Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kenali 3 Gejalah Kolesterol Sejak Dini Dalam Tubuh Anda

Jumat, 18 Juni 2021 | 10:15 WIB Last Updated 2021-06-18T03:17:44Z

 

Ilustrasi gambar Pixabay

Bidikdotcom - Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang ditakuti oleh sebagian orang karena dianggap memiliki tekanan berbahaya seperti darah tinggi dan jantung.


Padahal pemahaman ini sangat keliru jika merujuk pada beberapa penjelasan dokter ahli penyakit dalam dibeberapa catatan media.


Dari uraian pada pejelasan wikipedia mengatakan Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah.


Jadi sederhananya kolesterol merupakan lemak yang diam dalam tubuh manusia secara berlebihan dan menutup sirkulasi darah yang secara normal.


Kenapa seseorang bisa mengalami kolesterol tinggi itu dikarenakan telah terjadi kekentalan darah yang dihasilkan pola makan yang sudah tidak teratur, kurangnya berolahraga dan waktu istirahat yang tidak cukup.


Makanan-makanan penyebab kolesterol terdapat dalam berbagai jenis seperti gorengan, mentega cream dan lain-lain.


Bila kolesterol seseorang cukup tinggi akan memicu terjadinya peningkatan suhu dari proses kerja aliran darah atau bisa disebut darah tinggi.


Ada baiknya makanan untuk penderita kolesterol jangan terlalu berminyak seperti disebutkan tadi jenis memasak di bakar dan direbus bisa menjadi solusi untuk menurunkan kolesterol tinggi seseorang.


Untuk menghindari seseorang tidak terkena kolesterol secara cepat anda patut kenali 3 gejalah kolesterol sejak dini dalam tubuh anda :


Suka Mengantuk - Tanda seperti sering terserang kantuk apalagi pada waktu pagi hari merupakan tanda bahwa anda telah mengalami kelebihan lemak atau sudah terserang kolesterol. Jika ini  anda alami maka harus waspada dengan memeriksakan dengan chek up kedokter tanpa menunggu sesuatua yang serius nanti. 


Maka demikian patut di hindari makanan berkolesterol tinggi saat anda sarapan pada pagi hari seperti ayam goreng, daging sapi ikan lele. 


Ada baiknya bila anda seorang pekerja kantoran menu sarapan pagi cukup dengan beberapa penggalan roti atau sejenisnya bersama teh dan kopi.


Mudah Lelah - Gejalah ini akan terasa saat aktivitas anda lakukan setengahnya ada dibawa terik matahari dengan beban kerja yang cukup berat.dan kelelahan akan terasa hingga 3-4 hari kedepan atau lebih.


Bagian tubuh yang akan terasa sakit adalah pergelangan kaki, tulang bagian belakang, bahu terasa nyeri dan merasa sangal mual tapi tidak akan muntah.


Bila ini anda alami sekian kali maka patut waspada secepatnya memeriksakan diri kedokter dan jangan paksakan diri anda melakukan pekerjaan yang cukup berat sebab bila itu terjadi maka hal fatal bisa menimpa diri anda.


Pusing - Gejalah lain bila terkena kolesterol adalah pusing tanpa alasan. maksudnya seseorang tidak sakit semuanya terasa normal dalam tubuh namun sering mengalami pusing itu pertanda bahwa anda sudah terkena kolesterol.


Tentu dari yang dialami diatas butuh solusi untuk menanganinya.


Pertama - Pilih makanan yang tidak boleh untuk kolesterol sebagaimana dijelaskan diatas, ada baiknya perbanyak mengkomsumsi buah karena memiliki banyak serat ketimbang karbohidrat.


Kedua - Jangan sering mengkomsusi obat-obatan diluar resep dokter karena bila dipaksakan dapat menyerang bagian ginjal. upayakanlah menjaga kekebalan tubuh dari berbagai serangan virus termasuk kolesterol jahat.


Ketiga - Pilihlah makanan sehat yang rendah lemak


Keempat - Jangan mengikuti kata hati karena telah mengalami sakit artinya pasrah saja sebab hidup manusia ada yang mengatur, kita diberi hikmat untuk bertindak.


Belajarlah hidup sehat sebelum anda terserang penyakit seperti mengatur pola makan, berolahraga, beristirahat secukupnya dengan demikian akan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya meskipun kelak tubuh kita akan terserang penyakit.


deny/BDC

×
Berita Terbaru Update