Notification

×

Iklan

Iklan

Manfaat Cangkang Biji Pala Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Sabtu, 13 Februari 2021 | 20.29 WITA Last Updated 2021-02-15T11:50:06Z

 

Cangkang Biji Pala Foto bidikdot

Bidikdotcom Buah Pala merupakan salah satu komoditi andalan Indonesia terhadap peningkatan ekonomi rakyat sejak beratus tahun lalu. Negara penjajah seperti Portugis, Belanda dan Jepang memiliki ketertarikan istimewah terhadap mutu rempah kering tanah air.


Bahkan hingga hari ini Indonesia menjadi negara Asia Tenggara pengeksport pala biji kering keberbagai benua baik itu Asia, Eropa Amerika maupun  Afrika. Indonesia di juluki sebagai rumahnya rempah kering terbaik dari seluruh dunia.


Namun daya beli pada masyarakat sebagai petani pala masih sangat rendah padahal nilai ekspor punya daya jual tinggi, mungkin ini sedikit gambaran keistimewaan dari salah satu  rempah tropis yang dimiliki oleh Indonesia.


Buah pala memiliki berbagai jenis kegunaan yang dapat dimanfaatkan untuk mendantangkan nilai ekonomi bagi para petani tidak hanya kulit dan bijinya saja.


Mulai dari buah meski itu asam pekat rasanya bisa dimanfaatkan sebagai cemilan mengasikan saat bersantai dengan mengolahnya menjadi buah pala asam manis. Buah pala ini sering dijadikan sampah oleh beberapa petani padahal punya nilai ekonomis.


Selanjutnya cangkang biji pala, kulit keras yang dihasilkan dari bijian pala saat mengeluarkan isinya sudah dianggap sebagai sampah yang tidak berguna lagi oleh petani. Padahal manfaat kegunaan terhadap kesehatan tubuh memiliki khasiat yang cukup bernilai.


Apa-apa saja manfaat cangkang biji pala terhadap kesehatan, berikut ulasannya :


1. Menghilangkan Influenza 


Cara menggunakannya : siram sedikit dengan minyak kayu putih cakang biji pala dan bakar hingga menghasilkan bara, asap dari bara tersebut diusapkan kebagian hidup dengan memakai tangan atau kain dengan panas secukupnya.


2. Menghilangkan Wajah Pucat Bagi Wanita Yang Baru Melahirkan 


Bagi wanita yang baru melahirrkan cangkang biji pala sangat baik untuk menghangatkan tubuh, cara menggunakannya bakar dahulu batok kelapa yang sudah kering (tempurung) hingga menjadi bara kemudian tambahkan cangkang biji pala kedalam bara tadi dan lakukan dengan menghangatkan tubuh mulai dari daerah kewanitaan hingga seluruh bagian tubuh.


lakukan berulang-ulang sampai wajah pucat anda benar-benar hilang


3. Menghilangkan Nyeri Otot 


Caranya sama bakar cangkang biji pala dengan bara tempurung secukupnya bila bara sudah siap  dekatkan handuk kecil atau kain dekat bara sampai panas dan tempelkan pada bagian tubuh yang terasa nyeri sambil usap perlahan.


Asap yang dihasilkan dari cangkang biji pala akan sedikit terasa nyeri bila kena mata tapi tidak ada efek samping. selain itu juga manfaat dari seringnya membakar cangkang biji pala di area halaman rumah akan mengusir nyamuk  yang berkeliaran di lingkungan tempat kita tinggal.


Mungkin itulah ke-3 manfaat dari cangkang biji pala bagi kesehatan dimana sering dianggap sebagian orang apalagi mereka petani pala, padahal punya nilai istimewah untuk kesehatan (bdc)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update