HEADLINE NEWS

Gelombang 12 Kartu Pra Kerja 2021 Resmi Dibuka Peserta Wajib "Patuhi" Ketentuan Berikut

 

Ilustrasi gambar pra kerja


Bidikdotcom Pemerintah lewat Kementerian Tenaga Kerja resmi merilis pembukaan gelombang ke-12 Kartu Pra Kerja 2021 setelah berhasil di tahun 2020 lalu dengan mencapai kuota hampir 7 juta peserta.


Pra Kerja tidak hanya sebagai simbol program dalam wacana kampanye Presiden Joko Widodo pada pemilu 2019 silam tetapi sudah menjelma bagai jamur diwaktu hujan dengan landscape penuh keindahan.


Itulah kenapa Pra Kerja hari ini menjadi buruan para pencari kerja karena sasaran dan tujuan dari program ini benar-benar terlaksana sebagaimana amanat undang-undang. Tidak hanya menyangkut pemenuhan kebutuhan hidup soal makan minum dengan kiriman uang sebesar Rp 600.000, 


tetapi program ini berhasil menciptakan jutaan keahlian dari berbagai bakat orang mengikuti pelatihan, termasuk admin pengola situs ini. 


Bila dihitung dengan semua peserta yang ikut program ini sudah berhasil lolos dan telah menjadi penerima kopensasi bantuan serta yang belum menerima bantuan hampir tiga kali lipat dari patokan kuota oleh pemerintah.


Tahun 2020 kouta tersedia untuk kepesertaan program ini sebesar 6 Juta orang, sedangkan total pendaftaranya sekitar 18 juta orang. sebuah angka yang cukup tinggi dari jaminanan ketenaga kerjaan.


Memang diakui saat tahun 2020 Indonesia diperhadapkan dengan pandemi Covid-19 namun lepas dari semua itu Pra Kerja telah memberikan sebuah perubahan dalam mendantangkan kesejahteraan. kedua pemenuhan pemerintah mengentaskan kemiskinan berhasil meskipun hanya kecil jika di bandingakan jumlah penduduknya hampir mencapai 300 juta orang.


Tentu bagi yang baru mendaftar bisa dibilang gampang-gampang susah tetapi sistem dari kriteria penerapan program ini sangat mudah untuk diikuti.


Kenapa banyak peserta yang tidak lolos seleksi pada gelombang 1-11 tahun 2020 dikarenakan ketelitian kurang diperhatikan dalam mengisi formulir mulai dari nomor NIK maupun data diri lainnya, kedua pengambilan foto kabur sehingga sistem tidak mengenalinya.


Untuk mendapat peluang menjadi peserta dari Kartu Pra Kerja anda dapat memperhatikan krteria berikut sebagaimana syarat dan ketentuannya :


1. Warga Negara Indonesia 


2. Berusia 18 Tahun 


3. Tidak berstatus masih sekolah atau kuliah


4. Tidak sebagai penerima bantuan seperti PKH, BLT dan lainnya.


5. Belum pernah bekerja atau  di PHK, 


Selanjutnya jika sudah ada dalam pengisian jawaban disitu ada 25 pertanyaan upayakan dijawab dengan benar semuanya.


Hindari untuk tidak mengisi pertanyaan tersebut karena anda akan dianggap tidak memiliki keseriusan dalam mengikuti program tersebut dan langsung di diskualifikasi.


Upayakan dari 25 pertanyaan tersebut anda bisa menjawab dengan benar 20 pertanyaan. Sebab ini semacam ukuran kualitas anda selanjutnya sebagai pemegang kartu pra kerja.


Jika semua kriteria diatas terpenuhi maka silahkan isi nomor induk Kartu Keluarga anda dengan benar sekali lagi jangan salah usahakan mengisinya tidak terburu-buru.


Bila semua proses pengisian formulur selesai dengan baik anda tinggal menunggu konfirmasi pemberitahuan bahwa gelombang 12 telah dibuka dan pemberitahuannya melalui dashboard website pra kerja menurut akun yang anda daftarkan dan disana tertera kolom bertuliskan "Gabung".


Pemberitahuan itu juga akan terkirim ke alamat email anda.


Bila status anda diterima maka langkah selanjutnya mengikuti pelatihan dengan dana sebesar Rp 1000.000 ini untuk pembelanjaan materi yang akan anda ikuti.


Terserah anda ingin ambil paket harga berapa sesuai dengan skil dan bakat anda dan hindari ikut-ikutan jadilah diri sendiri, dan seterusnya sesuai petunjunk dari pemberi materi. Usahakanlah mengikuti materi dengan baik dan catat semua hal berkenan dengan ketidak tahuan anda untuk diajukan pertanyaan pada vendor penyedia materi.


Nantinya anda akan mendapat sertifikat pelatihan dari vendor pemberi pelatihan sebagai bukti bahwa anda telah layak menerima bantuan Pra Kerja sebesar Rp 600.000 x 4 bulan. bagi yang belum ikut program ini silahkan mendaftar di Kartu Prakerja dan ikuti petunjuk selanjutnya atau kunjungi website prakerja.go.id. 

Penulis Deny Sondoh




 




Previous
« Prev Post
Show comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *