Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Solusi Terkini Mengatasai K-Vision Ku Band Hilang Sinyal Saat Hujan

Selasa, 23 Februari 2021 | 13.01 WIB Last Updated 2021-03-23T14:53:18Z

 

LNB Prime Fokus di piring parabola berdiameter 185 cm Foto bidikdotcom

Bidikdotcom  K-Vision  merupakan televisi berbayar Indonesia saat ini mendapat tempat bagi para penggunanya diseluruh pelosok tanah air. Sajian olahraga dan hiburan komplit tersedia pada kanal pay tv yang hampir 10 tahun beroperasi dipangsa pasar nusantara.


Dominasi vendor berbayar ini diterima oleh semua kalangan baik kelas berduit maupun pas-pasan sehingga tidak heran accupancy penjualan perusahaan milik Kompas Gramedia sampai akhir tahun 2020 mencapai 5000.000 settop box yang terjual.


Sebuah capaian luar biasa bagi bisnis berbayar apalagi angka penjualan tersebut  terjadi saat pandemi Covid-19 dimana seluruh komponen masyarakat dibatasi dalam pergerakan ekonomi.


Lantas apakah ini menjamin kualitas peralatan mereka jual?


Jawabannya bisa iya juga bisa tidak!


Diakui dari segi kuantitas K-Vision berhasil menarik minat para pecinta televisi tanah air.Walau demikian meski sarat dengan kesuksesan tidak sepenuhnya menjamin kepuasan para pelanggan dari segi kepemilikan peralatan.


Dua platform sebagai wadah pilihan dalam setingan parabolanya yakni C-Band dan Ku-Band ikut memberi andil dalam penilaian konsumen terhadap peralatan yang dijualnya.


Kedua bagian ini mendapat tanggapan variatif dari penggunanya diseluruh Indonesia.


Yang paling banyak mendapat sorotan "miring" adalah Decorder Ku Band . Memang dari segi sajian banyaknya siaran Ku Band sedikit unggul dari C- Band, namun dari segi kepekaan sinyal dalam segalah cuaca C-Band masih jauh lebih unggul.


Dekorder Ku-Band seperti Cartenz sangat kalah bila musim hujan jangankan hujan, mendung pun sinyal dari siaran ini sudah cekat-cekot dan akhirnya take down,


Anda pasti akan kecewa bila ini sering anda alami, apalagi saat menonton sepak bola tim kesangan  atau sementara menonton siaran yang  saat ini lagi membuming yakni sinetron Ikatan Cinta di RCTI dan Love Story di SCTV.


Pertanyaannya adakah hingga hari ini pihak vendor berbayar tersebut menanggapi keluhan-keluhan para pelanggannya?


Bahkan para distributor pun mengakui kekecewaan dari para pelanggan mereka dimana itu lansung mereka dengar dari pemilik settop box Ku Band bahwa produk K-Vision yang satu ini sangat tidak kompetibel dengan berbagai cuaca khususnya hujan.


Dari materi tracking parabola diameter piringan seperti milik K-Vision yang hanya berukuran 90 Cm  memang tidak direkomendasikan untuk melakukan tracking kecuali memang area pancaran beam dari sebuah satelit masuk dalam suatu daerah dan bisa diterima dengan piringan parabola mini.


Receiver Ku-Band Cartenz disetting memang khusus untuk parabola mini, namun sangat disayangkan bila cuaca hujan sinyalnya hilang.


Bila ini keseringan anda alami maka perlu tindakan penanganan sebagai jalan keluar


Solusi Terkini Mengatasi K-Vision Ku Band Sering Hilang Sinyal Saat Hujan akan mengantar anda segera bertindak sehingga se-isi keluarga tidak dikecewakan.


Bila demikian dari mana kita akan memulainya :


Siapkan Peralatan 


1. Siapkan Piring Parabola berdiameter 185 Cm atau lebih


2. Siapkan LNB Ku Band berjenis Prime Fokus 


3. Receiver K-Vision Cartenz 


Tracking Parabola


Tempatkan  kedudukan parabola tidak ada penghalang pohon atau dinding rumah didepan piringan


Dudukan tiang parabola harus ada pada titik nol saat melakukan pengecoran.


Bila semuanya telah siap maka saatnya melakukan pencaharian siaran


Pasang LNB Prime fokus di tiang anak dalam parabola posisinya seperti pada gambar bagian lehernya terpasang setengah, kemudian arah posisi konektor LNB menuju arah selatan-tenggara.


Selanjutnya sambungkan kabel konektor LNB terhubung ke Receiver dan hidupkan settop box teresbut, selanjutnya tekan diremot Menu dan arahkan ke kolom intalasi hasil seperti pada gambar berikut :



Posisi siaran K-Vision ada di Satelit Measat 3A 91.4 bujur timur.


Arahkan piring parabola kearah posisi satelit ini, namun 4 baut penyangga tetap dilonggaring agar memudahkan melakukan tracking.


Ingat saat melakukan tracking televisi upayakan ada disamping anda agar memudahkan dalam melihat pergerakan sinyal.


Dari posisi Satelit Telkom 4 118 bujur timur turunkan perlahan lihat pergerakan bar sinyal di televisi bila posisinya sudah ada di Satelit Measat 3A maka geser kiri dan kanan sampai muncul sinyal siaran.


Apabila sinyal siaran telah diyakini pada sinyal terkuat maka kancingkan baut penyangga hingga benar-benar aman dan siaran tidak hilang.


LNB Prime Fokus ada dua jenis yaitu berjenis semacam spiral seperti pada gambar diatas dan berjenis botol keduanya bisa dipakai hanya saja rata-rata kedua LNB ini diatas harga tiga ratusan ribu.


Dari yang sudah saya praktekan K-Vision Ku Band memakai piring parabola yang lebih besar dan LNB seperti dalam materi ini intensitas hujan 70-80% (dalam perkiraan) siaran tidak akan hilang atau acak, kecuali hujan 100% (cukup deras) dan disertai dengan angin kencang baru dapat menghilangkan siaran.


Itulah solusi terkini mengatasi K-Vision Ku Band sering hilang sinyal saat hujan kiranya catatan ini dapat membantu teman-teman yang memiliki decorder Cartenz dan sejenisnya dari namanya sering kehilangan sinyal saat menonton.


Penulis Deny Sondoh

×
Berita Terbaru Update