Notification

×

Iklan

Iklan

Melihat Keamanan Pesta Demokrasi di Tengah Pandemi

Rabu, 09 Desember 2020 | 09.12 WITA Last Updated 2020-12-09T02:12:34Z

 

Pemilihan Kepala Daerah 2020 di tengah pandemi 

Bidikdotcom  Hari ini Indonesia mengalihkan pandangannya terhadap pemilihan umum serentak kepala daerah 9/12/2020 bukan sesuatu yang biasa namun ada hal istimewah dari penyelenggaraan pesta demokrasi yakni ada di tengah masa pandemi covid-19. 


Indonesia menghadapi krisis kesehatan sejak akhir Maret 2020 lalu hingga hari ini di bulan Desember  dalam euforia demokrasi yang penuh kehati-hatian. Kenapa demikian sebab pelaksanaan pemilihan serentak ini bisa saja menghadirkan penyebaran baru bila tidak ketatnya penerapan protokol kesehatan.


Masyarakat wajib pilih di himbau tidak golput dalam pemilihan kepala daerah kali ini namun pertanyaannya apakah rasa nyaman bisa di jamin oleh para penyelenggara KPU, Bawaslu dan Pemerintah sendiri untuk tidak terjadinya penyebaran baru dan sejauh mana kelengkapan pelindung diri disiapkan penyelenggara.


Inilah yang di kawatirtkan masyarakat sehingga ada kecenderungan meminta petugas penyelenggara pemungutan suara untuk datang ke rumah-rumah dalam melakukan pencoblosan.


Namun melihat kelengkapan dan persiapan oleh pihak penyelenggara pemilihan pemungutan suara kepala daerah tahun ini maka bisa di jamin keamanan masyarakat untuk datang ke TPS. sebab semua berhubungan dengan kontak fisik pemilih telah diantisipasi mulai dari sarung tangan dan pengukur suhu tubuh dan lainnya telah di siapkan.


Memang pemberitaan-pemberitaan media terhadap tingkat keamanan pemilihan serentak ini sering menjadi ukuran masyarakat, namun bila pemilih juga melakukan apa yang di sampaikan oleh pemerintah maupun penyelenggara pemilu maka di pastikan semuanya akan baik-baik saja.


Sebagaimana di sampaikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) bahwa pemilihan umum kali ini adalah pemilihan yang sehat sebab semua terkait dengan prosedur protokol kesehatan telah di siapkan dengan baik oleh pihaknya sehingga masyarakat tidak perlu takut datang ke TPS.


Ini terlihat dari masing-masing TPS telah menyiapkan segalah kebutuhan menyangkut penanganan kesehatan dari wabah penyakit berbahaya, Mulai dari tempat duduk yang telah diatur sesuai jarak, sebelum masuk harus mencuci tangan dan di periksa suhu tubuh serta sarung tangan.


Sangat terlihat benar-benar telah disiapkan dengan baik oleh para penyelenggara sehingga masyarakat tidak perlu kawatir datang mencoblos ke TPS sebagaimana undangan yang telah di edarkan dalam format C oleh pihak KPPS.


Pesta demokrasi di tengah pandemi covid-19 di tahun 2020 ini membuat pemerintah benar-benar secara efektif dan konsisten melakukan kontrol ke setiap TPS bahkan dengan bantuan  pihak kepolisian untuk memastikan bahwa protokol kesehatan dapat di terapkan sesuai dengan prosedur yang ada.


Dari apa yang diberitakan oleh Kompas TV pagi ini bahwa ketua KPU Arief Budiman melakukan kontrol dan pemantauan di beberapa titik pemungutan suara di Kota Tangerang Selatan untuk memastikan bahwa penyelenggaraannya sudah sesuai dengan protokol kesehatan.


Dari keseluruhan TPS tersebar di seluruh Indonesia di 270 daerah pemilihan semuanya telah menerapkan protokol kesehatan maka dipastikan bahwa masyarakat akan nyaman saat melakukan pencoblosan  sehingga tidak perlu kawatir untuk datang ke TPS.(bdc)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update