Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Cara Membuat Artikel Blog Ada di Halaman Depan Google

Senin, 14 September 2020 | 20:04 WIB Last Updated 2022-04-16T14:00:47Z
Gambar ilustrasi Pixabay editing bidikdot


Bidikdotcom Sejatinya pengguna Blogger ataupun Wordpress ingin membuat artikel ada di google bertujuan membantu menaikan trafik situs dan lebih dikenal oleh siapa saja yang sempat berkunjung lewat konten yang dibacanya. 

Kenapa google, alasannya adalah perusahaan Amerika Serikat ini merupakan mesin pencari nomor satu dunia dari sekian search engine yang beredar di internet dan membuatnya jadi target blogger karena telah jadi unggulan.

Upaya membuat website ada pada ranking google merupakan prestasi yang sungguh membanggakan meskipun itu sulit bagi pemula untuk bersaing dengan blogger yang sudah punya reputasi di dunia blogging.

Fakta dilapangan sering berbalik arah dengan yang diinginkan. bahkan ada telah bersusah payah membuat konten menarik untuk website pada akhirnya tidak muncul di mesin pencari,

Tetapi dengan kiat-kiat benar maka anda dapat meningkatkan rangking website dalam pencaharian google dengan menerapkan trik SEO sederhana seperti: menautkan situs dengan google search console, google analitycs, pasang sitemap, website mobile harus friendly serta kecepatan website akan menjadi ukuran penentu situs anda ada di google page one.

Sedangkan dilain pihak Fakta Web Blog Sangat Cepat Terindeks Mesin Telusur karena riset keyword lebih terarah dan terukur.

Pemilik website yang  lebih mengutamakan kejar trafik dengan backlink yang tidak karuan ketimbang memperhatikan pengelolaan  konten yang efektif dan berkualitas akan berdampak buruk pada kemajuan website nanti

Memang tidak ada larangan untuk hal-hal seperti disebutkan tadi dalam rangka menaikan trafik, hanya saja tanpa kita sadari hal demikian sebenarnya menjadi penghambat dalam crawling mesin pencari untuk mengidentifikasi apakah ada ketambahan konten pada web itu atau tidak. 

Itulah sebabnya kenapa banyak blogger  gagal, alasannya karena kalah bersaing dengan kompetitor lain  dimana terus aktif dalam mengupdate konten  dan optimasi normal  situs.

Sebab terlintas dibenak hanya ingin mendapat untung (penghasilan) dari iklan tanpa memperhatikan isi situs yang dijalankan tentu ini cukup berbahaya terhadap "konsistensi".

Sama halnya dengan blogwalking (kunjungan balik) ke masing-masing web  dengan asumsi bahwa akan mendapat banyak respon dari para pengunjung padahal kenyataannya tidaklah demikian.

Kebanyakan pengunjung hanya melihat sejenak website anda tanpa  berlama-lama membaca artikel dan meninggalkan komentar. 

Padahal cara ini cukup membantu pemilik web menghadirkan trafik, hanya saja setiap pengunjung relatif ada yang mau ada juga tidak. 

Kalau jaman sebelum tahun 2012, backlink menjadi target utama para blogger tapi saat ini jaman digital yang lebih dikenal revolusi industri 4.0 ( four point zero ) atau fase keempat dalam perkembangan industri digital di dalamnya sosial media menjadi salah satu pemegang kendali pasar market,  maka backlink terasa tidak ada "pengaruhnya" bila kita memanfaatkan fasilitas digital sosmed tersebut.

Meski disadari bahwa pencaharian konten lewat kolom browser google masih menjadi senjata ampuh situs anda mendapatkan trafik sempurnah.

Lantas apakah blokwalking dan backlink dalam menaikan trafik situs tidak bisa? 

Artikel ini tidak mencatat larangan seorang blogger menjalankan blogwalking atau backlink, hanya saja lakukanlah kegiatan timbal balik tersebut  secara sederhana tanpa harus memasang 3-5 artikel atau lebih setiap harinya pada situs yang anda kelola.

pengalaman saya satu artikel untuk backlink setiap hari itu sudah lebih dari cukup dan sangat minimalis tapi terlihat elegan dimata mesin pencari baik dari google sendiri atau browser lainnya.

Demikian juga blogwalking 2 hingga 3 konten para pengunjung anda meninggalkan komentar positif mereka dengan kalimat SEO akan jauh lebih baik terhadap trafik blog ketimbang berlebihan.

Jika step demi step ini di pahami maka anda sementara merencanakan dan membuat artikel blog menuju halaman pertama google.

Untuk memudahkan anda mencapai tujuan diatas 12 cara berikut bisa dipraktekan pada website yang anda kelola, 

1.Konten
2.Optimasi Landing Page Website
3.Keyword
4.Cek Broken Link
5.Kecepatan Website
6.Tanda Unik
7.Permalink Khusus
8.Promosi
9.Selalu Refresh
10.Unparsable Structure Data
11.Tautkan Situs Web dengan Rangking Alexa Ramping
12.Tautkan Produk Google

Konten (Artikel)
Konten atau artikel ibarat pesepak bola seorang striker (penyerang utama) bila striker utama ini cedera maka otomatis akan berpengaruh terhadap pencapaian menang dari sebuah tim 

Itulah sebabnya kenapa saat latihan seorang penyerang utama diramu dengan serius dan penuh kehati-hatian agar ia tidak cedera dan semakin memiliki kualitas dan naluri mencetak gol saat pertandingan.

Demikian juga dengan konten jika diramu dengan serius dan penuh kehati-hatian maka ia akan menjadi juru gedor dalam menaikan trafik website anda dan bertahan di halaman utama (page one) mesin pencari.

tidak perlu risau kalau berada di urutan 3 atau 4 yang paling utama ada di halaman depan itu sudah lebih dari cukup dan sebuah prestasi anda yang tidak sia-sia.

Tentu konten yang berada di halaman utama adalah tulisan asli bukan jiplak atau copas dari web lain kalaupun ada refrensi dari web lain beri keterangan sejelas-jelasnya sehingga tidak dianggap google sebuah blunder atau plagiat konten

Buat konsistensi penerbitan konten apakah setiap hari, 2 hari sekali atau seminggu 3 kali dan ini perlu penjadwalan rutin bagi seorang blogger. dari pengalaman untuk mempertahankan posisi tetap berada di halaman depan mesin pencari anda perlu posting setiap hari dan minimal 2 konten atau lebih.

Jumlah kata dalam artikel akan mempengaruhi kinerja dari artikel tersebut tembus first page. jadi buatlah artikel dengan jumlah kata 800-1800, bahkan anjuran google hingga 2.200.

Optimasi Landing Page  Website 
Mengoptimalkan setiap halaman dalam isi website adalah sangat penting di lakukan seorang blogger karena ada page (halaman) yang tidak seharusnya di letakan dalam blog dipaksakan sehingga loading fast (kecepatan loadingnya) menjadi tergganggu ini harus dihindari

Landing Page artinya pendaratan halaman baik artikel maupun halaman dalam pengaturan tata letaknya. jadi letakanlah halaman-halaman (widget pages) dalam website sesuai kebutuhan sehingga kecepatan web lebih optimal dan ini akan terlihat lebih siap untuk tampil di halaman depan.

Keywords
Kata kunci atau populer disebut keywords sangat berpengaruh pada konten yang dibuat dan memberikan jalan leluasa bagi robot text mengcrawling konten tersebut. maka dengan itu  pakai kata kunci sejiwa dengan konten yang akan dibuat. 

Namun perlu diingat jangan memberikan kata kunci secara beulang-ulang dalam setiap alinea artikel. Penempatan kata kunci minimal diawal pembuka kata, pada body artikel (isi) dan diakhir tulisan.



Diatas adalah contoh keywords dalam satu bahasan pemberitaan yang sama  "kepala daerah di tegur Mendagri Tito Karnavian" kenapa artikel bidikdot ada dibarisan pertama? 

Karena langsung menuliskan kepala daerah yang bersangkutan secara spesifikasi, Sementara uraian dalam isi konten sebagiannya menjadi judul topik beberapa media ternama

Sedangkan pemberitaan lain hanya pada teguran Mendagri saja tidak mengurai secara jelas kepala daerah mana saja itu. Lihat jarak dari waktu penerbitan berbeda satu hari dari 164.000 pencaharian dengan waktu (0.40) detik. lumayanlah (data sementara)

Itulah maksudnya kenapa kata kunci harus sejiwa dengan maksud serta tujuan informasi hendak di berikan sehingga akan lebih muda google mengcrawling artikel kita. 

Contoh lain adalah judul artikel ini: Kata kunci yang diketik di google "membuat artikel di halaman depan google" keywords berhubungan ada 9 (long tail keywords).

Sementara artikel ini ada diurutan ke-1 pada durasi pencaharian (0,48 detik) dengan jumlah pesaing sebesar 38.300.000 update search google (19/02/2022) meski data ini akan berubah.

Atau jika anda mengetik keyword "membuat artikel ada di google" maka konten yang anda baca ini ada pada posisi ke-3 dengan durasi pencaharian (0.45) detik dengan kompetitor berjumlah 411.000.000 data ini juga masih bisa berubah tergantung tingkat persaingan kedepannya.


Tapi intinya ada di halaman depan, itu sudah cukup membuktikan bahwa konsistensi anda sudah terbangun, meski harus terus berupaya. urusan menduduki rangking 1-10 dan seterusnya hanya google menilainya lepas dari kerja keras semua publisher website.

Ada banyak tulisan mengenai kata kunci  di internet,  anda tinggal browser saja di mesin pencari sesuai tujuan topik yang ingin dibangun.

Cek broken link
Url yang anda pasang pada sebuah artikel terkadang mempengaruhi konten dijamah mesin pencari inilah kemudian sulitnya artikel masuk pada halaman utama google.

Perlu dilakukan penanganan intensif dengan pengecekan link deadlinkchecker (ketik saja di google) apakah ada link rusak ataukah tidak. bila tool ini mendeteksi ada url rusak maka segera lakukan perbaikan.

Kecepatan Website
Website fast loading salah satu penentu artikel yang anda buat masuk di halaman pertama semua mesin pencari apalagi google. 80-99% adalah ukuran kecepatan web yang paling bagus, jadi pilihlah template web yang responsif dengan kecepatan loading seperti ditulis tadi.

Tanda Unik
Buatlah konten kode-kode unik dengan istilah 3M
a.Memberi bold dan garis miring pada kata-kata penting
b.Membuat setiap sub judul dengan huruf lebih besar
c.Menutup artikel dengan kata Kesimpulan.

Ini adalah trik blogging sederhana yang sangat bagus dan menjadikan artikel anda unik serta berbeda dengan yang lain.

Permalink Khusus
Beberapa konten sering mengalamai stagnasi signifikan dikarenakan judul url seringkali tidak lengkap dan terjadi double penjelasan dan memberikan efek buruk pada perambahan mesin pencari.

Bila anda pengguna Google Search Console dan memintanya mengcrowl jenis url seperti dimaksudkan tadi maka dimungkinkan url tersebut akan dianggap error.

Dengan demikian gunakan permalink khusus mengisi url dari artikel yang hendak diterbitkan caranya:
di jendela halaman pembuatan artikel klik permalink > pilih otomatis dan silahkan anda isi.

Promosi 
Bagikan artikel tersebut di media sosial atau bila anda berkunjung ke salah satu website umumkan saja untuk meminta para pengunjung di situs tersebut mengunjungi web anda dan membaca artikel ini dan itu.

Tidak perlu membuat link aktif cukup ketik saja judul artikel yang anda maksudkan selesai.

Selalu Refresh
Bila ada artikel pada website anda menjadi konten unggulan maka lakukan update secara rutin pada konten tersebut sehingga tetap terkesan refresh dan sehat bagi pembaca anda.

Unparsable Structure Data
Kata lain dari maksud ini adalah data struktur tidak dapat diurai biasanya diakibatkan oleh penempatan "tanda baca" pada judul utama artikel menggunakan koma pembuka dan penutup.

Artikel seperti ini sangat sulit dirambah mesin pencari bahkan akan mempengaruhi trafik situs. hindarilah penerbitan konten menggunakan tanda baca sebagaimana yang dimaksud.

Tautkan Situs Web dengan Rangking Alexa Ramping
Bila akan menautkan website rujukan pada artikel yang dibuat pakailah situs dengan nilai Alexa dibawa 500.000 ke-bawa karena dianggap google memiliki performa cukup bagus meski domain otority (DA) dibawa 10 dan Page Otority (PA) dibawa 30.

Sebab banyak situs dijadikan backlink dengan DA dan PA tinggi namum dari rangking alexa ada diatas 1000.000 (satu juta) alias gendut, inilah yang disebut backlink tidak berkualitas.Tool milik Amazon ini diakui masih jadi standar ukuran peringkat trafik pada sebuah situs.

Tetapi sayang Alexa, Media Pemeringkat Situs Dunia Resmi Tutup 1 Mei 2022 dan ini mulai terlihat statistik lalulintas trafiknya sudah tidak jalan jika dicek pada browser yang tertaut.

Tautkan Produk Google
Bila anda pengguna blogspot maka wajib hukumnya menautkan semua produk google mulai dari GSC (google search console), Google Analitycs bila perlu pakai Google ads tapi biasanya ini hanya untuk produk barang namun bila anda punya niat tidak masalah mencobanya.

Tentunya untuk mengselaraskan artikel yang akan anda buat dan langsung di crawling google perlu bantuan beberapa tools seperti Semrush dan google keyword planner.

Jika anda  belum mengerti apa-apa dan ingin mengetahui lebih cara penempatan kata kunci yang benar dan menjadi berpengaruh terhadap SEO (Search Engine  Optimate) website anda,  ikutilah webinar dari program Pra Kerja Pemerintah khusus kelas blogger dan wordpress.

Tentu syaratnya anda lolos verifikasi data, disana banyak sekali materi tentang digital market yang akan anda terima secara lengkap di dalamnya membahas tentang keywords salah satu materinya.

Atau webinar mengenai market digital yang dibuka secara gratis lewat sosial media Facebook dan Instagram meski durasinya terbatas, disana anda bisa bertanya tentang keywords.

Untuk menambah materi tulis  anda bisa ikuti penjelasan dari  4 Tips Membuat Berita Viral Dari Blog disitu ada beberapa contoh-contoh keywords yang mungkin sedikit pengantar anda untuk mengerti.

Berikut ini contoh penerbitan artikel dengan beberapa keyword memakai Google Planner 
Lihat Gambar :

Judul artikel diatas "Belanda Mulai Berakhir Generasi Emasnya, Ini Kata Para Pendukung"
setelah search di google ada 11 keyword yang memiliki rating (harga) tertinggi tetapi dengan pencaharian rendah.

Coba cek di dashboard (view) postingan 5 menit setelah publikasi ada angka 1 dan seterusnya, itu berarti artikel anda sudah di identifikasi oleh google kalau masih (0) berarti belum.

Kalau pada artikel yang beredar di internet memang banyak membahas apa itu keywords dan turunannya, tetapi ada dari penulis yang masih merahasiakan trik atau jurus pamungkasnya sehubungan dengan materi ini.

Karena belajar keywords salah satu bagian dari SEO yang sifatnya gampang-gampang susah, jika tidak ada upaya serius dan kerja keras terukur dipastikan konsep yang anda rencanakan akan mandek seperti admin alami beberapa kesempatan sebelumnya.

Meski demikian ada beberapa pemilik situs blogspot benar- tulus membagikan pengalaman mereka bagaimana cara riset keyword yang benar seperti pada 7 Blogger Indonesia Inspiratif Patut Anda Kunjungi

Perlu di Hindari Konten Hanya Tujuan Menyasar Penghasilan Adsense 

Jangan terpengaruh dengan artikel seperti backlink yang menjelaskan seakan-akan itu sudah menjadi jalan keluar atau solusi satu-satunya dalam  menaikan trafik blog. karena jika anda gegabah sendirilah yang akan menanggungnya apalagi jika itu akan di monetisasi.

Melansir catatan situs garuda.website ada 44 Backlink Gratis Dari Situs Otoritas Tinggi yang dapat dicoba dalam memberi efek trafik pada situs anda. disitus ini juga mengupas tuntas apa itu backlink dan mendapatkannya, dan apa itu backlink natural. 

Istilah-istilah seperti jingling, sharelink, adstik atau sejenisnya untuk pemula seharusnya jangan dicoba dulu, lebih saja menurut kontekstual yang anda jalankan.

Situs ini pernah memakai jasa backlink dari situs www.rajabacklink.com selebihnya masih terjaga keorsinilannya, biar lambat dalam penghasilan asal tetap bertahan dari berbagai persaingan ketat yang kelihatannya semakin tidak sehat.

Sebab banyak blogger ambil jalan pintas demi secepatnya mendapat hasil.

Saya sendiri tidak terlalu memaksakan metode ini namun lebih kepada 3 opsi diatas alasannya menghemat waktu dan kemudian penggalan link kita sematkan ke web lain belum tentu mendapat umpan balik positif paling rata-rata 0-1% saja.

Ada banyak penyedia jasa backlink yang di jual tapi saya sangat tidak tertarik dan memilih ke alamiah saja, toh web kita tidak jalan ditempat saja karena terus bergerak seiring perubahan waktu maka sendirinya backlink pasti akan datang lewat pengunjung dan mungkin lewat mereka konten kita  dibagikan.

Jangan terpengaruh dengan gombalan penghasilan menggiurkan sebuah situs baik dari blogger maupun wordpress dengan vendor google adsense

Anda harus fokus dulu pada ketiga optimasi di atas dan bila tepat waktunya blog anda siap menghasilkan uang silahkan mendaftar ke penyedia layanan periklanan termasuk Mendaftar Google Adsense dan layanan pengiklan lainnya seperti Daftar Adnow

Waktu tunggu paling optimal untuk mendaftarkan situs adalah satu tahun dan paling bagus lagi blog yang sudah berusia 12 bulan keatas jika kurang dari itu anda pasti seorang master tulis dan ahli dalam digital market.

tapi jika anda seorang pemula jangan anda harap bisa bersaing, atau selama 6 bulan anda bisa menyiapkan sekitar 150-300 artikel.

Tetapi juga tidak sebanyak yang dicatat ini,  40-60 artikel selama 6 bulam atau 12 bulan dengan rata-rata tulisan mencapai 800 - 1800 kata dan berhasil dalam penerapan keywords,  bahkan sering menduduki halaman depan mesin pencari seperti google maka dipastikan anda telah menundukan Adsense

Semakin banyak penerbitan artikel disitus anda maka semakin besar peluang berada di page one dan memudahkan anda bersaing dalam pendapatan.

Walau diakui penerapan algoritma google saat ini makin mempersulit para blogger mendapatkan perambahan lebih cepat yang diperkirakan, maka dengan itu perlu Cara Posting Artikel di Blogspot Terbaru Sesuai Algoritma Google agar konten yang baru diposting cepat terindeks google.

Metode ini hanya tips blogging sederhana tentu masing-masing pengelola situs punya cara serta triknya sendiri.

Dalam persiapan matang untuk di monetisasi google,  tidak ada namanya pembatasan iklan, link konten anda bermasalah dan lainnya setelah ikut menayangkan iklan, semuanya akan berjalan baik-baik saja anda tiggal ikut perintah otomatis google dan meraih posisi unggul dalam persaingan SEO

Memang ada penjelasan dari pihak google tentang usia blog yang akan di approve menayangkan iklan dimana itu harus 6 bulan hingga 12 bulan (setahun) dan kesiapan halaman situs anda. untuk menjadi mitra Google dalam menayangkan iklan.

Menurut informasi Kominfo tahun 2017 lalu aktifitas masyarakat Indonesia 30% adalah pengguna internet  berarti sekitar 60 juta orang dari 200 juta jiwa rakyat Indonesia pegiat digital market salah satunya adalah blogger.

Sementara para pengola website ada kisaran 3,7% ini berarti ada sekitar hampir 7 juta user situs di tahun 2017 yang beroperasi. sedangkan data terakhir tahun 2020 Kominfo merilis pengguna internet di tanah air mencapai 175 juta  pengguna, imbas dari penyebaran Covid-19.

Kita bisa bayangkan jika tujuan utama kita hanya mengejar keuntungan tanpa melihat proses meraih keuntungan itu maka akan sulit bersaing dengan para user yang jumlahnya sudah berjuta-juta pengguna. jadi, bila peluang itu kita matangkan sejak dini penuh kesabaran alhasilnya akan kita tuai di kemudian hari, mari meraih sukses bersama dengan cara sabar.


Deny-(BDC)

 
loading...

×
Berita Terbaru Update