Notification

×

Iklan

Iklan

Google Akan Hapus Konten Email Tidak Aktif Selama Dua Tahun

Kamis, 28 Januari 2021 | 11.15 WITA Last Updated 2021-11-12T07:32:13Z

 

Ilustrasi gambar by bidikdot

Bidikdotcom Baru-baru ini google memberitahukan lewat kiriman surat elektronik kepada penggunanya diseluruh dunia mengenai penghapusan konten bagi akun yang sudah tidak aktif selama 2 tahun atau kuota konten dalam email melebihi dari apa yang ditetapkan browser nomor satu dunia ini.


Dalam pemberitahuan tersebut google menyebut dua akun ternamanya yang familiar dipakai oleh pengguna yakni Gmail dan Google Drive dimana kedua akun ini akan menjadi prioritas utama perusahaan browser dan ads ini melakukan penghapusan.


Baca Juga: 10 Cara Mumpuni Menaikan Traffic Blog dan Bertahan di Halaman Depan Google


Penghapusan konten tersebut meliputi dokumen, spreadsheet, slide, gambar, folmulir dan dan jamboard. Penerapan kebijakan baru ini dari pihak google mengikuti perkembangan dengan praktek industri


digital saat ini berkembang pesat  termasuk algoritme yang secara berkala mengalami perubahan tanpa sepengetahuan pengguna.


Pemberlakuan ini dimaksudkan untuk memberikan kenyamana bagi para pengguna sehingga tidak terjadi pelanggaran penyalagunaan akun.


Penghapusan konten berlaku bagi akun yang sudah tidak aktif selama 2 tahun atau tidak lagi melakukan login sesuai rentan waktu yang diberikan oleh pihak google dan selanjutnya penghapusan konten berlaku bagi akun yang telah melebihi kuota konten.


Kuota konten dalam akun Gmail dan Google Drive sebagaimana kebijakan hanya 15 GB yang disediakan pihak google.


Meski demikian para pengguna tidak perlu risau karena saat pemberlakuan penghapusan konten tersebut Gmail maupun google drive masih akan tetap aktif dan bisa melakukan login seperti biasanya yang akan dihapus hanya konten dalam isi akun tersebut.


Pemberlakuan penghapusan ini akan dimulai pada 1 Juni 2021 mendatang sehingga para pengguna akun gmail yang mengolah blog segera melakukan sortir dokumen agar tidak terhapus total atas pemberlakuan ini.


Langkah-langkah antisipasi :


Para blogger sangat identik dengan akun ini maka dengan itu perlu langkah untuk menjaga agar tidak kehilangan data sebelumnya telah disimpan dalam gamail maupun drive.


1. Pilihlah dokumen yang penting untuk diambil


2. Hentikan untuk sementara waktu langganan kiriman surat pembaca agar ruang konten tetap ada.


3. Hentikan menautkan notifikasi dari sosial media


4. Semua konten berjenis iklan dihapus melalui setting google crome


5. Jangan berlangganan dokumen berjenis gambar maupun video.


Saat penghapusan konten google sebagaimana penjelasan diatas tiba yakni Juni 2021, pihak google tidak serta merta akan langsung menghapusnya namun akan didahului dengan pemberitahuan dalam bentuk notifikasi di akun anda.


Namun demikian keseluruhan kebijakan google tersebut akan mulai diterapkan pada 1 Juni 2023 dan berlaku hanya bagi personal akun saja. Kebijakan penyimpanan benar-benar sesuai dengan yang disediakan google berikut penjelasannya sehingga pengguna dapat lebih teliti dokumen mana saja bisa disimpan sesuai ruang yang disediakan.


Kadang pengguna sering dibuat bingung dengan penerapan kebijakan pihak google ada yang secara tiba-tiba ada juga dengan rentan waktu cukup panjang durasi waktunya.


Baca Juga : 3 Konten Populer Paling Dicari Orang di Internet


Tetapi semua untuk keamanan dan kenyamanan penggunanya sebagai pengguna blogger segeralah melakukan beberapa langkah seperti ditulis tadi agar sebelum waktu penghapusan data penting sudah bisa diamankan. (bung deny)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update