Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Cara Setting Password Router TP Link Agar Tidak Di Bobol

Jumat, 30 Oktober 2020 | 18:22 WIB Last Updated 2021-02-18T13:53:01Z

 

Router TP Link MR 3220 masuk kategori jadul photo bidikdot

Bidikdotcom Ilmu pengetahuan dan teknologi semakin canggih dan menuntut kita makin bijak juga mengikuti perkembangan jaman dari kehadiran fitur-fitur teknologi yang sepertinya telah menyatu dengan kehidupan sehari-hari manusia seperti smartphone, televisi digital, komputer gaming dan masih banyak lagi termasuk kebutuhan internet.


Internet saat ini menjadi sesuatu yang cukup dibutuhkan bagi masyarakat dengan tipe pekerjaan bisnis maupun jualan online bahkan internet menjadi sebuah ikonik populer di masa pandemi covid-19 yang masih tinggi penyebarannya. internet dibutuhkan dengan berbagai permintaan mulai belajar daring, rapat virtual, video calling, chatting dan sebagainya.


Baca Juga : Cara Terhubung Ke Wifi Tanpa Mengetahui Kata Sandinya


Sehingga bagi sebagian orang yang mengandalkan aktifitasnya dari media internet akan sangat terganggu jika suatu waktu intermet bermasalah. Itulah sebabnya sangat dianjurkan bagi pegiat pekerjaan yang mengandalkan teknologi dunia maya ini harus memasang unit wifi dirumahnya sendiri sehingga akan memudahkan pekerjaan  apalagi saat ini anjuran pemerintah stay at home.


Tentu setiap orang telah mengenal internet ingin agar dirumahnya terpasang wifi meskipun tidak semua dapat menjangkaunya. Sebab untuk mendapatkan fasilitas wifi ada yang harganya lumayan mahal tetapi ada juga yang masih mengandalkan GSM sebagai saluran media internetnya yang memilih lebih bersahabat pada kantong pas-pasan.


Memiliki Internet dengan fasilitas wifi dirumah adalah idaman seseorang seperti yang sudah di sampaikan tadi hanya saja dari kepemilikan wifi dirumah ada plus minesnya dan bila ditakar lebih bijak maka pemilik internet berjenis wifi seperti router dirumah pribadi perlu langkah-langkah tepat menjaga keamana dari orang-orang jahil yang bisa membobol kata sandi dari wifi tersebut.


Menjamurnya aplikasi pembobol wifi dari Android maupun IOS dimana semua tersedia dalam smartphone maka akan memberi kemudahan bagi mereka mendapatkan kata sandi yang dimiliki oleh perangkat didalam rumah kita. Memang tidak masalah kalau ingin berbagi asal saja pada kebutuhan diinginkan seperti membantu anak-anak sekolah belajar dimana sebagian belum terjangkau internet.


Tetapi bagaimana dengan mereka tanpa sepengetahuan sipemilik dengan bebas dan leluasa memakai perangkat internet  padahal dari kita sangat bersusah untuk membeli paket Internet apalagi masih berbasis GSM bila tidak melakukan penghematan maka kuotanya akan cepat habis.


Jenis-jenis perangkat yang mudah diketahui kata sandinya adalah mesin mini router dari tipe TP Link sebab masih memakai perangkat pendukung yakni modem dengan jalur internetnya kartu GSM dari berbagai operator dengan jaringan kadang stabil kadang juga tidak.


Apa solusi agar sebagaimana dimaksudkan dalam bahasan ini dapat ditangani sehingga perangkat wifi dirumah bisa aman dari pembobolan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.


Berikut ini saya pakai contoh dari router TP Link MR 3220 dengan modem memakai kartu dari Telkomsel  ikuti terus keterangannya :


Proses Settingan


Pertama hidupkan router hingga menunjukkan lampu-lampunya siap dipakai kemudian buka browser di komputer terserah memakai laptop atau pc agar lebih muda pekerjaannya, jika browser sudah terbuka ketik 192.168.0.1 dan akan langsung keluar perintah log in seperti pada gambar.




Selanjutnya jika anda tidak merubah password bawaan perangkat pada kolom username dan password ketik semuanya dengan kata "admind" dan akan muncul jendela dari router TP Link tadi. Bila sudah ada dalam jendela beranda TP Link > klik wireless lihat gambar






Dikolom ini silahkan atur sesuai dengan keinginan seperti nama Wireless Network Name dan sisanya ikuti saja perintah default kecuali anda akan masuk pada perintah pengamanan satu tingkat namun tidak semua perangkat router mendukung kinerja tersebut.








Kemudian klik lagi bagian security wireless seperti pada gambar diatas centang WEB maka akan muncul kolom Type, Web Key Format, pilihan key (selected key) inilah pasword yang akan anda atur upayakan kombinasi huruf dan angka serta ikon agar tidak rentan pembobolan hanya saja sering membuat pengguna sering kewalahan karena lupa.


Pada tampilan WEB ini password bisa dibuat hingga empat akun dengan syarat stabilitas internet dari GSM punya kekuatan loading bagus kalau dibawa dari pengaturan 128 bit kemungkinan proses ini tidak akan jalan.


Kemudian kita akan masuk pada  pengaturan ketat dari password router berjenis WPA Personal pengaturannya sama dengan WEB hanya di bagian ini sifat passwordnya tunggal dan pengamanan berjenis WPA untuk router sedikit lebih aman sebab memiliki metode encrypt lapis kedua yang sudah dimodifikasi oleh systen tersemat dalam perangkat. lihat gambar dibawa ini :




Namun perlu di perhatikan sudah saya ingatkan diawal tadi bahwa tidak semua perangkat router mendukung jenis pengamanan password seperti WPA Personal ini termasuk pada router TP Link MR 3220 namun karena produksinya sebelum jaringan internet telah membuming seperti sekarang ini. Router ini juga bisa disebut sebagai router jadul karena masih mengusug format 2G/3G.


WPA Personal telah didukung oleh router yang sudah 4G dan lebih dari itu seperti perangkat pada NET tetapi cara kerjanya tidak terlalu berbeda jauh sebab masih tetap memakai perangkat GSM penyalur jaringan internet.


Saran saja bagi akan membeli router baik yang baru atau pun second harap dicek dulu file pendukungnya apakah sudah terformat 4G atau belum sehingga bisa mendukung pengaturan WPA Personal diatas. itulah penjelasan sederhana dari bagaimana cara setting password Router TP Link agar tidak mudah dibobol oleh mereka yang suka jahil.


Baca Juga : Kecintaan Milenial Terhadap Budaya Sendiri di Hari Sumpah Pemuda


Catatan ini terbilang lumrah karena pasti  sudah ada banyak yang mengulas tentang penjelasan mengenai password di router tapi ada juga sahabat yang bertanya via email, saya tidak bisa menjawabnya secara mendetail hanya lewat tulisan sederhana saja bisa membantu teman-teman.(deny)

×
Berita Terbaru Update