Notification

×

Iklan

Iklan

10 Cara Ampuh Mengingat Apa Yang Anda Pelajari

Sabtu, 02 Januari 2021 | 18.09 WITA Last Updated 2021-01-02T11:09:00Z

 

Editing gambar bididkdot sumber pixabay

Bidikdotcom Mengingat sesuatu yang pernah anda pelajari bisa dibilang gampang-gampang susah apalagi itu menyangkut catatan penting berkenan dengan sesuatu yang akan dibangun seperti contoh sederhana  dalam materi-materi untuk membuat sebuah website blog atau wordpress. atau  materi konseling kesehatan dalam bentuk webinar atau zoom.

Kedua hal tersebut malah akan lebih sulit lagi karena penjelasan dari narasumber kadang tidak bisa ditangkap dengan jelas dengan berbagai alasan seperti suara kurang tidak kedengaran , signal GSM yang dipakai sering kocar kacir dan lain sebagainya.

Baca Juga : Alasan Dibalik Logo 2021 Menggunakan Jam Analog 

Padahal materi yang kita ikuti suatu kelak akan menjadi hal penting dibutuhkan berkenan dengan apa yang akan kita buat nanti.

Itulah sifat alami manusia yakni "lupa" sering menjadi momok menakutkan saat kita bekerja atau mengikuti kegiatan-kegiatan seperti yang saya maksudkan diatas. Contoh lainnya bila kita memasak sesuatu didapur kemudian meninggalkan sejenak dan melihat pekerjaan lain dan pada akhirnya yang kita masak itu lupa diperhatikan.

Apa yang terjadi? pasti membuat makanan yang dimasak itu gosong dan rusak bahkan bila terlalu lama bisa membahayakan area dapur bila wadah yang dipakai memasak tersebut menyala.

Itulah sedikit gambaran bagaimana sifat lupa bisa membahayakan sekeliling kita...

Kita kembali lagi pada bahasan seputar yang dipelajari sering sulit di ingat dimana pada dasarnya seseorang bisa mengalami hal buruk tersebut apalagi sesuatu yang akan dibuat rentan waktu dari yang di pelajari cukup jauh

Misalnya hari ini 2/1/2021 kita akan membuat resep obat alergi kulit namun materi yang dipelajari di ikuti pada bulan Mei 2020 lalu, jelas anda akan mengalami kesulitan untuk mengingatnya jika tidak ada catatan-catatan kecil sebagai dokument pendukung apa yang akan dibuat.

Lantas apakah ini akan anda biarkan terus-menerus  dan menjadi pengganngu alami anda? tentu tidak! Kita butuh solusi mengatasi masalah yang namanya lupa itu.

Berikut 10 Cara Ampuh Mengingat Apa Yang Anda Pelajari 

1. Siapkan Buku Catatan

Menyiapkan buku catatan saat anda mengikuti materi baik online maupun ofline sangat disarankan sebab sangat berguna untuk mencatat hal-hal penting sehubungan akan anda buat di kemudian hari. Catatan-catatan penting bisa ditulis dibuku harian atau agenda anda dimana itu memudahkan anda untuk mengingat kelak bahwa itu akan dibutuhkan.

2. Simpan di Smarphone

Langkah kedua mengingat apa yang anda pelajari yakni menyimpannya didalam smarphone. Saat ini gawai canggih dipakai masyarakat Indonesia telah dilengkapi dengan catatan harian baik yang sudah tersedia langsung dalam smartphone  maupun di google play atau app store.

3. Flash Disk

Piranti mungil ini bisa dijadikan sarana untuk menyimpan materi-materi penting dari apa yang dipelajari selain mudah digunakan benda ini juga dapat dibawa kemana anda pergi.

4. Sosial Media

Facebook adalah salah satu akun mini memiliki aplikasi histori yang dapat anda gunakan menyimpan materi atau catatan penting sehubungan yang sudah anda pelajari sehingga saat berselancar di dunia maya anda bisa mampir untuk membaca ulang apa yang pernah di pelajari.

5. Google Drive

Aplikasi dokument milik google bisa diminimalisir menyimpan data bersifat umum anda sehubungan dengan catatan penting agar kemudian hari bisa itu bisa menutupi saat anda mengalami kelupaan.

6. Blog atau Wordpress

Bai anda saat ini menggunakan blog dan wordpress sebagai website bisa memakai dua platform ini untuk menyimpan data penting anda sehubungan dengan materi yang di ikuti. sehngga kelak bila anda lupa bisa langsung melihat di halaman web anda.

7. Papan Bingkai 

Kenapa papan bingkai masuk cara ampuh agar hal yang kita pelajari tidak dilupakan dan mudah di ingat karena setiap saat bisa dilihat.

Caranya tulis catatan penting tersebut dalam selembar kertas yang sudah anda ukur dengan potongan bingkai bingkai kemudian masukan dalam bingkai dan gantung dimana anda merasa nyaman melihatnya bisa di dapur ataupun di kamar anda.

8. Dompet 

Karena dompet sering anda bawa kemana-mana maka bisa dipakai menyimpan data penting anda dalam bentuk catatan pada selembar kertas tebal. jangan menggunakan kerta HVS sebab rentan rusak.

9. Kaleng Stoples

Ini mirip seperti kaleng celengan tulislah semua materi penting anda yang mungkin sementara waktu tidak dibutuhkan lagi. taruh saja dalam kaleng stoples tersebut dan letakan dimana gampang untuk dilihat dan mudah di temukan.

10. Otak Anda 

Inilah poin yang paling penting yakni otak anda (IQ) semua sudah anda lakukan cara penyimpanannya supaya kelak anda punya data untuk melihatnya kembali. Namun anda perlu nalar tinggi untuk menghafal, mengingat secara konsisten apa yang anda pelajari.

Bacalah berulang-ulang atau secara berkala menurut waktu anda sebab semakin anda dalami materi tersebut semakin membuat anda mudah memahami apalagi itu berkenan dengan profesi seorang guru yang memang butuh daya ingat mumpuni dengan latar belakang kurangnya media belajar seperti buku pembimbing dan lainnya.

Poin 2-7 tidak perlu dipaksakan dengan data privacy penting anda seperti nomor rekening, akun walet, Dana dan lain-lain sebab rentan berbahaya (dibobol)

Baca Juga : 10 Pahlawan Sosial Dalam Dunia Kerja Kurang Disorot Media

Itulah sepuluh cara ampuh mengingat apa yang pernah anda pelajari sehubungan dengan sifat alami manusia yakni lupa dan ini tak bisa dihindari pasti akan dialami oleh seseorang tetapi dari kesekian back up diatas sudah anda lakukan maka niscaya akan ada masalah, jikalau pun ada sifatnya hanya kecil saja. (Bang Deny)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update