Notification

×

Iklan

Iklan

Menu Sarapan Pagi Yang Sehat dan Bergizi di Tengah Pandemi Covid-19

Sabtu, 19 Desember 2020 | 10.54 WITA Last Updated 2020-12-19T03:54:09Z

 

Ilustrasi gambar bidikdot

Bidikdotcom Bicara imun tentu tidak lepas dari ketahanan tubuh seseorang dalam menjaga stamina agar tetap fresh dan sehat dalam berkatifitas. Salah satu hal yang memberi efek terhadap ketahanan tubuh seseorang adalah pengaturan terhadap pola komsumsi makanan setiap hari.


Di tengah pandemi seperti saat ini ketahanan tubuh (imun) menjadi alternatif utama dalam rangka menghindari agar tidak terpapar dengan wabah virus berbahaya yang sementara melanda dunia termasuk Indonesia salah satunya.


Insan manusia perlu mengatur bagaimana cara memilih makanan bergizi dan seimbang untuk pribadi maupun keluarga secara menyeluruh dalam hal menjaga daya imunitas sehingga dapat bertahan dalam kondisi pandemi saat ini mulai dari sarapan pagi hingga makan malam.


Berikut ini adalah daftar menu yang mungkin bisa di jadikan refrensi dalam menjaga dan mempertahankan ketahanan tubuh khususnya untuk sarapan pagi. Sebab awal beraktifitas akan di dahului dengan menu sarapan, nah tentu kita perlu punya  yang namanya daftar menu walaupun tidak mahal-mahal amat tapi bukan murahan pastinya.


1. Buah-Buahan


Buah-buahan menjadi bahan makanan yang perlu di persiapkan saat anda akan sarapan pagi karena memiliki nutrizi tinggi yang dapat membuat tenaga tetap terjaga. Selain itu mengkomsumsi buah-buahan setiap pagi akan memberi energi aktif saat anda akan memulaikan aktifitas pekerjaan baik di dalam rumah maupun di luar rumah.


2. Roti / Pancake


Roti wajib anda siapkan sebagai bahan makanan berkarbohidrat sedang, karena di yakini akan memperlambat daya lapar anda saat bekerja dan ini sangat menyehatkan. Selain roti kue pancake dapat di jadikan pilihan menu sarapan pagi dengan kandungan karbohidrat yang yang tidak terlalu berat dan hindari untuk memakai selai coklat kerena bisa mempercepat rasa lapar anda.


3. Teh Seduh Daun Pala


Teh hangat yang di seduh dengan daun pala di yakini akan memberikan efek tambahan terhadap imunitas saat anda akan melakukan pekerjaan diluar rumah. sebab hangat yang keluar dari daun pala tersebut akan memperlancar peredaran darah dan membuat keseimbangan tenaga dalam tubuh lebih terjaga dan berkualitas.


4. Susu


Minuman yang satu ini pasti harus menjadi pelengkap dalam sarapan pagi anda sebab susu mengandung kalori tinggi dan dapat memberi tenaga ektra saat anda beraktifitas hanya saja tidak perlu berlebihan karena susu juga mengandung asam dan lemak jenuh maka pilihlah minuman susu menurut ukuran usia  anda.


5. Singkong Rebus / Nasi Putih


Singkong rebus maupun nasi putih bisa menjadi alternatif sarapan pagi anda untuk menjaga dan mempertahankan imunitas tubuh karena mengandung karbohidrat tinggi dan bisa di makan dengan ikan rebus atau kukus tanpa minyak dan bisa juga disandingkan dengan sambal ulek rendah lemak (tidak berminyak)


Sarapan ini bagi mereka yang bekerja sebagai kuli bangunan sebab harus mengeluarkan tenaga extra lebih sehingga butuh asupan karbohidrat. Hindari menyandingkan dengan makanan yang berminyak seperti gorengan maupun makanan lain berlemak tinggi karena bisa membuat seseorang cepat kelelahan saat beraktifitas intinya jangan mengkomsumsi makanan berminyak saat sarapan pagi apalagi nasi goreng.


Bagi mereka yang sering bangun jam 4 pagi untuk mulai beraktifitas hindari makanan yang satu ini karena akan mendatangkan rasa kantuk yang berlebihan tubuh terasa lemas dan akhirnya keseibangan imun bisa terganggu.


6.Bubur Sayuran


Makanan yang terbuat dari nasi yang di campur dengan berbagai jenis sayuran atau yang disebut dengan bubur sayuran bisa menjadi pilihan sarapan karena memiliki karbohidrat yang seimbang campuran sayuran seperti kangkung, jagung, daun bayam, labu kuning, kemangi akan mengurangi serapan karbohidrat dari nasi sebagai salah satu bahan baku.


Kalau di Manado ini disebut bubur manado dan bisa menjadi alternatif sarapan sehat apalagi bagi mereka yang vegetarian. Bahan-bahannya pun sangat mudah di temukan bisa di perkebunan maupun di pasar-pasar tradisional.


7. Granolla


Makanan satu ini merupakan campuran dari beberapa bahan seperti kacang mete, kismis, kelapa potong, gandum utuh, madu dan cooking cream dicampur menjadi satu lalu di oven dan cukup dimakan dengan di siram pakai susu fresh.


Jenis makanan satu ini sangat rendah karbohidrat namun cukup tinggi kalori sehingga dapat memberi efek 2 kali lipat untuk menahan rasa lapar dan memberikan daya tubuh tetap fresh saat beraktifitas.


8. Fritata


Makanan cukup simple ini bisa menjadi alternatif dalam menyiapkan sarapan pagi anda irisan sayur-sayuran di campur dengan kocokan telur dan di kukus atau di oven akan membuat daya tahan tubuh tetap berstamina saat di komsumsi karena tidak memiliki kadar minyak sedikit pun.


Mungkin itulah 8 refrensi makanan sehat dan bergizi sebagai menu sarapan pagi di era pandemi covid-19 yang bisa menjadi rujukan anda untuk menyiapkan sarapan bersama keluarga, Salam sehat semunya (bdc) 


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update