Headline

Joan Mir Juara Dunia MotoGp 2020 Dan Pembelaan Alex Marquez Buat Mir

 

Joan Mir rider Suzuki Juara MotoGP musim 2020 Foto twitter motogp

Bidikdotcom Joan Mir memastikan gelar juara di MotoGP musim 2020  meski berakhir di garis finish pada posisi ke  tujuh di sirkuit GP Valencia Minggu 15/11/2020. Pembalap Suzuki ini memastikan gelar juaranya setelah 2 kali secara beruntun menjuarai balapan di Arena GP Teruel dan Ricardo Tormo pada 8/11/2020. Pekan lalu Mir berhasil mengoleksi 162 dan menempatkan dirinya pada puncak klasemen.

Fabio Quartararo dan Alex Marquez masing-masing mengoleksi 125 poin dan tertinggal jauh dari pembalap Suzuki tersebut. Cedera yang membekap Marc Marquez musim ini membuat Mir memiliki peluang besar menjuarai seri balapan bergengsi dari dunia motor itu.

Baca Juga : Joan Mir Juara MotoGP Ricardo Tormo Dan Misteri Arena Sirkuit

Pada Seri GP Valencia Minggu 15/11/2020 Franco Morbidelli pembalap Yamaha berhasil finish di urutan pertama dengan mengoleksi 25 poin, urutan kedua J Miller rider Ducati dengan koleksi 20 poin dan posisi ketiga di raih oleh Espargaro pembalap KTM dengan koleksi 16 poin. sedangkan Joan Mir berhasil finish pada posisi ke tujuh dengan raihan 9 poin sehingga poin yang di kumpulkan Joan Mir 171 poin.

Torehan prestasi Joan Mir tidak lepas dari upaya dan kerja kerasnya saat memanfaatkan moment-moment krusial di lintasan berbahaya dari pemimpin balapan seperti yang tejadi di sirkuit Ricardo Tormo pada Minggu 8/11/2020 dimana beberapa rider mengalami crashting di lingkaran jalur lintasan dianggap cukup berbahaya dan Joan Mir adalah pembalap pintar yang mampu memakai peluang itu.

Meski tinggal menyisahkan satu balapan lagi yakni GP Portugal Minggu 22/11/2020  Joan Mir berhasil menjaga jarak dengan beberapa rider dari barisan Ducati dan Honda. Alex Marquez adik dari Mar Marquez belum mampu mengikuti jejak kakaknya sebagai top rider di tin Honda.

Bidikan juara musim 2020 dari Suzuki berhasil mematahkan record tak terkalahkan dari Honda di tiga musim berturut-turut di kuasai oleh Marc Marquez.

Inilah kemudian menjadikan bahan perbandingan pendukung dan fans Marc Marquez seandainya ia tidak cedera maka kemungkinan peluang juara Joan Mir akan jauh. Komentar para pendukung ini kemudian membuat rider asal Suzuki itu emosi dan memprotes bahwa apa yang di raihnya adalah benar-benar sebuah prestasi gemilang bukan bantuan dari orang lain.

Pembalap Honda yang merupakan adik Marc Marquez membela Joan Mir atas nyinyiran para pendukungnya. Alex mengatakan bahwa ada dan tidaknya Marc Marquez di seri balapan musim ini Joan Mir adalah Juaranya tidak dipengaruhi oleh Marc Marquez dan selanjutnya ia memberi ucapan selamat kepada Mir atas juara MotoGP musim 2020 ini.

Alex Marquez pada balapan GP Valencia ini finish di barisan ke 16 dan tidak meraih satu pun poin. Tim Honda hanya finish urutan ke 9 pada musim 2020 ini lewat pembalap asal Jepang Takaaki Nakagami dengan poin 105. Selebihnya di kuasai oleh tim Suzuki urutan pertama dan ke tiga lewat Joan Mir dan Alex Rins

Berikut raihan poin pada GP Valencia 15/11/2020 :

1. Joan Mir - Spanyol /Suzuki / 171 poin

2. Franco Morbidelli - Italia / Yamaha / 142 poin

3. Alex Rins - Spanyol / Suzuki / 138 poin

4. Maveric Vinales - Italia / Yamaha / 127 poin

5. Fabio Quartararo - Prancis / Yamaha/ 125 poin

6. Andre Dovizioso - Italia / Ducati / 125 poin

7. Pol Espargaro - Spanyol / KTM / 122 poin 

8. Jack Miller - Austria / Ducati / 112 poin

9. Takaaki Nakagami - Jepang / Honda /105 poin

10. Miguel Oliveira - Portugal / KTM / 100 poin

11. Brad Binder - Rusia / KTM/ 87 poin

12. Danilo Petrucci - Italia / Ducati / 78 poin

13. Johann Zarco - Prancis / Ducati / 71 poin

14. Alex Marquez - Spanyol / Honda / 67 poin

15. Valentino Rossi - Italia / Yamaha / 62 poin

16. Fransesco Bagnaia - Italia / Ducati / 47 poin

17. Aleix Espargaro - Spanyol / Aprilia / 34 poin

18. Cal Crutchlow - Gibatlar / Honda / 29 poin

19. Iker Lecuona - Spanyol / KTM / 27 poin

20. Stefan Bradl - Jerman / Honda / 18 poin

21. Bradley Smith - Gibatlar / Aprilia / 12 poin

22. Titio Rabat - Spanyol / Ducati /10 poin 

23. Michele Pirro - Italia / Ducati / 4 poin

24. Lorenzo  Savadori - Italia / Aprilia / 0 

Baca Juga : Hasil Lengkap UEFA Nations League Putaran 5 Dan 6

Jika melihat data ini maka tidak ada satu pu tim Honda yang bercokol di lima besar semua di kuasai tim Suzuki dan Yamaha. Tetapi ada yang mengecewakan dari penampilan tim Yamaha dimana rider andalannya Valentino Rossi hanya finish di urutan 16 dan di beberapa balapan seringkali mengalami crash sehingga perburuan poin sering kandas. Apapun statusnya Joan Mir dan tim Suzuki patut di beri apresiasi atas capaian mereka di musim ini. (bdc).

Previous
« Prev Post
Author Image

About Bidikdot.com
bidikdot.com adalah blog berita seputar indonesia dan olahraga gaya hidup, pendidikan, ekonomi serta media sosial Subscribe! to get update via email.

Show comments
Hide comments

Berfikir Positif adalah Inspirasi Kejahteraan Bangsa dan Negara

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *