Notification

×

Iklan

Iklan

Renungan Kristen: Bacaan Yeheskiel 31 : 1-18

Minggu, 16 Mei 2021 | 21.39 WITA Last Updated 2021-05-16T14:39:11Z

 

Ilustrasi Gambar bidikdot

Bidikdotcom - Di dalam kasih-Nya, Tuhan memperingatkan anak manusia agar tidak congkak, semata-mata karena hal itu tidak akan pernah membawa kebaikan, sampai kapan pun.  


Sesungguhnya dengan meninggikan diri, kita tengah memberikan kesempatan kepada iblis untuk “mengambil alih” roda kehidupan kita, sehingga tak jelas lagi di manakah suatu batas berada ... di manakah batas suatu kepuasan?  “... sebab mereka semuanya telah diserahkan ke dalam maut, ke dalam bumi yang paling bawah” (Yeh. 14b).  


Baiklah kita terus berhati-hati dan jangan sampai terjebak ke dalam muslihat iblis.  Seorang yang arif pernah memohon kepada Tuhan agar dijauhkan dari segala kilauan harta dunia apabila itu hanya akan membuatnya hilang keseimbangan diri, dan menjadi tidak lagi peka terhadap kata hati nuraninya. 


Bagaimanapun, hanya dengan kemurnian hati nurani, seseorang akan senantiasa tertuntun pada koridor yang benar, di mana suara Tuhan pun terdengar jernih serta “make sense”.  


Kepekaan tersebut sangat berharga, melaluinya seseorang dimampukan untuk merasakan kesusahan orang lain, untuk kemudian menyentuhnya melalui suatu perwujudan kasih sebagaimana Kristus yang dalam kesengsaraan-Nya telah turut merasakan penderitaan anak manusia, semata-mata karena kasih.


Bacaan Yeheskiel hari ini mempertegas bahwa umat Israel jangan hidup penuh dengan kemegahan diri, kesombongan karena kelak Allah akan menurunkan dia ada bersama-sama dengan dunia orang mati yang tak akan pernah kembali lagi.


Jaman modern ini juga menuntut umat manusia untuk tetap hidup dalam kerendahan diri menghargai satu dengan yang lain tanpa memandang latar belakang berbeda apalgi dunia masih dalam berperang melawan Covid-19.


Saling bantu memberi keselamatan, peduli lewat mengingatakan setiap kebijaksanaan pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan harus ditaati setiap warga gereja yang juga bagian dari masyarakat merupakan upaya menciptakan hidup jauh dari kesombongan dan kencokakan.


BDC

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update