HEADLINE NEWS

Resep Woku Belanga Kuliner Manado Yang Melegenda Hingga Hari Ini

 

Proses pembuatan Ikan Cakalang Woku Foto : bidikdot

Bidikdotcom - Kuliner  Bagi warga Manado kuliner satu ini sudah tidak asing lagi dikalangan emak-emak maupun generasi milenial selain mudah dibuat bahan-bahan rempahnya pun tersebar disekitar pekarangan rumah warga, jadi masakan satu ini cukup ideal pembuatannya dan sangat populer karena alasan-alasan seperti tadi.


Woku merupakan makanan tradisional dari Manado dari hasil percampuran bumbuh rempah yang sagat kaya nutrisinya dimana konon ini mewakili berbagai etnis yang tinggal di bumi Nyiur Melambai. meski cerita ini masih belum dijadikan sebagai refrensi hadirnya makanan ini.


Baca Juga : Kua Sasi Sup Ikan Bakar Berkhasiat Asal Nusa Utara Mulai di Lupakan


Diakui dari beberapa etnis kawanua seperti Minahasa, Sangihe, Mongondow dan Gorontalo secara keseluruhan mengetahui cara membuat resep woku dengan berbagai jenis isian didalamnya seperti ayam, udang, ikan dan lainnya. 


Lantas kenapa disebut woku belanga?


Karena pembuatannya ada yang didalam belanga ada juga yang ditaruh (isi) dalam bambu atau dalam dialek Manado "bulu". itulah sebabnya kata belanga dari resep ini lebih familiar digunakan dimana-mana sehingga orang sering menyebutnya "Woku Belanga".


Meski nama resepnya cukup terkenal namun makanan berjenis kua ini tidak menjadi kuliner utama dalam acara-acara hajatan seperti perkawinan, syukuran dan lainnya.


Sajian menu dengan berbagai jenis rempah ini sering disajikan saat pekerjaan gotong royong atau mapalus biasanya menghadirkan banyak orang. Atau disajikan sebagai makanan rumahan dalam komsumsi setiap hari.


Resep yang melegenda hingga hari ini menjadi sajian dalam bisnis kuliner diberbagai rumah makan yang tersebar diseluruh Kota Manado dan sekitarnya bahkan hingga ibu kota Jakarta.


Keistimewaan dari masakan ini adalah rempahnya yang cukup kuat dan banyak, serta rasa pedas dari cabe halus memberi rasa yang luar biasa bagi penikmatnya.


Hanya saja bagi yang tidak suka pedas bisa diatur jumlah cabai yang akan digunakan.


Selain itu resep yang bisa disandingkan dengan bermacam-macam lauk itu, diyakini dapat mehilangkan masuk angin dalam tubuh, influensa, sakit kepala sebelah (migran) dan pegal-pegal.


Bagi anda yang ingin mengetahu bahan-bahan dari resep woku, berikut  uraiannya :


1. Kemangi

2. Daun Kunyit

3. Batang Serai

4. Daun Jeruk

5. Bawang Batang

6. Biji Kunyit 

7. Jahe

8. Bawang Merah

9. Bawang Putih

10. Tomat

11. Cabe

12. Kemiri


Keistimewaan lain resep ini adalah mudah mendapatkan bahan rempah karena ada di sekeliling rumah dimana kita tinggal dan biasanya bagi warga Manado sudah tersedia dalam taman rumah atau dapur hidup.


Pasangan cukup ideal dari rempah untuk membuat woku dan menghasilkan cita rasa sangat enak adalah Ayam kampung, Ikan Cakalang, Tude Oci, Kakap, Bobara, Goropa atau disebut ikan mangael (ikan pancing). namun juga dapat disesuaikan dengan selera anda mau lau berjenis apa.


Untuk jenis daging seperti sapi, kambing, celeng sangat tidak cocok untuk resep ini.


Bagi penderita asam lambung sangat tidak dianjurkan mengkomsumsi makanan berjenis ini sebab kandungan serai, minyak, kunyit dapat memberi efek kambuhnya sakit asam lambung seseorang.


Baca Juga : Gado Gado Mas Parman Yang Maknyus


Resep ini hanyalah sebagian kecil dari kayanya kuliner bumi nyiur melambai dimana bisa anda eksplor diberbagai tempat di Sulawesi Utara mulai dari Manado sendiri, Minahasa, Bolmong Raya, Sangihe, Sitaro, Talaud Kota Bitung. pada foto diatas lauk yang dipakai adalah ikan cakalang (bang deny).



Previous
« Prev Post
Show comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *