Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Cara Setting Parabola Yang Benar Agar Siaran Tidak Teracak

Jumat, 02 Oktober 2020 | 07.09 WIB Last Updated 2021-01-03T12:05:42Z

Bar Sinyal dari salah satu siaran di Satelit Apstar 6a Gambar bidikdot

Bidikdotcom Bagi sebagian orang belajar tracking parabola adalah hal yang membosankan dan sepertinya tidak masuk akal sehingga siaran bersifat berbayar atau pay tv akan menjadi buruan karena tidak perlu banyak ribetnya tinggal beli di toko 


dan selanjutnya pihak toko menyiapkan teknisinya untuk memasang parabola yang sudah di beli tadi selesai, apalagi berhubungan dengan siaran bola.

Di Piala Dunia lalu 2018 angka penjualan salah satu pay tv yang mendapat hak siar World Cup tersebut menyebutkan ada di kisaran 80% minat masyarakat Indonesia membeli produk lisensi berbayar itu. Luar biasa keuntungan yang cukup fantastik. 


Peluang pasar yang benar-benar menarik perhatian para pebisnis menjalankan usahanya sebab dunia tracking parabola tidak terlalu di kenal oleh masyarakat umum, Apalagi mengenai istilah dalam dunia parabola kadang terdengar asing di telinga mereka yang mendengarnya maka siaran berbayarlah pilihan utama menjawab kenutuhan tontonan dirumah.


Baca Juga : Frekuensi Satelit Palapa D Pindah Ke Telkom Merah Putih


Itulah sedikit ilustrasi bagaimana capaian dari vendor berbayar saat iven terbesar di laksanakan seperti piala dunia yang menjadi sorotan publik dalam praktek bisnisnya.


Tetapi tahukah kita bahwa tanpa ikut paket berbayar pun bisa menikmati tontonan berkualitas seperti iven Piala Dunia, Piala Eropa, Motogp, Badminton dan iven sport lainnya dari jalur parabola yang masih kurang di kenal oleh masyarakat Indonesia 


padahal jika potennsi ini dapat di manfaatkan dengan baik, bisa dimungkinkan receh yang akan kita keluarkan tidak terlalu tinggi tiap bulannya.


Tracking parabola merupakan jalan pintas menekan anggaran dari keinginan kita untuk menonton siaran sport seperti bola kaki dari pilihan paket berbayar disodorkan pay tv.  


Nah kesempatan ini kita akan membahas serta mengenali beberapa pengaturan sehubungan dengan bagaimana cara setting parabola yang benar agar siaran tidak teracak.


Bagi seorang teknisi parabola, ia harus mengerti kedudukan beberapa satelit yang menjadi posisi orbitnya,  kedua ia harus mengetahui pancaran beam sebuah satelit terhadap channel tv di suatu wilayah tertentu terjangkau atau tidak sehingga tidak menguras waktu.  Bila kedua  hal ini di pahami seorang yang berkecimpung dalam pekerjaan menyetel parabola baik mini maupun diameter piring parabola yang besar.


Hal lain yang perlu di perhatikan adalah peralatan parabola mulai dari dish atau piringan, LNB, Receiver, disect dan kabel antana tv.  ke lima komponen ini perlu dimengerti oleh seorang teknisi parabola.


Bagaimana kita mengatur jika siaran yang akan dibidik tidak teracak secara permanen atau bisa di tonton dengan baik tanpa ada gangguan apapun. 


Berikut dibawa ini saya jelaskan cara sederhana untuk setting parabola agar semua siaran pada satu satelit bisa ditonton dengan baik tanpa teracak. namun juga dapat anda praktekan jika anda seorang pemula di dunia tracking parabola.

Mari kita mulai >>>

Perlu di siapkan peralatan parabolanya ;


1. Antena Parabola berdiameter 185 cm meter : dish parabola ini merupakan ukuran standar dari ukuran parabola ada di pasaran yang disebut dengan 6 feed jika anda punya lebih besar akan lebih baik seperti 7 feed dan seterusnya.


2. Receiver Parabola : alat yang disebut juga sebagai settop box ini harus di suport dengan dukungan materi isi di dalamnya komplit yang telah mendukung beberapa vitur unggulan dengan bisa membuka Biss, Powervu dan Tanberg. tiga istilah pengacakan ini perlu tersemat di dalam sebuah receiver.


3. LNB : Bagi Lnb C Band ukuran kualitas standar dari kepekaan menangkap sinyal adalah 10-13 kelvin sebab ukuran ini akan sangat sensitif menangkap sinyal dari siaran feed seperti di satelit Asiasat 5 untuk feed bola dan satelit Chinasat 10 khusus La Liga.


4. Disect ; peralatan satu ini semacam terminal penghubung ke beberapa Lnb dari 2 atau tiga satelit menjadi tujuan pencaharian sebuah siaran. rekomendasi beberapa master parabola disect merek getmecom cukup bagus untuk penggabungan beberapa Lnb.


5. RG6 ; Merupakan kabel berkualitas tinggi dari produk sebelumnya, karena memiliki pembungkus yang tebal dengan lapisan kabel tembaga cukup keras.


6. Tiang Parabola : Paling bagus berasal dari besi galvanis yang tebal sebab ada dari toko sangat tipis dan cepat berkarat sehingga akan mengganggu proses tracking jika suatu waktu kita akan memindahkan arah piring parabola pada siaran yang lain. dan untuk pengecoran tiang parabola benar-benar ada di titik nol sehingga di sarankan untuk memakai waterpass sehingga tiang lurus,


Bila ke enam poin diatas tersedia maka kita akan berhasil melakukan settingan parabola pada sebuah siaran yang akan menjadi tujuan dan akan sangat memuaskan bila apa yang dicari dapat ditemukan dengan gambar siaran  yang bagus tidak seperti kaset CD rusak.


Menyetel parabola 


Jika semua peralatan disebutkan diatas selesai terpasang langkah selanjutnya adalah mencari siaran (tracking parabola) pada tahap ini anda di tuntut penuh kesabaran apalagi suhu panas dari terik matahari  menjadi bagian anda dalam  bekerja.


Sekarang posisi piring parabola ada di titik nol lobang tengahnya benar-benar sejajar dengan tiang yang telah berdiri kuat dan sangat lurus. Contoh siaran  menjadi bidikan dalam bahasan ini adalah Satelit Apstar 6A pada posisi orbit 134 bujur timur frekuensi 4053 H 10400.


Siaran televisi di satelit ini merupakan milik pemerintah Kamboja dimana akan menyiarkan Piala Eropa 2020 secara gratis namun tertunda hingga 2021. Bukan hanya itu channel tv di satelit ini juga menjadi langganan menyiarkan Laliga Satander.


Langkah pertama adalah memastikan televisi dan receiver telah on semua dan silahkan tampilkan bar sinyal frekuensi tertulis diatas pada pengaturan dalam receiver dan selanjutnya tinggal kita monitoring apakah ada pergerakan sinyal atau tidak.


Posisi Lnb ada pada garis angka 38-40 dengan arah selatan  tenggara,  kunci dengan baik baut penahan Lnb agar tidak jatuh saat tracking, sebelum memulai pencaharian siaran besi penyangga di longgarin, kemudian angkat posisi dish parabola hingga arah pukul 12.00 


lalu miringkan dish parabola kearah timur seperti dudukan jam 13.35 jika sudah pada posisi jam tersebut geser sedikit ke selatan sesuai arah jarum jam.


Perhatikan bar sinyal di televisi jika sudah ada pergerakan sinyal geser perlahan kiri kanan, atas bawa sampai benar-benar sinyal full dan siaran tidak seperti CD rusak, bila ini berhasil di lakukan maka anda telah mendapatkan siaran bola tanpa mengeluarkan biaya tambahan.


Setelah sinyal dari frekuensi diatas benar-benar pada posisinya dan sairan televisi sudah seperti layar normal, lakukan dengan perlahan baut penyangga (4 buah) yang di longgarkan saat memulai penyetelan kedudukan siaran anda kencangkan kembali agar dish parabola tidak bergeser dan terakhir pasangkan besi penyangga panjang sebagai penahan dish agar tidak terganggu dengan benda lainnya.


Catatan saat  melakukan tracking parabola hindari pada sekeliling dish parabola ada pepohonan rimbun, dinding bangunan dan wadah lainnya yang dapat mengganggu dish menangkap siaran tv.


Baca Juga : Cara Menonton Acara Live Bola Gratis 2020


Sinyal di satelit Apstar 6A ini  bisa di bilang cukup lumayan meluber sehingga tidak menyulitkan  untuk mendapatkannya. Alternatif ini bisa dicoba bila kewalan berlangganan paket berbayar pay tv  apalagi saat ini sedang menghadapi ekonomi yang sulit karena pandemi covid-19. 


Inilah sedikit tips bagaimana cara setting parabola dengan baik agar siaran di inginkan bisa ditonton. kalau ada akan di tanyakan silahkan tinggalkan pesan dalam kolom kementar.




loading...

×
Berita Terbaru Update