Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pemukiman di Pulau Lembeh Patut Anda Ketahui Sebelum Datang Berwisata

Rabu, 10 Maret 2021 | 15.25 WIB Last Updated 2021-03-12T05:21:58Z

 

Foto google maps


Bidikdotcom - Daerah Pulau Lembeh terletak di Kota Bitung Sulawesi Utara, dimana 2 tahun  terakhir ini menjadi sorotan masyarakat baik dalam daerah maupun diluar daerah.


Tahun 2019 lalu Presiden Joko Widodo pernah memantau bahkan memuji keindahan pesona alam dari pulau yang dihuni sekitar 20 ribu jiwa itu.


Bahkan orang nomor satu di Indonesia tersebut berjanji untuk membangun jembatan penyeberangan dari Bitung menuju pulau lembeh yang hingga hari ini dinanti oleh warga Lembeh. 


Beberapa tempat wisata yang telah tereksplor oleh publik menambah daya tarik dari Pulau Lembeh dan membuat penasaran para pelancong untuk mengenalnya lebih dekat.


Hanya saja para pengunjung yang ingin melihat keindahan pulau ini kadang terkendala dengan arah jalan yang belum dikuasai, sehingga dari beberapa pengakuan mereka pernah kesini sering salah jalan atau tersesat karena tidak tahu rute ingin dituju.


Pemukiman merupakan salah satu solusi harus diketahui bagi para pengunjung sehingga kemungkinan besar jauh dari namanya "tersesat".


Ada beberapa rute penyeberangan taxi perahu dari Bitung menuju Lembeh seperti dari perahu taxi dari Kelurahan Batu Kota, Pintukota, Mawali, Papusungan dan Batulubang.


Tetapi paling umum dijangkau adalah perahu taxi dari Kelurahan Papusungan dan Batulubang.


Selain perahu taxi ada jasa penyeberangan ASDP kapal Feri milik Perhubungan Kota Bitung yang melayani 1x24 jam sesuai jadwal dari pukul 08-16.30 wita.


Pusat penyeberangan dari Bitung menuju Lembeh berada di wilayah Ruko Pateten, untuk perahu taxi dan disebelahnya pelabuhan Feri.


Berikut ini kami uraikan nama-nama pemukiman atau desa yang akan anda lewati jika berwisata ke Pulau Lembeh  mulai dari Ruko Pateten menuju dermaga Papusungan.


Tujuan Pantai Salise Kelurahan Moto dan Wisata Mangrove Kelurahan Lirang serta Pantai Pasir Itang Kelurahan Gunung Woka (Lembeh Utara) 


Wisata Mangrove Kelurahan Lirang


Dermaga Papusungan Besar --- Papusungan Kecil --- Sandakan --- Kelapa Dua --- Mawali Kecil --- Mawali Besar --- Rarandam --- Pintukota Besar --- Pintukota Kecil --- Baturirir --- Kareko --- Binuang --- Nusu --- Pulau Putus --- Lirang.


Pantai Salise Kelurahan Moto


Dermaga Papusungan Besar --- Papusungan Kecil --- Sandakan --- Kelapa Dua --- Mawali Kecil --- Mawali Besar --- Rarandam --- Pintukota Besar --- Pintukota Kecil --- Baturirir --- Kareko --- Binuang --- Nusu --- belok kiri pada jalan pertigaan Nusu menuju Kelurahan Moto.


Patai Pasir Itang Kelurahan Gunung Woka


Dermaga Papusungan Besar --- Papusungan Kecil --- Sandakan --- Kelapa Dua --- Mawali Kecil --- Mawali Besar --- Rarandam --- Pintukota Besar --- Pintukota Kecil --- Baturirir --- belok kiri ke arah Gunung Woka. 


Lokasi Pasir Itang ada diujung kampung Gunung Woka  arah jalan menuju Kelurahan Posokan.

 

Wisata Mangrove Kelurahan Pasir Panjang dan Patung Tuhan Yesus Memberkati Kelurahan Dorbolaang.


Dermaga Papusungan --- Batulubang --- Paudean --- Walenekoko --- Pasir Panjang --- Pante Nusu ---Dorbolaang.


Rute ini merupakan jalan terpanjang, tetapi bagi pelancong yang ingin memperpendek jarak perjalanan khusus menuju Patung Tuhan Yesus bisa langsung mengikuti jalan potong dari wilayah kampung baru Papusungan.


Pantai Pancuran di Kelurahan Pancuran juga tidak kalah menariknya dan saat ini masih dalam taha[an perbaikan lokasinya oleh masyarakat setempat teta


Berikut jalur Pemukiman antar Kampung terhubung dengan jalan lingkar Lembeh.


Dari Utara ke Selatan : 


Dermaga Papusungan Besar --- Papusungan Kecil --- Sandakan --- Kelapa Dua --- Mawali Kecil --- Mawali Besar --- Rarandam --- Pintukota Besar --- Pintukota Kecil --- Baturirir --- Kareko --- Binuang --- Nusu --- Pulau Putus --- Lirang balik Moto --- Posokan --- Gunung Woka --- Wisata Puncak Baby Doll --- Pancuran --- Limangu --- Dorbolaang --- Pantai Nusu --- Pasir Panjang --- Walenekoko --- Paudean ---Batulubang ---  Dermaga Papusungan.


Itulah beberapa pemukiman atau perkampungan patut diketahu oleh siapa saja yang akan datang berwisata ke Pulau Lembeh. dan perjalanan ini dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua dan roda empat sebab kualitas jalan lingkar sudah sangat bagus walaupun dibeberapa titik ada yang sudah sedikit rusak.


Pamburutan adalah pemukiman yang tidak terhubung dengan jalan lingkar Lembeh karena berada di tepi pantai antara Pasir Panjang dan Pantai Nusu


Salah satu wisata mangrove di Kelurahan Pintukota sudah tidak beroperasi karena  ada perbaikan namun belum selesai hingga hari ini.


Untuk mengetahui rute perjalanan kebeberapa titik wisata dapat memakai aplikasi GPS, meskipun kadang kompas gadget ini sering salah memberi petunjuk. 


Jika dirasa anda harus bertanya kepada para penduduk sekitar,  rute perjalanan itu, bertanyalah agar perjalanan anda semakin lancar.


Deny/bdc

×
Berita Terbaru Update