HEADLINE NEWS

Coto Makasar Makanan Rumahan yang Jadi Hidangan Spesial Hotel

 




Bidikdotcom - Masyarakat Indonesia sangat mengenal sajian menu asal Sulawesi Selatan dimana Kota Makasar menjadi pusat kuliner teranyar di wilayah Indonesia Timur.


Sajian menu berkuah dengan isi daging di dalamnya menjadi trending di sosial media karena beberapa pelaku usaha di Kota Daeng ramai-ramai memposting makanan yang sudah melegenda sejak zaman dahulu.


Menurut cerita rakyat bahwa makanan berkuah ini pertama kali disajikan untuk para kaum bansawan karena isian dagingnya. zaman itu daging hanya bisa dinikmati oleh para pemimpin kerajaan meskipun berjalannya waktu makanan tersebut sudah diturunkan pada masyarakat luas.


Coto Makasar merupakan makan rumahan yang jadi hidangan spesial di hotel maupun restauran-restauran kelas atas.


Dari beberapa traveling kuliner saya seperi di hotel Peninsula, Novotel, Swisbell, dan beberapa hotel di Manado di daftar menu tertera nama Coto Makasar, ini membuktikan bahwa makanan tersebur cukup di minanti oleh para pelaku kuliner Indonesia mulai dari tingkat bawa hingga kelas atas.


Cara membuat Coto Makasar sendiri tergolong sangat mudah sebab bahan-bahannya berada disekitar dimana kita tinggal. makanan berkuah ini sangat enak bila di makan dengan nasi bungkus yang padat seperti lontong dan ketupat.


Mengkomsumsi makanan dengan isian daging ini sangat baik untuk kesehatan karena memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi apalagi bagi mereka penderita mudah menggigil.


Resep Coto Makasar sangat simple sebab hanya dilakukan dengan merebus hingga matang daging sapi didalamnya, tapi saya lebih memilih bagian rusuk untuk dijadikan isiannya.


Berikut ini resep sederhana Coto Makasar :


1 Kg Daging Rusuk 

500 Gram Kacang Tanah

2 Buah Lengkuas potongan 2 mm

1 Batang Sereh

3 Siung Bawang Putih

5 Siung Bawang Merah 

3 pcs Kemiri

Daun Bawang dan Seledri sebagai pelengkap.


Cara membuat :


1.Potong daging rusuk menjadi 6 bagian dan rebus selama 1 jam atau sampai daging empuk bersama lengkuas, batang sereh, daun bawang dan beberapa tangkai Seledri (daun sup)


2.Tumis bawang putih, bawang merah dan kemiri yang sudah diulek hingga berbau harum jangan sampai hangus kemudian masukan kedalam rebusan jika sudah hampir matang daging.


3.Kacang tanah di goreng kemudian diblender dan masukan kedalam air rebusan yang mendidih


4. Bila daging sudah empuk pelankan api sambil beri rasa garam atau penyedap lainnya dan beri perasan air jeruk nipis ke dalam rebusan untuk menambah rasa.


5. Angkat dan sajikan dengan potongan halus daun bawang, seledri, dan bawang goreng dengan nasi bungkus (lontong atau ketupat) . bila ingin menambah rasa sedikit asam bisa tambahkan lagi jeruk nipis.sesuai selera 


Bagi yang suka pedas dapat menambahkan potongan cabe rawit atau sesuai selera. Inilah resep sederhana Coto Makasar yang jadi hidangan spesial hingga hari ini. Salam Kuliner


deny/BDC

Previous
« Prev Post
Show comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *