HEADLINE NEWS

Manfaat Mandi Malam Hari Bagi Kesehatan Manusia

 

Ilustrasi Pixabay


Bidikdotcom - Berbagai spekulasi miring seputar mandi malam hari apalagi itu sudah tengah malam menjadi pembincaraan hangat dikalangan masyarakat akhir-akhir ini.


Dalam perbincangan beberapa ibu-ibu disalah satu RS yang ada dikota Bitung saat saya berkunjung pada anggota keluarga 18/3/2021 mereka ramai memperbincangkan hal tentang mandi malam.


Dari kalimat yang saya tangkap dari ibu-ibu ini bukan manfaatnya yang dicakapkan tetapi semacam ketakutan dan saling melarang satu dengan yang lain agar jangan coba-coba untuk mandi malam karena sangat berbahaya,


Saya tidak mengejar lebih detil apa alasan para ibu ini mengangkat tema cerita mereka tentang mandi malam, tidak terbesit bagi saya untuk mengetahuinya.


Saya pun mampir disalah satu kedai makanan dipusat Kota Bitung untuk makan siang.


Ternyata cerita yang sama di Rumah Sakit tadi saya dengar ditempat makan mengenai mandi tengah malam ternyata berbahaya sehingga sudah ada korban.


Kali ini dari empat orang anak muda saya dengar alur pembicaraan mereka seputar mandi malam hari.


Karena tidak mau mencari tahu mengapa cerita mandi malam menjadi topik didua tempat berbeda dan saya sebagai saksi meski objek cerita tidak mengetahui ada yang mendengarnya,


Saya coba googling dari browser smartphone dan munculah artikel menjelaskan tentang "mandi malam" dari situs popmama.com.


Seperti berikut ini penjelasan dari situs tersebut ;


Mandi di malam hari membantu untuk membersihkan semua kuman dan bakteri dari tubuh.


Selain itu, mandi sebelum tidur dapat memberikan manfaat positif seperti menjaga kesehatan kulit, menyegarkan pikiran dan tubuh, mengatur tekanan darah hingga mengatur tekanan darah.


Tidak hanya dari situs ini menjelaskan manfaat mandi malam apalagi itu tengah malam, tapi ada beberapa refrensi juga tapi saya ambil dari situs popmama.com saja.


Jadi ternyata mandi malam memiliki manfaat lebih bagi kesehatan manusia, sebagaimana penjelasan diatas.


Tetapi perlu juga diperhatikan meski punya beberapa refrensi petunjuk tentang mandi malam kita harus hati-hati karena itu juga menyangkut ketahanan tubuh dalam kelangsungan hidup selanjutnya.


Tidak mungkin anda akan mandi malam kalau kondisi anda sakit meski tubuh sangat gerah dan ingin mandi, atau alasan lainnya.


Saya sendiri sebelumnya suka mandi malam, tetapi karena sering kesehatan terganggu akhirnya saya tidak suka pola satu ini.


Ada beberapa alasan orang suka mandi malam.


Pertama, Karena gerah mungkin baru pulang kerja atau aktivitas dirumah baru selesai.


Kedua, Memang ada sifat seseorang nanti akan mandi tengah malam.


Ketiga, Efek setres dan ingin menenangkan pikiran maka seseorang suka mandi tengah malam.


Menurut para pakar kesehatan bahwa tubuh saat beristirahat pori-pori dari kulit terbuka dan kadang mengakibatkan seseorang berkeringat.


Disinilah letak kekeliruan manusia karena merasa berkeringat saat tidur dan tidak mampu menahannya maka solusinya adalah mandi.


Tanpa disadari kita sendirilah yang menciptakan penyakit baru dalam tubuh, oleh karena keseringan dimungkinkan varian berbagai penyakit dan bakteri mulai masuk dan merusak jaringan tubuh.


Maka disanalah letak bahaya mandi malam sebagaimana percakapan-percakapan tadi meskipun dari beberapa  refrensi mandi malam punya manfaat positif bagi tubuh manusia.


Bijaksanalah melihat kondisi tubuh untuk mandi malam karena ini tidak punya undang-undang anda sendirilah akan merasakannya.


Kesimpulannya mandi malam apalagi tengah malam memiliki efek menyehatkan tetapi dalam kontrol yang sehat pula bukan karena paksaan naluri harus dan harus, semoga kita sehat selalu.


Penulis 


Deny/bdc

Previous
« Prev Post
Show comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *