HEADLINE NEWS

Satu Bulan Bersama Adsense Penghasilan Di bawa Rata-Rata

Ilustrasi gambar Penghasilan Adsense oleh bidikdot

Bidikdotcom Adsense memiliki admosfir tersendiri terhadap dunia pengiklan dengan reputasi bisa dibilang mumpuni sebab semua pemilik website dari berbagai Niche berburu produk andalan Google tersebut. Ada banyak vendor pengiklan di Internet yang menawarkan berbagai kemudahan dalam mendapatkan penghasilan sebuah website baik itu blogger maupun wordpress.


Jenis-jenis iklan pun memiliki ragam serta ciri khas masing-masing mulai dari iklan Native (widget) hingga berbasis HTML tetapi tidak lengkap jika sebuah Blog maupun Wordpress tidak dilengkapi oleh iklan ternama ini. Google Adsense bisa di bilang pengiklan raksaksa yang ramah dengan website tentu jika itu memenuhi persyaratan mereka.


Baca Juga : Cara Membuat Artikel Blog Ada Di Halaman Depan Google



Ada banyak website bahkan berpuluhan ribu dalam sehari di tolak pengiklan ini karena tidak memenuhi syarat untuk menjadi partner google dalam menayangkan setiap iklan yang mereka tampilkan. Kadang para pemilik blog maupun wordpress stress bagaimana sebenarnya menundukan si mbah Ads ini agar diterima menjadi anggotanya.

Tetapi juga setelah berhasil diterima website nya bukan berarti pemilik web akan enak lenggang kangkung malah jadinya lebih parah saat pengajuan pendaftaran, sebab bila sudah bersama pengiklan ini anda harus benar-benar fokus dan konsisten mengolah web anda jika penghasilan yang dikejar. 

Sebaliknya jika web sudah diterima dan terus kurang di urus kemungkinannya juga akan kena pinalty alias banned permanen, olehnya para pemilik website perlu mempertahankan reputasi terbaik seperti saat mendaftar  sehingga tujuan penghasilan dari pengiklan ini sebagaimana maksud sebelumnya akan tercapai. sehingga jangan kira setelah keterima Adsense semudah yang dibayangkan.


Studi Kasus Dari Blog ini


Bidikdot adalah blog dengan niche "berita" atau juga bisa dikatakan sebagai blog gado-gado diakui saat pendaftaran pada 19 Oktober lalu tidak ada aral melintang atau kiriman email dari google seputar peringatan atau lainnya sebab tanggal 21/10/2020 blog ini langsung di approve atau diterima untuk menayangkan iklan dari google.

Ada perasaan bangga dan senang sebab doa kepada yang kuasa berharap diterima oleh pengiklan sejagat raya ini terwujud itu hari pertama dan terasa ingin mengkampanyekan keberhasilan ini karena memang baru kali ini dapat menjebol system update terbaru google.

Tetapi 3 jam kemudian mendapat notifikasi pesan dari google pada logo lonceng disebelah kanan atas kolom beranda adsense saya mulai carut marut apa ini sebenarnya. ternyata itu adalah pemberitahuan step by step selama 7 hari untuk menaikan penghasilan web.

7 hari tersebut saya tidak melakukan perubahan apapun terhadap pengaturan pengiklan sebab takutnya akan terjadi pembatasan iklan sebagaimana informasi dari teman-teman di group sosial media.

Yang saya lakukan mengikuti instruksi pengiklan setelah aktif untuk beriklan selebihnya tidak ada. Sampai disini terintas dibenak, apakah semudah seperti di catatan-catatan kaki para blogger tentang sukses mendapatkan penghasilan dari Adsense dengan mendapatkan pundi-pundi rupiah.


Jawaban saya adalah "tidak mudah" 


2 minggu berjalan tidak ada tanda-tanda trafict iklan naik malah sebaliknya makin nuging saya coba masuk lagi ke syarat-syarat yang diminta google mulai dari menautkan analytics dengan search console mencoba eksperimen sebagaimana instruksi mereka, tapi hasilnya tetap dibawa rata-rata.

Penghasilan yang saya dapatkan selama bulan Oktober sebesar Rp 6000 karena melihat dari RPM Halaman setiap harinya hanya 8 ratusan sedangkan RKT hanya bisa sampai 0,90% mendapatkan 1 koma persen masih cukup sulit itu bahkan perkliknya hanya kira-kira 11-17 klik bahkan ada klik yang tidak bernilai hmm memiriskan ini bulan pertama.


Perbandingan dalam gambar berikut trend positif pengiklan pertengahan November



Dari berbagai informasi menurunnya pendapatan produkan google ini dikarenakan pandemi covid-19 sehingga beberapa vendor layanan pengiklan harus menurunkan nilai bayarnya kalau ini memang harus di maklumi.

Memasuki pertengan bulan November iklan Blogger mulai ada tanda-tanda perubahan meskipun tidak terlalu besar, trend positif yang di tunjukan oleh (tampilan halaman, rpm, rkt, tayangan) cukup memberi rasa lega sebab nilai rupiah setiap harinya mulai merangkak naik.

Melihat penampakan baik ini saya analisa produk blog dan kontennya ke salah satu layanan pengukur trafict dan ranking web berbayar yakni SEMrush cukup positif  hasilnya meski masih dibawa standar mulai dari baclink, keywords dan ranking dari berbagai pengukur website lainnya seperti Alexa.


Reaksi yang saya dapat


Pertama ternyata konten adalah harga mati, konten akan menentukan konsistensi pengiklan akan tampil terhadap update-upadate informasi terbaru dari niche blog seperti gado-gado ini meski nilai per kliknya cukup kecil.

Penghasilan bukan diukur dari nalar sebagaimana penjelasan artikel dari berbagai bolgger tentang penghasilan menggiurkan pengiklan ini, tetapi tindakan penuh resiko namun tetap elegan serta menawan dalam eksekusi.

Standar pembayaran sebagaimana penjelasan google adalah $100 atau sekitar Rp 1.300 000 jika di bandingkan dengan Rp 6000 penghasilan perbulan maka saya akan butuh hampir 15 tahun untuk mendapatkan patokan google tersebut menyedihkan.

Tetapi sebagai seniman blogger tentu ini bukan hambatan menuju tujuan sukses bila semua proses teratasi termasuk covid-19 ini maka saatnya kita akan mendulang emas meskipun pantongannya cukup dalam. Inilah cerita saya sebulan bersama dengan Adsense dengan penghasilan masih di bawa rata-rata.


Baca Juga : Kriteria Blog Buat Google Adsense 3 Hari di Approve


Mungkin pengalaman ini dialami oleh teman-teman blogger yang baru diterima oleh raja iklan sejagat tersebut tetapi bila blog kita bangun sebagaimana rumah kita pasti berkat Tuhan tidak akan kemana-mana bila kita punya semangat tinggi.

Penulis : Deny Sondoh


loading...

Previous
« Prev Post
Show comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *