Notification

×

Iklan

Iklan

Sayur dan Buah Dapat Menetralisir Asam Urat Dalam Tubuh

Selasa, 19 Januari 2021 | 15.22 WITA Last Updated 2021-02-03T12:51:45Z

 


Bidiksehat Asam Urat merupakan penyakit yang menyerang bagian persendian dari tubuh manusia yang tidak bisa diabaikan secara sepele sebab jika seseorang mengalaminya dan sudah masuk pada taraf akut maka penyakit ini bisa membahayakan nyawa seseorang atau si penderitanya.

Maka dengan itu kenali sejak dini ciri-ciri penyakit asam urat yang menyerang seseorang atau anggota keluarga anda. Biasanya bagian tubuh yang sering mengalami kesakitan adalah kaki dan jari-jari serta persendihannya dimana akan telihat membengkak dan terasa nyeri.

Baca Juga : Manfaat Minyak Dodol Wajik Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Bahkan bila seseorang yang telah akut asam urat maka pergelangan dan persendian tangan akan mengalami bengkak dan sering mengeluarkan sat kapur yang efek tidak enaknya adalah sulit untuk menggerakan beberapa bagian tubuh 

Dari berbagai sumber menjelaskan bahwa penyakit asam urat diakibatkan oleh komsumsi makanan dan minuman yang berlebihan  dan secara tidak beraturan digunakan dalam berbagai aktifitas seperti suka minuman bersoda makanan siap saji, makanan berminyak,  kurang minum air putih, komsumsi alkohol berlebihan, suka tidur ditempat-tempat yang dingin.

Asam urat bila tidak diobati sejak dini akan menciptakan penyakit kronis lain yang membahayakan seperti gagal ginjal, asam lambung tinggi dan pandangan mata menjadi buram.

Beberapa alternatif  buah dan sayur bisa menjadi pilihan untuk menetralisir bila seseorang terkena penyakit persendiah ini

Berikut ini sayur dan buah dapat memberi keseimbangan bagi penderita Asam Urat agar tidak terjadi pembengkakan serius pada persendian kaki maupun tangan :

1. Wortel 

Wortel mengandung serat yang bisa menahan proses pembengkakan pada persendian tubuh dimana terkena asam urat. Sayuran padat ini dikomsumsi dengan cara direbus, ditumis dan dibuat soup dan untuk memasak memakai minyak penderita dapat menggunakan minyak zaitun atau minyak salad.

2. Pitsai / Sawi Putih 

Sayur Pitsai memiliki kandungan karbohindrat yang sangat rendah sekali dan lebih dominan menghasilkan air saat dimasak sehingga sangat baik bagi penderita asam urat untuk mengkomsumsi sayur ini kedua manfaat sayur ini bagi penderita adalah dapat mengurangi pembengkakan pada bagian persendian.

3. Anak Jagung (baby corn)

Anak Jagung juga sangat baik untuk menetralisir kandungan kapur yang dihasilkan  asam urat dalam tubuh penderita. Cara mengolahnya pun sangat simpel yakni cukup didihkan air panas dengan diberi garam secukupnya dan rendam buah anak jagung tersebut kira-kira selama 5 menit.

4. Labu Siam / Ketimun Jepang

Labu Siam merupakan sayuran berkadar air cukup tinggi dan sangat baik untuk asam urat cara mengolahnya juga bisa dibilang tidak terlalu sulit cukup tumis dengan bawang putih dan dicampur dengan seledri dan bawang batang tidak perlu memakai lada putih.

5. Pare

Sayuran rayap ini juga memiliki senyawa  istimewah dengan kandungan pahit yang cukup menonjol juga sangat baik untuk dikomsumsi penderita asam urat hanya saja jika seseorang mengalami penyakit asam lambung  tidak perlu mengkomsumsi sayuran ini.

Itulah beberapa sayuran alternatif menjadi pilihan jika seseorang terkena asam urat berikut adalah buah yang juga bisa menjadi pilihan bagi penderita.

1. Semangka 

Buah semangka cukup baik bagi penderita asam urat karena mengandung vitamin B1 dan cukup untuk menetralisir terjadinya pembengkakan. Sebab asam urat juga bisa mengakibatkan penderita kekurangan sel darah merah dan buah paling baik adalah buah Semangka.

2. Buah Naga

Buah Naga merupakan buah pilihan dari setiap penderita sakit kronis seperti diabetes, kekurangan kalium, jantung termasuk penderita asam urat. buah ini bisa ditemukan dipasar-pasar rakyat maupun di swalayan terdekat atau juga anda bisa membuat taman kecil untuk budidaya buah ini.

3. Pisang Masak

Pisang masak juga bisa menetralisir asam urat dalam tubuh dan memberi keseimbangan pada peredaraan darah sehingga mampu menahan proses cepat pembengkakan persedian baik bagian kaki maupun bagian lengan.

4. Strawberry

Buah musim dingin ini juga sangat bagus untuk menetralisir kandungan asam yang dihasilkan dari pembengkakan pada bagian tubuh. Cara komsumsinya bisa langsung dimakan fresh maupun dimasak lewat pembuatan kue atau juga di olah menjadi minuman segar dan bergizi.

5. Kelapa Muda Merah

Air kelapa muda dan dagingnya sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan bisa di komsumsi untuk semua jenis penyakit. kandungan gizi yang sangat tinggi dari kelapa muda merah memberi efek sangat baik dan dengan cepat mengurangi pembengkakan persendian dihasilkan akibat asam urat.

Bagi penderita asam urat yang sudah akut hindari komsumsi sayuran berjenis kacang-kacangan, sayur bayam, daun singkong, caisin, pok coy, kentang, serta jenis makanan dengan karbohidrat cukup tinggi.

Kurangi juga komsumsi makanan berjenis sefood seperti kerang, lobster, cumi dan ikan Kakap sebab beberapa makanan seafood ini memiliki kandungan kolesterol sangat tinggi dan tidak baik bagi penderita asam urat.

Baca Juga : Kaktus Jelly Solusi Herbal Gondok Dalam

Itulah beberapa alternatif sayur dan buah yang bisa menetralisir asam urat dalam tubuh versi bidiksehat semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan.

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update