Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Lineke Katiandagho Penyanyi Keroncong TVRI Yang Terpinggirkan

Senin, 01 Maret 2021 | 14:57 WIB Last Updated 2021-03-02T13:54:26Z

 

Oma Lineke Katiandagho Foto FB Constantein Sarapil

Bidikdotcom- Musik Diusianya yang semakin senja tidak membuat Lineke Katiandagho 82 tahun berhenti berkarya, Perempuan kelahiran Enemawira Kecamatan Tabukan Selatan ini kembali menunjukan kepiawannya melantunkan lagu keroncong "Bengawan Solo".


Dalam Video berdurasi hampir 6 menit itu di akun FB Constantein Sarapil Oma Lineke memainkan jari-jari-jarinya yang keriput penuh keahlian menekan setiap baris tali gitar dengan suara vocalnya nan indah masih tersisa dalam lantunan lagu yang dinyanyikan.


Bintang Radio tahun 1957 itu merupakan anak dari seorang pejabat negara tahun 1950 di Kabupaten Sangihe dan Talaud Kepala Penerangan Jhon Hein Katiandagho.


Sebagai keluarga yang mencintai musik, ini juga di warisi oleh  Lineke, sebab pamannya adalah seorang musisi jazz pertama di Indonesia (cerita).


Tidak sampai disitu Lineke Katiandagho menorehkan sederet prestasi di dunia musik hingga mengantarkannya menjadi penyanyi musik keroncong di TVRI tahun 1950-1970.


Lineke Katinadagho pun menjadi bintang asal Sangihe dan mengharumkan nama masyarakat Sangihe dan Talaud  sebagai penyanyi di Televisi Nasional pertama.


Tetapi kini seiring waktu nama penyanyi kondang musik keroncong ini telah redup dimakan waktu dan hilang dari daftar sejarah musik Sangihe.


Harapan masyarakat yang masih mengingat sang musisi agar Pemerintah Kabupaten Sangihe dapat memperhatikan seorang Lineke yang juga merupakan Tokoh musik Sangihe dan paling tidak dapat memberinya penghargaan di usianya yang ke-82 tahun.(sumber : facebook)



×
Berita Terbaru Update