Notification

×

Iklan

Iklan

PDIP Kuasai Pilkada 2020 di Sulawesi Utara

Rabu, 09 Desember 2020 | 18.47 WITA Last Updated 2020-12-09T11:47:35Z

Para calon dari PDIP menang dalam hitungan cepat 9/12/2020

 

Bidikdotcom Hasil positif yang di raih oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulawesi Utara dalam ajang pemilihan kepala daerah secara serentak hari ini 9/12/2020 menunjukan bahwa partai berlambang banteng moncong putih itu masih sangat sulit di bumi nyiur melambai.


Fakta tersebut terlihat setelah dalam perhitungan cepat (quick count) lembaga survei Indonesia kepada ketiga pasangan calon kepala daerah yakni masing-masing Olly Dondokambey dan Steven Kandow selaku Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Joune Ganda dan Kevin Willian Lotulong sebagai Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara serta Maurits Mantiri dan Hengki Honandar.


Sebuah capaian cukup luar biasa yang ditunjukan oleh militansi pendukung dari partai berlambang banteng ini. dari perhitungan cepat lembaga survei seperti Charta Politika, Poltracking, LSI Denny JA, dan Indobarometer menunjukan perolehan diatas 50 persen dari ketiga kandidat tersebut.


Petahana Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Steven Kandow masih menjadi favorit pilihan warga kawanua dengan alasan program-program yang mereka jalankan di Sulut benar-benar dirasakan oleh seluruh rakyat baik didaratan maupun di pulau-pulau.


Sejauh ini ketiga kandidat calon kepala daerah yang di usung oleh 6 partai pendukung lainnya menjadi kekuatan yang tidak terbendung sebab dari beberapa survei sebelum pencoblosan bahwa memang nama-nama ini sudah di unggulkan untuk memenangkan pilkada serentak 2020 khususnya di Sulut.


Namun ada yang cukup mencolok dari pasangan calon gubernur dan wakil gubernur lain yakni Christiani Eugenia Paruntu dan Salim Sehan Landjar mendapat angka yang cukup signifikan dari perhitungan cepat lembaga survei yaitu 34,34%.


Dari prediksi sebelumnya pasangan nomor urut satu Partai Golkar dan PAN masih kalah tenar dari pasangan nomor urut dua yakni Vonnie Aneke Panambunan dan Hendrik Runtuwene yang di susung Partai Nasdem.


Namun fakta itu berbalik arah, calon partai Nasdem tersebut dalam hitungan cepat lembaga survei hanya mengantongi suara sementara 8,43% jauh diatas dari penantang lainnya yaitu calon pasangan gubernur nomor urut satu.


Meski sebelumnya PDI Perjuangan diterpa pemberitaan tak sedap atas beberapa kadernya yang tersangkut korupsi seperti Menteri Sosial Juliari Batubara, Bupati Banggal Laut tidak memberi pengaruh terhadap elektabilitas para calon yang di usung partai binaan Megawati Sukarno Putri.


Faktanya hari ini mereka menguasai pilkada 2020 khususnya di bumi nyiur melambai Sulawesi Utara, Tentu ini sebuah prestasi yang tidak mudah untuk dibangun butuh konstelasi maupun pendekatan politik secara santun sehingga para simpatisan tidak berpaling.


Dilansir dari salah satu media ternama di Sulut jika benar-benar KPU menetapkan pasangan Olly Dondokambey dan Steven Kandow memimpin lima tahun kedepan maka petahana mengajak dua calon lainnya untuk sama-sama membangun Sulawesi Utara tercinta.


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update