Terbaru

Apa Yang Perlu Anda Lakukan di Tahun 2021

 

Ilustrasi gambar by pixabay

Bidikdotcon Pasti semua insan sedang gembira kala menyambut tahun 2021 yang tinggal dua hari kedepan hal-hal menyangkut harapan tertunda ditahun 2020 ini kemungkinan dari sekalian kita telah mengatur rencana apa saja perlu dilakukan saat sudah berada diawal tahun baru nanti.

Sehinggga muncul pertanyaan apa yang perlu dilakukan di tahun 2021?. Jika kita flashback lagi saat Tahun 2019 lalu kita pun punya harapan sama dimana saat memasuki tahun rahmat Tuhan 2020 segalah permohonan doa menyambut tahun baru nanti menjadi bagian kita semua berkenan dengan kesuksesan, kesejahteraan bahkan harapan lainnya.

Baca Juga : Budaya Pemborosan di Hari Natal Dan Tahun Baru Serta Solusi Mengatasinya 

Namun adakah terlintas bagi kita bahwa semua harapan tersebut kandas dan tidak bernilai saat tahun 2020 diterpa badai mengerihkan yakni wabah Covid-19.

Di Indonesia wabah ini hanya menjadi tontonan diawal tahun 2020 rasa haru, sedih bahkan ada yang berduka saat keluarganya meninggal dunia karena wabah tersebut. Tetapi tiba-tiba diakhir februari tanah air digemparkan dengan dua warga Indonesia yang kembali dalam perjalanan luar negeri terpapar virus corona dan seterusnya akhirnya mewabah di berbagai penjuru nusantara.

Siapa yang disalahkan? tentu tidak, karir gemilang yang di impikan, pekerjaan mapan bahkan rencana married bersama calon pasangan semuanya gagal total.

Masa pandemi sekarang ini masih menghantui kita saat menyambut tahun rahmat Tuhan 2021.

Namun adakah bagi kita telah merencanakan sesuatu berhubungan dengan kesuksesan sebagaimana doa dan harapan kita meski kemungkinan besar pandemi masih akan menghantui perjalanan panjang ditahun 2021.

Saya percaya bahwa dari kita sudah punya strategi khusus untuk menjalankan hal-hal sehubungan dengan mendantangkan  kesejahteraan mulai dari diri sendiri hingga keluarga. Polarisasi market digital dan pasar global sekiranya akan mengubah cara pandang kita untuk mendapatkan profit dari persaingan ekonomi yang berbasis ofline dan online semakin ramai dan tak terhindarkan.

Lantas secerdik apa nanti kita menghadapi persaingan ekonomi meski ditengah pandemi.

Inilah yang dituntut dari catatan singkat ini agar kita sudah punya konstruktif  legal agar tidak lagi bingung untuk memulaikan segalah aktivitas berkenan yang akan dilakukan maupun di kerjakan di tahun baru nanti 2021.

Berikut hal-hal sederhana perlu kita lakukan ditahun 2021 :

1. Evaluasi Data

Sebagai seorang yang berkecimpung dalam dunia pekerjaan dengan waktu yang cukup padat perlu melakukan riset atau evaluasi data apa-apa saja perlu dihindari sebagaimana dialami pada tahun berjalan ini 2020. Jika ada hal yang bisa dipertahankan anda perlu melakukannya dengan hati-hati seperti mengeluarkan dana diluar budget dari bisnis yang dijalankan.

Itulah sebabnya semua yang akan kita rencanakan menyangkut pekerjaan maupun bisnis harus memperhatikan data maksudnya perjalanan pekerjaan selama setahun itulah yang harus diutamakan mana yang perlu dilanjutkan maupun yang tidak perlu.

2. Banting Setir

Metode ini perlu kita coba jika tempat dimana kita bekerja belum memiliki peluang untuk membuka kembali usahanya apalagi yang bergerak di dunia pariwisata sebab wilayah ini cukup menyedot perhatian pemerintah untuk melakukan pengetatan terhadap pemberi maupun mengguna jasa.

Pemerintah telah menetapkan mulai 1 - 14 Januari 2021 tidak akan menerima turis mancanegara dan semua penerbangan yang melayani publik ditutup, kecuali layanan VVIP. 

Maka sedari dini mempersiapkan pekerjaan atau bisnis apa yang perlu direncanakan agar tidak akan menjadi pengangguran sejati.

3. Menjadi Pelaku UMKM 

Usaha Mikro Kecil Menengah saat ini menjadi aktivitas kejar tayang oleh masyarakat dimana pemerintah mendukung semua UMKM ditanah air untuk bersaing di era 4.0 poin. Anda bisa bergabung dengan kelompok-kelompok ini atau meminta aparat dimana anda tinggal untuk mengajukan proposal usaha biasanya via Kelurahan atau perangkat desa.

4. Pertahankan Konsisten

Tidak kalah menariknya juga yang perlu anda lakukan di tahun 2021 adalah mempertahan konsisten anda sejatinya sebagai diri sendiri. Bila anda seorang entrepeneur lakukan itu dengan rasa nyaman jangan dipengaruhi oleh orang lain apalagi tergiur dengan besaran jumlah penghasilan seseorang.

Minsalnya anda seorang kontruktif website mulai dari sebagai blogger, wordpress, produk webinar, Affiliate, online shop konsistenlah dengan itu jika hal tersebut menjadikan anda aman dalam menjalankannya karena kelak konsisten tersebut akan memberi lebih dari pada profit uang.

5. Jangan Sembarang Mengeluarkan Dana

Hal yang sangat penting juga adalah uang anda perlu dirawat, artinya jadikan itu sebagai modal mediasi bukan hanya sekedar komsumsi harian tetapi sebagai perantara disaat anda terjepit namun masih bisa diapit karena anda punya cara terapi keuangan yang sensitif tapi punya eksekusi atraktif.

Hindarilah hal-hal yang berhubungan dengan keinginan karena itu hanya membuat dompet kita terkuras dan tanpa sadar akhirnya semua menjadi amblas.

Itu saja sebagian akalan kita saat memasuki tahun baru nanti kita sudah siap dengan strategi jitu untuk bertahan dari keterpurukan sebab pandemi ini belum diketahui sampai kapan akan berakhir namun upaya pemerintah mendantangkan vaksin sekiranya menjadi solusi ekonomi baru bangkit.


Sebab kita tidak dapat berjalan dalam kerja maupun bisnis tanpa rencana yang sudah disusun rapi tetapi sebaliknya meski ditengah kesesakan dunia namun punya strategi mampu mengeksekusi saya yakin kita akan menerima hasil dari jeri payah kita. Salam sukses dan sehat selalu.

Penulis  Bung Deny


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments
2 komentar:
Tulis Komentar
  1. Emang masa sulit tahun-tahun Pandemi ini, semoga segera berakhir
    Kabar baiknya, saya bisa ngurus blog lagi yang selama ini terbengkalai karena kesibukan pekerjaan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia semangat gan semoga masa ini segera berakhir dan semakin buat kita konsisten Salam Blogger

      Hapus

Berfikir Positif adalah Inspirasi Kejahteraan Bangsa dan Negara, Silahkan tinggalkan komentar anda disini dan terima kasih sudah berkunjung, Sukses selalu dan tetap Sehat

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *