HEADLINE NEWS

Iklan

Renungan Kristen : Ajaran Seorang Ibu Kepada Raja Lemuel

 

Ilustrasi gambar pixabay 

Bacaan Amsal 31 : 1-9 

Bidikdotcom - Ibu dan Bapak diharapkan untuk selalu peduli terhadap masa depan anak-anaknya.  Kepedulian yang ditunjukkan dalam berbagai bentuk, antara lain, dengan menanamkan nasihat bijak (dan bajik) melalui cara yang tak pernah terlupakan oleh sang anak.  


"Apa yang akan kukatakan, anakku, anak kandungku, anak nazarku"(ayat 2)


Kalimat awal kitab Amsal khusus ayat 2 ini menyiratkan bagaimana peran orang tua untuk lebih awal mengingatkan para anak-anak agar tidak terjerumus kepada hal-hal yan berhubungan dengan dosa dan kejahatan.


Pemberian nasihat yang sedemikian rupa sehingga tak kunjung luntur, sekalipun sang anak telah menjadi “orang besar”.  


Dan kita semua tahu bahwa nasihat yang tertanam kuat adalah yang disampaikan secara ampuh yakni yang terintegrasi dengan action atau tindakan nyata.  


Ibunda Raja Lemuel dari Masa pernah memperingatkan anaknya untuk menghindari kesenangan duniawi yang berlebihan sambil mendorong kepedulian anaknya itu terhadap hak-hak orang tertindas. 


Terdengar sederhana namun tentu begitu berkesan dan penting bagi Lemuel sehingga diangkat dalam dalam kitab pengamsal.  Memang benar bahwa cenderung mudah untuk mengucapkan dan menyampaikan suatu pengajaran kepada anak-anak, namun pertanyaannya, sejauh mana kita menghayati dan mengaminkan apa yang kita ajarkan itu?  


Tak jarang anak-anak pun “menilai” dan mempertanyakan tindakan orangtua yang didapatkannya berseberangan dengan perkataan yang pernah terucapkan.  Tak jarang pula anak menemukan “batu sandungan” karena yang paling diharapkan keteladanannya justru menyedihkannya.  


Sebaliknya, anak yang tanggap terhadap kasih sayang serta patuh terhadap nasihat orang tua akan “diluruskan” jalannya menuju apa yang dicita-citakan.  Kunci dari semua itu adalah kasih sayang yang hidup, yang tak akan berkesudahan karena sumbernya adalah Allah sendiri dalam Yesus Kristus.  Terpujilah Dia.


BDC

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Berfikir Positif adalah Inspirasi Kejahteraan Bangsa dan Negara, Silahkan tinggalkan komentar anda disini dan terima kasih sudah berkunjung, Sukses selalu dan tetap Sehat

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *