Notification

×

Iklan

Iklan

Lagu Masamper Terpesona Jadi Trending di Acara TV

Jumat, 26 Februari 2021 | 09.33 WITA Last Updated 2021-02-26T02:33:27Z

 

Ilustrasi gambar Perlombaan Masamper di Tondano 2019

Bidikdotcom Masamper merupakan salah satu budaya tarik suara asal Nusa Utara atau dari Kepulauan Sangihe dan Talaud. lagu-lagu masamper dipakai dalam perlombaan-perlombaan atau dalam acara-acara adat warga maupun kegiatan resmi pemerintah.


Kini dengan adanya teknologi berbasis aplikasi lagu masamper dijadikan sebagai komsumsi umum masyarakat Indonesia dimana sebelumnya lagu-lagu masamper ini kurang dilirik alias tidak disukai.


Baca Juga : Kisah Perselingkuhan Nissa Sabyan dan Ayus Bikin Geger Jagat Maya


Padahal dari segi sajian iringan musik lagu-lagu masamper cukup enak didengar apalagi dijadikan sebagai iringan olahraga Zumba hanya saja memang keterterikan masyarakat terhadap budaya ini masih kurang mendapat tempat.


Namun belakangan ini lagu masamper mulai mengisi acara-acara televisi setelah jadi ternding dan viral dimedia sosial Tiktok dan Facebook setelah "Terpesona"membuming diawal tahun 2021.


Lagu Terpesona merupakan ciptaan dari Semuel Takatelide seorang musisi lokal berdarah Sangihe tetapi sudah menetap di Kota Manado ia juga merupakan pemerhati budaya Masamper yang ada di bumi Nyiur Melambai ini.


Tidak sedikit lagu-lagu masamper yang sudah diciptakannya dalam rangka perlombaan maupun rekaman di studio dibuat oleh personil Nasaret 2000 ini.


Menurut Semuel dalam ungkapannya hasil wawancara beberapa media Sulut lagu Terpesona merupakan ciptaan album pertama group vocal masamper Nasaret 2000 pada akhir tahun 1999.  ia mengakuinya bahwa lagu ini sering dinyanyikan dalam acara-acara masyarakat seperti di Tulude, Pernikahan dan lainnya.


Personil Group Masamper ST25 ini pun tidak menyangka lagu Terpesona ciptaannya tersebut masuk daftar lagu budaya yang viral di Sosial Media.


Dan menurutnya ini adalah penghargaan luar biasa tidak hanya pada dirinya tetapi bagi seluruh masyarakat Sulawesi Utara khususnya warga Sangihe pecinta masamper tuturnya merendah.


Lagu Terpesona sering di nyanyikan atau diputar dalam acara-acara tv seperti pada Insert Pagi di TransTV dan di acara talk show lainnya dengan tema acara viral.


Semuel juga berharap tidak hanya sebatas saat viral saja lagu Terpesona ini disukai tetapi seterusnya ada kesadaran dari masyarakat bahwa harus punya jiwa bangga dengan budaya sendiri apalagi warga Sangihe sendiri.


Baca Juga : SMSI Gmim 2021 Angkat Isu Revisi Tata Gereja Menuai Penolakan


Jebolan group masamper Putra Galangan itu berterima kasih bagi mereka yang sudah memperkenalkan budaya masamper lewat lagu ciptaanya  itu. semoga kedepannya lagu-lagu masamper akan dicintai masyarakat bukan hanya warga Sulut tetapi seluruh Indonesia. (bdc)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update