Headline

10 Pahlawan Sosial Dalam "Dunia" Kerja Kurang Disorot Media

 

Ilustrasi gambar pixabay

Bidikdotcom Hari ini 10 November 2020 merupakan salah satu hari bersejarah bagi bangsa dan negara Kesatuan Republik Indonesia dimana para pejuang kemerdekaan pantang menyerah mempertahankan sejengkal tanah agar tidak jatuh pada kaum penjajah. Mereka benar-benar berbakti dalam semangat tulus ikhlas sekalipun jiwa dan raga hancur lebur demi sebuah kemerdekaan.

Bulan November diperingati sebagai hari pahlawan tepatnya pada tanggal 10 dimana kota-kota ditanah air dibumi hanguskan agar tidak dijadikan markas penjajah bahkan sebagai bentuk pengalihan taktik perang di kerjakan oleh TNI dan rakyat demi terjadinya kemerdekaan.

Baca Juga : Teori Circle of Fifht Dari Johann Sebastian Bach

Bandung lautan api, Arek-arek Suraboyo, adalah dua kota besar tanah air dibumi hanguskan agar penjajah keluar dari Nusantara tercinta. Peristiwa ini pun di ikuti oleh daerah-daerah lain di Sulawesi dan Sumatera sebagai bentuk perjuangan bersama untuk satu tujuan yaitu "Merdeka" yang pada akhirnya hingga hari ini mereka selalu dikenang baik yang tercatat sebagai pahlawan nasional maupun tidak.

Pahlawan-pahlawan memperebutkan kemerdekaan maupun setelah kemerdekaan terus di ingat oleh generasi hingga saat ini bahkan menjadi bagian dari kurikulum sekolah atau bahan pembelajaran para murid didik mulai dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi agar mereka tidak melupakan dalam setiap perjalanan kehidupan mereka para anak bangsa di kemudian hari.

Memang hari ini tidak lagi ada perjuangan mencucurkan darah dan air mata, seluruh rakyat Indonesia hidup dalam bingkai kemerdekaan bersifat modern dengan seluruh fasilitas tersedia lengkap mulai dari pendidikan hingga "dunia kerja" meski kemerdekaan sepenuhnya masih tergantung pada siapa lebih beruntung dan sukses namun semuanya hidup penuh kebebasan tidak lagi dilanda rasa takut, mendengar desingan peluru, ledakan bom dan jeritan kematian.

Kini semua kehidupan dijalani penuh dengan rasa bahagia sudut sosial menjadi ukuran manusia jaman ini saling memperhatikan dan menilai apalagi mereka dengan gaya hidup mewah dan memiliki pekerjaan  bergengsi sering menjadi sorotan populer dalam kodratnya sebagai manusia.

Tetapi bagaimana dengan para pekerja yang memiliki andil dalam lingkungan sosial dimana mampu memberikan perubahan  signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat yang kadang aktifitas mereka sering dipandang sebelah mata, padahal bisa dikatakan mereka adalah para pahlawan masa kini yang berkutat tanpa kenal jeri lelah demi masyarakat sekitar bisa tersenyum dalam menikmati kemerdekaan.

Artikel ini sedikit menyimpulkan para pekerja dari berjuta-juta pekerja di Indonesia dimana mendedikasikan diri mereka menjadi orang yang berpengaruh dalam lingkungan kemasyarakatan yang disebut "pahlawan sosial". Mereka ini adalah 10 Pahlawan  Sosial dari pekerjaan mereka yang kurang menjadi sorotan media atau lingkungan sekitar dimana mereka tinggal. Berikut ulasannya :

1. Petani dan Nelayan

Kadang sistem mata rantai dalam menghasilkan sesuatu berkualitas kurang menjadi perhatian padahal ada akar rumput yang menopang dari sesuatu berkualitas tersebut. Ada ungkapan bijak "Jarang ada orang hebat dari seorang guru, tetapi semua orang hebat terlahir dari seorang guru" ungkapan ini tidak ada salahnya karena faktanya demikian.

"Tetapi adakah orang hebat maupun seorang guru  menciptakan orang hebat tersebut tidak membutuhkan asupan nutrisi, makanan yang sehat dan minuman berenergi"?. Jawabannya semua pasti "butuh" tetapi dari mana mendapatkan makanan sehat bernutrisi dan berenergi tersebut kalau bukan dari seorang petani dan nelayan. Bahkan dari balita pun di beri asupan makanan sehat.

Para petani mengelola lahannya dengan berbagai tanaman makanan untuk menghasilkan sumber energi dan makanan bernutrisi untuk kelangsungan hidup manusia. Nelayan membawa tangkapannya untuk dikomsumsi manusia agar tetap sehat apalagi para balita dimana pakar kesehatan menyampaikan bahwa vitamin dari ikan akan memberi dua kali lipat daya nalar dari anak tersebut.

Kadang jeritan para petani atas harga dari komoditinya sering dibawa harga, menjadi sesuatu dianggap tidak perlu sebab siklus ekonomi memang seperti itu padahal hasil panen dan tangkapan di laut  bisa dibilang cukup berkualitas dan memberi pengaruh terhadap ketahanan pangan meskipun nilainya tidak terlalu besar.

2. Petugas Kebersihan 

Disetiap Kabupaten dan Kota pasti punya petugas kebersihan. Mereka ini memiliki peran sangat penting dalam menjaga kebersihan dalam Kota. setiap sudut  pasti mereka bersihkan bahkan ada pesan-pesan moral mereka sampaikan bagi masyarakat sekitar. Kadang juga sisi sosial mereka sering tidak dipedulikan manusia lainnya dan kurang menjadi sorotan dimana orang menganggap hal yang dilakukan seperti aktifitas biasa pada umumnya dilakukan banyak orang.

Seperti yang dilakukan Pak Sariban asal Bandung ia adalah salah satu orang dari banyak orang di Indonesia menjadi relawan kebersihan yang mengkampanyekan kepada masyarakat umum untuk membatasi penggunaan sampah plastik.

3. Pembantu Rumah Tangga

Pekerjaan seorang baby sister atau pembantu rumah tangga ini menjadi buruan para pekerja Indonesia ke luar negeri. Tetapi juga di dalam negeri banyak masyarakat Indonesia saat memiliki karir gemilang pekerjaan didalam keluarga sering di abaikan sehingga mereka membutuhkan seorang pembantu rumah tangga. Meskipun penilaian terhadap pekerja pembantu rumah tangga kecil sifatnya tetapi mereka bisa disebut pahlawan sosial yang memiliki andil bagi orang dimana merek bekerja.

4. Tukang Service

Pekerjaan seorang tukang service menjadi kebutuhan diera modern ini. Apa jadinya jika tidak ada orang yang melirik pekerjaan ini bila dirumah kita barang-barang elektronik rusak seperti Televisi, Air Conditioner (AC), Kulkas bahkan komputer serta smartphone.

Meski kurang menjadi sorotan media atau masyarakat umum peranan tukang service sangat berpengaruh terhadap kehidupan sosial manusia seperti disebutkan tadi.

5. Petugas PLN

Anda pernah mengalami terjadinya kerusakan pada mesin listrik yang di kelolah PLN atau terjadi pemadaman listrik hingga berhari-hari? pasti akan gerah dan sering mengeluarkan kalimat-kalimat tak karuan bila listrik belum menyalah. Padahal mereka yang bertugas tanpa di ketahui masyarakat banyak harus meninggalkan keluarga atau aktifitas lainnya demi memperbaiki aliran listrik.

Bahkan tidak sedikit dari mereka meninggal karena kesetrum, yang mana masyarakat pengguna tidak menyadari bahwa mereka adalah pahlawan dari yang di butuhkan, Benar mereka dibayar tetapi bukan berarti segalah macam cercaan disampaikan kepada mereka hanya karena kekesalan tidak bisa nonton, charge hanphone tidak bisa dan lainnya.Apapun alasannya kita tetap menghargai profesi yang mereka jalani tanpa mengeluarkan kalimat-kalimat menyinggung.

6.Pekerja Bangunan

Profesi sebagai pekerja bangunan patut di apresiasi dan masuk 10 pahlawan sosial masa kini sebab kita bisa saksikan gedung-gedung bertingkat, Mall, hingga bangunan pribadi adalah buah karya mereka yang kurang menjadi perhatian. Orang sering bertanya siapa pemilik bangunan megah itu ketimbang "siapa yang membuat bangunan tersebut"

7.Petugas Kesehatan Tradisional (Biang Kampung)

Petugas kesehatan secara umum sering menjadi sorotan media apalagi di tengah pandemi Covid-19 tetapi bagaimana dengan seorang petugas kesehatan tradisional atau di sebut "biang kampung" meski sudah di jaman digital dengan teknologi kesehatan berkembang pesat tetapi tidak menghentikan profesi satu ini. Biang Kampung masih menjadi pilihan pengobatan tradisional bagi daerah-daerah pelosok yang memiliki keterbatasan fasilitas kesehatan dan tanaga medisnya khusus menangani ibu-ibu hamil.

Walaupun hanya mengandalkan peralatan seadanya para perawat tradisional ini selalu berhasil menangani pasien melahirkan dengan bayi sehat. Mereka juga layak disebut sebagai pahlawan sosial karena menjalankan misi kemanusian yang mulia meski tidak dihargai se-sen pun. Meski dari beberapa masyarakat tetap memeriksakan kedokter walau jarak tempuh cukup jauh.

8. Pemandu Wisata (Guide)

Jasa seorang pemandu wisata akan sangat bermanfaat jika seseorang akan melakukan perjalanan jauh atau ke wilayah-wilayah yang dianggap cukup berbahaya. Seperti bila anda akan ke Nusa Tenggara Timur (NTT) dan ke Pulau Komodo anda harus membutuhkan seorang pemandu karena rentan dengan serangan binatang purbakala.  Apapun jenis pemandunya akan sangat bermanfaat bagi orang yang menggunakannya dan mereka akan menjadi pahlawan bagi anda.

9. Petugas Makam 

Profesi ini sudah tidak asing bagi masyarakat mereka sangat dibutuhkan bila anggota keluarga mendapat musibah kedukaan dan pihak keluarga tidak lagi sibuk sana dan sini menguras area dimana akan menjadi pemakaman. Mereka juga bisa di kategorikan sebagai ppahlawan sosial karena hal seperti diungkap  tadi. Namun ini tidak berlaku pada daerah-daerah yang masih memakai jasa gotong royong dengan tanpa di bayar dan bisanya profesi ini ada di perkotaan.

10. Nahkoda Kapal Transport

Media sering menyoroti para pilot dari berbagai maskapain tetapi jarang menyenti nahkoda kapal transportasi. Mereka bisa disebut pahlawan sosial karena memiliki andil yang cukup besar untuk membawa para penumpang sampai tujuan penuh dengan keselamatan. Sehingga seorang nahkoda kapal tak akan tidur bila dalam perjalanan malamnya melintasi lautan luas sebab jika ia gegabah maka ratusan penumpang bahkan ribuan akan dalam bahaya.

Baca Juga : Debat Pilwakot Bitung Angkat Isu THL Berijazah Sarjana Dan Pelecehan Warga

Itulah 10 Pahlawan Sosial "Dalam Dunia" Kerja Kurang Disorot Media dari sekian juta pekerja di tanah air yang menjadi pahlawan sosial dimana ia bekerja sehubungan dengan perayaan hari pahlawan yang merebut kemerdekaan dari tangan penjajah sejak jaman kerajaan hingga tahun 1945 yang peringatannya pada setiap 10 November. (bdc)


loading...

Previous
« Prev Post
Author Image

About Bidikdot.com
bidikdot.com adalah blog berita seputar indonesia dan olahraga gaya hidup, pendidikan, ekonomi serta media sosial Subscribe! to get update via email.

Show comments
Hide comments
2 komentar:
Tulis Komentar
  1. Banyak dari kita yang memang kurang memperhatikan atau bahkan kurang hormat kepada mereka, and we should fix that.

    https://blog.rezafauzi.id/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar gan rasa hormat sering dialamatkan kepada mereka yang dianggap punya popularitas saja thank you sudah mampir semoga saling membangun blogwalking akan membantu trafic website kita

      Salam Blogging

      Hapus

Berfikir Positif adalah Inspirasi Kejahteraan Bangsa dan Negara

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *