Notification

×

Iklan

Iklan

Joe Biden-Kamala Harris Resmi Pimpin Amerika Serikat, 3 Mantan Presiden Ikut Acara Pelantikan

Kamis, 21 Januari 2021 | 13.21 WITA Last Updated 2021-02-13T08:23:54Z

 

Joe Biden-Kamala Harris Presiden dan Wakil Presiden Amerika Foto:twitter @joebiden

Bidikdotcom-Internasional Mata dunia tertuju pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat Rabu 20/1/2021 sebab sejarah Amerika mengukir bahkan dunia, baru pemilihan Presiden 2020 diwarnai dengan beberapa gejolak yang dihasilkan dari ketidak puasan petahana yang menuding pemilahan sarat dengan kecurangan hingga kekacauan di Capitol Hill dalam rangka sidang senat untuk menetapkan Presiden dan Wakil Presiden terpilih.


Setelah melewati berbagai proses akhirnya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat Joseph Robinetted Biden Jr dan Kamala Harris resmi ditetapkan dan dilantik sebagai pemimpin baru Amerika kedepan. Pelantikan berjalan dengan sangat hikmat dan penuh haru meski hanya dibatasi orang yang hadir dalam pelantikan tersebut.


Baca Juga : Kongres Amerika Sahkan Joe Biden Jadi Presiden, Trump Coreng Demokrasi


Dalam sambutan pertamanya Presiden Biden merasa terpanggil untuk melakukan pencegahan secepatnya atas covid-19 yang telah membawa dampak duka yang mendalam bagi seluruh rakyat Amerika, berikut kutipan sambutannya :


"Malam ini, di Washington, DC dan di seluruh negeri, kami berkumpul untuk menghormati lebih dari 400.000 orang Amerika yang telah kami hilangkan karena COVID-19. Setahun terakhir telah menguji kita dengan cara yang tak terbayangkan, tapi sekarang saatnya kita mulai menyembuhkan dan mengatasi bersama" ungkap Biden.


Baik yang ikut langsung dalam acara pelantikan (inaugurasi  biden) maupun yang ikut menonton live dari layar kaca televisi merasa sangat terbawa emosi bahkan ada dari beberapa orang mengeluarkan air mata. 


Masyarakat Amerika Serikat sangat menggantungkan harapan bagi mantan Wakil Presiden era Presiden Barack Obama ini untuk membawa Amerika pulih kembali dan tanpa ada yang terkotak-kotak. ia pun menambahkan dalam sambutannya bahwa ia dan wakilnya akan menjadi pemimpin untuk seluruh rakyat Amerika baik berkulit putih maupun berkulit hitam.


Diketahui isu rasisme sering menjadi perdebatan sengit dikalangan masyarakat Amerika saat Donald Trump memimpin negeri Pamansam itu hal ini juga menjadi senjata Biden menyudutkan Trump saat kampanye 2020 lalu.


Sehingga Biden dengan tegas menyatakan komitmennya terhadap konstitusi dan kerukunan sosial ditengah masyarakat bangsa dan negara untuk dijalankan dengan seadil-adilnya. ditetapkannya Joe Biden sebagai Presiden Amerika pada Rabu malam waktu setempat langsung memberi dampak positif terhadap perekonomian dalam negeri beberapa saham ternama menguat dengan posisi signifikan saat wall street mengumumkan saham perdagangan Amerika menguat.(VOA)


Tidak sampai disitu seteru Amerika dalam dunia bisnis dan ekonomi Tiongkok pun sangat menyambut baik trend positif yang terjadi di pasar dagang meskipun terjadi saat pelantikan Presiden. Beberapa pakar ekonomi memprediksikan bahwa kerja sama perekonomian antara Amerika-Tiongkok akan terjalin dan sehat kembali saat Biden memimpin Amerika.


Trend ini pun berlaku pada bursa perdagangan Indonesia jika prediksi itu akan terjadi maka Indonesia akan mejadi salah satu negara proyeksi Amerika dalam menanamkan modal usaha mereka sebab antara Indonesia, Amerika dan Tiongkok memiliki hubungan cukup positif dalam dunia bisnis dan ekonomi.


Ikut hadir dalam pelantikan Presiden semalam  3 mantan Presiden Amerika sebelumnya yakni George Bush, Bill Clinton dan Barack Obama bahkan wakil Presiden petahana Mike Pence ikut dalam acara pelantikan tersebut.


Sementara mantan Presiden Donald Trump memilih tidak ikut dalam inaugurasi Biden itu, namun sang petahana memberikan ucapan selamat untuk bertugas kepada pemimpin Amerika yang baru walaupun tidak menyebutkan nama dari Joe Biden dan Kamala Harris.


Dalam pelantikan presiden Amerika Serikat kali ini sangat spektakuler meskipun acara diramu sesuai protokol kesehatan Covid-19 sebab dihadiri oleh artis-artis papan atas Amerika seperti Tom Hawkins, Lady Gaga, Jenifer Lopez bahkan lainnya.


Sangat berbeda dengan pelantikan Presiden sebelumnya para artis diundang namun kali ini dari para selebriti sendiri yang menawarkan untuk mengisi acara pelantikan tersebut walau harus lewat seleksi oleh panitia pelaksana pelantikan.


Baca Juga : Facebook Blokir Sementara Akun Donald Trump


Meski dengan euforia sederhana dalam perayaan menyambut Presiden dan Wakil Presiden Amerika yang baru penjagaan di sekitar Capitol Hill cukup ketat dan dijaga oleh petugas keamanan secara berlapis. 

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update