Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Hindari Kejadian Alam Tak Diduga Dengan 7 Tips Berikut

Minggu, 17 Januari 2021 | 15.36 WIB Last Updated 2021-01-17T08:36:51Z

 

Ilustrasi gambar banjir sumber pixsbsy

Bidikdotcom Memasuki tahun baru 2021 Indonesia mulai disuguhi dengan berbagai bencana alam dimulai dengan banjir dan tanah longsor akibat intensitas curah hujan  yang cukup tinggi, kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182, gempa bumi di Sulawesi Barat.

Di Pulau Jawa Sumedang dan sekitarnya di awal Januari terjadi tanah lonsor karena derasnya hujan dan menewaskan sekitar 16 korban jiwa, 14 Januari Kalimantan Selatan memakan korban belum di ketahui Jumlahnya, 15 Januari gempa bumi menimpa Mamuju serta Majene dua Kota besar di Sulbar.

Baca Juga : Banjir dan Tanah Longsor Kepung Wilayah Manado 4 Orang Korban Meninggal Dunia

16 Januari Kota Manado Sulawesi Utara diterpa banjir dan tanah longsor akibat hujan seharian dan menewaskan 6 korban jiwa dan satu korban sementara dievakuasi serta 500 penduduk mengungsi.

Itulah sedikit uraian sederat kejadian bencana alam yang mungkin lain tidak tercatat mengawali perjalanan panjang tahun 2021.

Semua kehidupan manusia telah diatur oleh sang Kuasa mulai dari hidup hingga matinya, tetapi manusia juga diberikan bijaksana melebihi dari mahkluk lainnya untuk dapat memberikan rasa nyaman pada dirinya maupun orang lain.

Beberapa hal mengakibatkan kecelakaan dari bencana alam mungkin saja karena ketidak sigapan manusia dalam mewaspadai lingkungan sekitar yang berpotensi membawa bencana bahkan maut diluar dugaan dan prediksi manusia.

Berikut ini beberapa tips sederhana menghindari kejadian alam yang tak diduga oleh kita sebagai manusia apalagi pada malam hari dan subuh dinihari berkaitan dengan wilayah tempat tinggal dikelilingi bentangan pengunungan dan dataran.

1. Tidur Berpakaian Yang Benar dan Lengkap

Bagi anda yang sering berpakaian tidak karuan saat didalam kamar perlu memperhatikan hal ini saat cuaca alam dalam keadaan tidak bersahabat apalagi curah hujan malam hari sudah melebihi 2 jam perlu adanya kesigapan ekstra dan harus diberitahukan kepada seluruh anggota keluarga

2. Baterei Handphone Terisi Cukup bahkan Senter Sudah Stanby

Mengantisipasi dilokasi anda terjadi pemadaman lampu saat hujan lebat handphone anda perlu diperhatikan dan harus terisi penuh jika punya senter charger diisi secukupnya juga, sebab area dimana anda berpijak mengalami gelap tidak akan mengkawatirkan bila poin kedua ini telah siap.

Sebab kegelapan bisa mendatangkan bahaya terhadap keselamatan anda dan keluarga seandainya akan ada pemadaman lampu.

3. Jangan Mengunci Pintu Kamar

Bila akan tidur dikamar usahakan jangan mengunci pintu kamar bahkan biarkan sedikit terbuka sehingga bila terjadi sesuatu tak terduga dari alam sekitar tempat kita tinggal dengan cepat kita bisa keluar dan mengamankan diri.


4. Tidur Jangan Pakai Headset dan Selalu Terjaga

Ini harus benar-benar dihindari jangan sekali-kali menggunakan headset saat anda tidur dengan cuaca alam ekstrim dan jangan tidur dengan sesuka hati sering-sering terjagalah dengan memasang alarm setiap satu jam dari hanphone anda.
 

5. Seluruh Barang Berharga Termasuk Persuratan Taruh ditempat Yang Mudah Diambil

Poin kelima sebagai persiapan berjaga-jaga seandainya itu bisa sesegera dapat dicapai namun jikalau tidak bisa dipaksa tidak ada masalah tetapi perlu untuk disiapkan sehingga saat ada kesempatan anda dapat dengan leluasa mengambilnya.

6. Mobil Atau Motor Diparkir Dengan Kepala Mengarah Kejalan 

Jika kendaraan bermotor ini akan membantu anda maka cara parkirnya harus tetap mengarah kebagian jalan kepalanya atau bagian depannya dan usahakan melepas kunci muda dilihat dan diingat.
.
7. Siapkan Beberapa Potongan Pakaian Dalam Tas 

Bila anda merasa situasi keamanan lingkunagn anda sudah membahayakan akibat curah hujan cukup tinggi dan bisa berakibat pada pengungsian siapkan beberapa potongan pakaian termasuk pakaian dalam anda untuk bertahan hingga 2-3 hari kedepan.


Itulah ke 7 tips sederhana menghindari kejadian alam yang tak terduga sewaktu-waktu mengancam keselamatan anda, sekiranyan ini bermanfaat dan tetap waspada serta panjatkan doa kepada Tuhan yang Maha Kuasa agar kita terhindar dari bencana dan maut. (bung deny)

×
Berita Terbaru Update