayah kembalilah kepada peran kita sebagai seorang imam dalam keluarga sebaliknya sebagai istri menjadi tiang doa penyangga keluarga dimana selama bertahun-tahun keluarga terabaikan karena pekerjaan dan ini akan memberi stamina serta ispirasi yang membahagiakan dan akan terhindar dari namanya setres.


Kesibukan Rumahan - Perbanyak kesibukan dengan anggota keluarga didalam rumah anda apalagi bersama anak-anak. Anda bisa buat kebun kecil di pekarangan atau bila memiliki area kebun bisa dikelolah dengan ditanami berbagai jenis buah-buahan atau sayuran dan sejenisnya sehingga keakraban akan semakin terjalin antara satu dan lainnya sebab selama bekerja suasana seperti ini mungkin jarang dan tidak pernah anda alami sebelumnya


Atau jika rumah anda dekat dengan pantai bisa mengajak keluarga anda pergi ke pantai sambil main-mainan dan lupakan pekerjaan anda yang pernah membawa anda menjadi seorang super sibuk. ini akan menambah daya tahan tubuh karena terjadi semacam kamuflase dan otak kita tetap fresting.


Menghemat - Salah satu cara bila anda sudah berada di usia ini maka penghematan secara ekonomi perlu anda perhatikan sebab jika penghematan diluar kontrol anda maka bisa saja dikemudian hari anda tidak memiliki apa-apa. makanya lakukan pengeluaran menurut kebutuhan yang ada, bukan karena keinginan sebab kedua hal ini sangat bertolak belakang dengan cara bila penghematan dimana itu sementara diterapkan sehingga kita tetap sukses di hari tua. 


Bagi yang masih merokok saatnya mengurangi pengeluaran untuk membeli rokok bahkan jika bisa dilakukan berhenti untuk merokok sebab salah satu pengeluaran membengkak dalam urusan penghematan adalah biaya rokok. 


Memang diakui jika berhenti merokok bukan berarti anda akan menjadi orang kaya atau bertambah secara materi tetapi paling tidak ada tindakan kesadaran menjaga kesehatan hari ini dan nanti serta  upaya penghematan dapat di lakukan secara maksimal.


Tabungan - Yang perlu anda lakukan jika sudah berusia 40-an adalah punya tabungan di hari tua. bila saat ini anda sudah tidak lagi bekerja karena pandemi covid-19 dan memiliki simpanan lewat BPJS tenaga kerja yang belum dicairkan, maka upayakan hindari dulu untuk mencairkannya jika tidak ada kebutuhan mendesak.


Sebab simpanan ini bisa menghandle bila suatu kelak keluarga atau pribadi kita mengalami sakit dan harus dirawat inap. memang tidak semua orang menginginkan akan sakit tetapi bila itu tiba-tiba terjadi dalam hidup kita maka kita tidak akan kelimpungan mencari pinjaman sana atau sini untuk biaya pengobatan karena sudah mengantisipasinya.


Ketujuh hal diatas dapat menjadi refrensi anda bila sudah berusia 40 tahun dan akan menjalaninya diusia selanjutnya. sebab takaran kesehatan yang sering diambil contoh adalah usia 40-an. kalau anda ikut acara kesehatan disalah satu stasiun televisi swasta (metro tv) ada penyakit yang selalu dibahas yakni gula darah dan serangan paling utama ketubuh manusia adalah usia 40-an keatas.


Sehingga polarisasi hidup sehat di usia ini benar-benar diperhatikan dengan serius jangan menganggap enteng dengan apa yang telah kita punya hari ini kuat, sehat dan punya harta benda padahal kita tidak tahu apa yang akan terjadi kemudian dalam diri kita.


Catatan ini bukan sebuah pemaksaan terhadap tingkah laku seseorang untuk menjalankan apa yang tidak di inginkannya tetapi yang di inginkan sehingga bahasan ini akan sedikit membantu bagi mereka yang benar-benar respek saat memasuki usia senja. Tetapi semua kembali ke diri masing-masing mana yang terbaik untuk diputuskan. 


Bukan hanya beberapa hal diatas menjadi uraian penjelasan bila seseorang sudah berada di usia 40-an tetapi juga ada berbagai hal mungkin bisa anda lakukan sebagaimana yang dialami setiap hari ini hanya sebagai rujukan bagaimana kita menghargai hidup bila sudah berada pada titik dimana kita akan kembali pada sifat alami manusia yakni lemah dan terbatas.


Deny/bdc


loading...

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update