Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Hak Siar Copa America 2021 di Wilayah Asia Jalur FTA

Minggu, 16 Mei 2021 | 18.39 WIB Last Updated 2021-06-09T13:15:51Z

 

Foto FIFA


Bidikdotcom  Kontes sepak bola terpopuler di Amerika Selatan segera akan digelar pada 13 Juni-10 Juli 2021 mendatang di Argentina dan Columbia


Sebagaimana jadwal sebelumnya pada tahun 2020 terhadap pegelaran bergengsi ini yakni 12 Juni-12 Juli 2020. Tetapi ditunda karena Covid 19 dan Amerika Selatan merupakan negara penyumbang angka penyebaran wabah tertinggi setelah Amerika Serikat dan India.


Turnamen yang digadang-gadang sebagai  iven bergengsi setelah Piala Dunia dan Piala Eropa  tersebut akan tetap dilaksanakan dengan peserta 10 Negara.


Dua negara Asia terundang di turnamen ini (CONMEBOL)yakni Qatar dan Australia  tetapi kedua negara ini lebih memilih mundur dengan alasan padatnya jadwal untuk kualifikasi Piala Dunia 2022 untuk zona Asia dan mengingat tingginya penyebaran Covid 19 di Amerika Latin itu.


Sementara itu Hak Siar (broadcasting) channel TV yang akan menyiarkan Copa America 2021 telah dirilis oleh Federasi Sepak Bola Amerika Selatan pada Februari 2020 lalu.


Sedangkan dari Zona Asia ada beberapa yang bisa dijangkau dengan siaran parabola biasa atau Free to Air (FTA) selebihnya tetap berbayar.


Berikut daftarnya


CCTV 5+ HD (Tiongkok) Siaran milik pemerintah China ini akan menggelar beberapa iven akbar seputar olahrga diantaranya Copa America 2021  yang diundur dari tahun lalu. Siaran ini juga akan menyiarkan Olympiade Tokyo 2021.


Pemilik parabola dapat mendapatkan siaran ini dengan cara semi premium atau dengan istilah "terbang" tentu perlu peralatan yang memadai seperti Receiver sudah suport Ccam. Channel TV ini berada di Satelit Chinasat 6B 115,5 bujur timur.


Radio Television Brunei (RTB) - Siaran ini pada Piala Dunia 2014 menghebohkan dunia persatelitan tanah air dimana cahnnel tersebut menyiarkan secara live dan menggratiskannya bagi masyarakat Malaysia saat itu meski demikian beam dari siaran ini masuk di Indonesia karena ada di Satelit Measat 3A.


Belum bisa diprediksi apakah akan sama pada World Cup 2014 silam modulasi penyiarannya yakni FTA sebab bisnis sport terus naik daun apalagi iven sepak bola. Tetapi jika benar maka dari jalur parabola akan ada ketambahan siaran non-berbayar. 


Match TV (Rusia) Channel TV asal negara Rusia ini pada musim 2019/2020  mendapat hak siar menyiarkan Premier League, Eropa League, Laliga, FA Cup dan di Copa America juga mendapak hak siar untuk menayangkan secara live setiap pertandingan.


Bahkan Match TV akan menyiarkan secara live seluruh pertandingan EURO 2021 mendatang.


Hanya disayangkan beam dari siaran ini tidak sepenuhnya ditangkap diseluruh wilayah Nusantara dan hanya bisa dijangkau di sebagian utara Pulau Sumatera (Aceh dan sekitarnya) dan Kalimantan bagian barat.


Siaran ini berada di Satelit Yamal 601 dengan posisi orbit 49 bujur timur, tetapi masih dalam pantauan apakah akan diacak ataukah tidak.


RTM (Malaysia) - Channel TV milik Pemerintah Malaysia ini sangat mudah didapat karena berada di Satelit Measat 3A dan terbuka beamnya untuk Indonesia.


Namun melihat beberapa anak siarannya seperti TV1 dan TV2 yang melakukan pengacakan meski hanya ringan menunjukan kemungkinan siaran ini akan diacak permanen. tetapi dipantau saja bagi yang parabolanya ada yang sudah stay di Satelit Measat 3A.


PPTV HD36 (Thailand) - Siaran asal Thailand yang dikelolah langsung oleh Pemerintah dipastikan akan menyairakan iven bergengsi dari daratan Amerika Latin setelah hal ini mereka umumkan lewat akun sosial media twitter. (sumber terbaru forum satelit)


Channel 3HD sebelumnya dinyatakan oleh  broadcasting live FIFA akan mengambil bagian dalam menayangkan Copa America 2021 tapi sayangnya gagal karena persyaratan teknis.


Bila di replay pada tahun 2016 lalu bahwa PPTV tetap mengacaknya tapi dengan encrypt bisskey dan tentu ini akan menjadi angin segar bagi para treker parabola yang berharap dari siaran live dari satelit parabola.


Tentu ini hanya sedikit prediksi, bisa saja informasi ini bertolak belakang dengan pertandingan nanti saat kick off.


Maka para pecinta sepak bola dari jalur FTA bisa bernafas lega jika benar televisi milik pemerintah Thailand ini tidak akan mengacaknya secara permanen, namun demikian siaran berbayar tetap menjadi pilihan seperti pada TV Box Android dengan siaran streaming.


BDC


×
Berita Terbaru Update