Notification

×

Iklan

Iklan

Hemat Biaya! Ini Tips Libur Natal dan Tahun Baru Tanpa Habiskan Banyak Dana

Selasa, 15 Desember 2020 | 08.58 WITA Last Updated 2020-12-15T02:01:25Z

 

Ilustrasi gambar bidikdot by Tiara

Bidikdotcom Liburan adalah suatu masa yang dinantikan semua orang untuk melepas penat dari kejenuhan aktivitas seperti bekerja, sekolah, kuliah dan dari aktivitas menjemukan lainnya. Pada masa berlibur dapat membantu seseorang menghilangkan beban pikiran yang selama ini menumpuk setiap harinya.


Ketika waktu yang dinanti akhirnya tiba tepatnya menjelang akhir tahun, banyak masyarakat mencari destinasi wisata untuk berlibur bersama keluarga, teman dan pasangan tercinta. Merencanakan liburan saat hari natal dan tahun baru tiba seharusnya dilakukan dari jauh-jauh hari sebelumnya.


Akan tetapi, ketika berlibur pasti mengeluarkan banyak biaya yang tak terbilang sedikit. Biaya transportasi, fasilitas penginapan dan biaya lainnya harus direncanakan semaksimal mungkin. Namun, bagaimana jika kamu memiliki budget terbatas tetapi tetap ingin berlibur di tempat yang sudah kamu pilih sebagai destinasi wisata?


Berikut Tips Libur Natal dan Tahun Baru Tanpa Habiskan Banyak Dana :


1. Susun Anggaran Pengeluaran Dana


Menyusun anggaran pengeluaran adalah hal pertama yang wajib dilakukan. Pasalnya ketika mengunjungi tempat wisata untuk berlibur, Pengeluaran dana  tak bisa diprediksikan berapa banyak jumlahnya bahkan bisa saja melebihi dari yang diperkirakan. 


Agar keuangan kamu tetap terkendali, kamu perlu menyusun anggaran dana secara terstruktur atau kamu bisa menabung pada tiga bulan sebelum pergi berlibur guna menghindari kekurangan dana ketika tiba di lokasi destinasi wisata.


2. Pilih Destinasi Dalam Negeri


Setelah menyusun anggaran dana, sebaiknya tentukan terlebih dahulu dimana lokasi tempat destinasi yang akan dikunjungi. Pilihlah destinasi wisata dalam negeri untuk menghemat biaya.


Biasanya wisatawan lokal memadati kawasan puncak pada libur natal dan tahun baru tiba. Akan tetapi pada tahun 2020 ini karena pandemi covid masih terus berlangsung, Kamu wajib mentaati seluruh protokol kesehatan agar liburan kamu tetap aman terkendali.


3. Mencari Promo Diskon


Untuk kamu yang ingin liburan dengan hemat biaya sebaiknya mencari tiket diskon terutama tiket diskon penginapan. Gunakanlah kesempatan terbatas untuk mendapatkan tiket perjalanan, penginapan dengan potongan harga yang diberikan sehingga membuat kamu tak perlu mengeluarkan banyak dana. 


4. Membeli Kebutuhan Pangan Seperlunya


Kebutuhan pangan adalah kebutuhan pokok seperti air mineral, membeli camilan, nasi, sayur mayur dan segala jenis makanan yang nantinya akan dimakan bukan hanya untuk kamu seorang tetapi untuk keluarga serta pasangan kamu tercinta.


Jika kamu ingin berlibur dengan tidak mengeluarkan banyak biaya sepertinya kamu harus memangkas untuk membeli segala keperluan, Ya salah satunya membeli kebutuhan pangan.


5. Membawa atau Menyewa Kendaraan Pribadi


Tips liburan hemat biaya berikutnya adalah kamu perlu membawa kendaraan pribadi untuk menghemat biaya transportasi. Bagi kamu yang tidak memiliki kendaraan pribadi seperti motor untuk berlibur dalam jarak dekat atau mobil untuk berlibur keluar kota. Kamu juga bisa menyewa kendaraan pribadi di rental terdekat sesuai lokasi tempat tinggalmu.


6. Hindari Belanja di Kawasan Rest Area


Ketika kamu sedang dalam perjalanan berlibur ke luar kota dan ingin beristirahat di Kawasan Rest Area, maka sebaiknya hindari kawasan tersebut untuk berbelanja. Pasalnya banyak penjual yang menjajakan makanan dan minuman dengan kisaran harga yang relatif mahal dari biasanya.


7. Mencari Lokasi Penginapan Murah dan Nyaman


Mencari lokasi penginapan yang murah untuk satu malam ataupun berbulan-bulan sepertinya perlu dilakukan agar ketika tiba di tempat destinasi wisata kamu bisa langsung menginap dan mendapatkan kamar untuk melepas lelah selama di perjalanan.


Lokasi penginapan bisa kamu cari pada laman sosial media berdasarkan testimoni positif yang tertera pada deskripsi yang kamu temukan. Selain biaya yang murah, kenyamanan juga adalah salah satu hal yang harus kamu utamakan. 


Penginapan yang memiliki kenyamanan tingkat tinggi adalah dimana penginapan yang memiliki ruang kamar tidur yang sesuai dengan jumlah anggota keluarga yang kamu bawa. 


Itulah ketujuh tips libur natal dan tahun baru tanpa menghabiskan banyak dana. Mana nih kira-kira tips yang ingin kamu lakukan untuk langkah pertama sebelum hari libur tiba? anda lah yang menentukannya (Tiara)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update