Notification

×

Iklan

Iklan

Apa itu Sosial Media Marketing? Manfaat dan Strategi Untuk Menaikkan Reputasi

Jumat, 18 Desember 2020 | 09.20 WITA Last Updated 2020-12-18T02:20:03Z

 

Ilustrasi gambar

Bidikdotcom Berbicara tentang menaikkan reputasi tampaknya perlu dilakukan oleh para pebisnis untuk perkembangan bisnis agar tak tertinggal jauh oleh kompetitor. Pelanggan tak akan pernah tahu produk yang kamu jual tanpa adanya pemasaran efektif yang nantinya akan menjangkau ke jutaan calon pembeli, terutama menggunakan sosial media marketing untuk pemasaran bisnis. 


Apa itu Sosial Media Marketing?


Sosial Media Marketing adalah platform media sosial yang digunakan untuk terhubung dengan para audiens untuk membangun merek, meningkatkan penjualan serta mengarahkan lalu lintas ke situs website yang kamu miliki.


Platform media sosial yang sangat efektif digunakan untuk pemasaran bisnis ialah Facebook, Instagram, YouTube, LinkedIn, Pinterest dan Tik Tok Business. Deretan platform tersebut nantinya melibatkan konten yang berhubungan dengan produk yang kamu miliki dengan melibatkan pengikut untuk menumbuhkan kesadaran merek. 


Jika menilik lebih dalam perbedaan pemasaran melalui media sosial dengan pemasaran konvensional jelas memiliki perbedaan signifikan. Media sosial bisa membantu bisnis mendapatkan hasil yang maksimal dari berbagai platform yang tercantum di atas dan memasarkannya ke seluruh Indonesia. Sementara jika menggunakan teknik pemasaran secara konvensional bisnis hanya terpaku pada satu daerah saja.


Strategi Sosial Media Marketing


Sebelum memulai untuk melakukan teknik pemasaran melalui sosial media marketing, kamu perlu mengetahui strategi sosial media marketing agar tak salah langkah ketika melakukan teknik pemasaran ini. Strategi sosial media marketing bisa dimulai dari :


A. Membuat Konten Menarik


Konten adalah salah satu kunci keberhasilan suatu pemasaran dalam bisnis. Bayangkan jika kamu membuat 1 Konten viral dan disukai banyak audience, kemungkinan 78% audience ini akan melakukan sharing sessions dan tertarik untuk membeli produk yang kamu jual.


Konten yang memiliki tingkat klik dan sharing yang tinggi adalah konten yang memiliki nilai dan Tag Judul Menarik. Tag Judul adalah salah satu bagian inti dari suatu konten untuk mengundang Click bait.


B. Menggunakan Iklan ADS


Membangun kesadaran merek dalam penggunaan sosial media marketing wajib memerlukan Iklan Ads sebagai teknik periklanan jejaring sosial yang nantinya membangun kesadaran merek produk yang kamu jual.


Apa saja bentuk Iklan ADS?


  • Iklan ADS dalam Bentuk Poster/Banner yang terpampang di ; FB ADS dan IG ADS, Pinterest ADS, Google ADS.

  • Iklan ADS dalam bentuk Video Marketing yang terpampang di Iklan YouTube ADS, Tik Tok Business, IG ADS, FB ADS.


C. Iklan ADS dalam Bentuk Tautan Afiliasi yang menampilkan spanduk produk dengan metode teks yang tertanam di dalam postingan website dengan penargetan iklan berbayar. 


D. Membangun Pengikut dan Relasi


Strategi yang terakhir dan perlu dilakukan adalah membangun pengikut dan relasi di jejaring sosial media. Kedua komponen ini sangat penting untuk menaikkan reputasi pada bisnis nantinya, dimana :


  • Relasi sangat penting untuk keberlangsungan bisnis kamu. Relasi nantinya akan menjadi supplier sekaligus mentor yang mempunyai visi dan misi yang sama terhadap brand atau produk yang kamu jual. 

  • Pengikut adalah komponen penting dalam kesuksesan pemasaran melalui sosial media marketing. Bisa kita simpulkan bahwa pemikiran setiap orang adalah " Membeli produk berdasarkan tren " atau " Membeli produk berdasarkan jumlah pengikut yang banyak ". Fungsi pengikut adalah untuk membuat mereka percaya bahwa produk atau brand yang kamu jual itu tidak palsu karena memiliki ulasan tinggi sehingga membuat mereka tertarik untuk membeli.


Manfaat Sosial Media Marketing


Manfaat pemasaran media sosial bagi perusahaan atau perkembangan bisnis sangat berpengaruh terhadap reputasi untuk membangun citra merek kepada audience yang nantinya akan menjadi pelanggan.


Namun ada banyak manfaat sosial media marketing ketika pemasar menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran, seperti :


A. Membangun Loyalitas Pelanggan


B. Dapat menciptakan Lalu lintas yang tinggi untuk Situs website


C. Mengumpulkan data audience dari berbagai wilayah, gender, minat yang sesuai dengan produk atau brand yang dijual


D. Mendorong Konversi dan Ajakan Kepada Audience


E. Mampu menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia


Bila hal-hal di atas dapat di maksimalkan dengan baik dan secara profesional di kerjakan sesuai prosedural maka reputasi penjualan produk anda semakin maju dan akan cukup berpengaruh terhadap traffic website dimana produk anda tersebut berada. (bdc)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update