Notification

×

Iklan

Iklan

Cara Membuka Siaran Feed Acakan 4-2-2 dengan Receiver Getmecom HD 009 Super Plus

Senin, 04 Januari 2021 | 14.41 WITA Last Updated 2021-07-27T15:44:04Z

 

Sala satu channel feed laliga dari Tiongkok sumber gambar lembehtrav

Bidikdotcom Beberapa sahabat yang baru merintis profesi sebagai teknisi parabola rupanya sedikit mendapat kendala dengan produk receiver Getmecom HD 009 Super Plus yang baru dibelinya konsumennya untuk membuka siaran feed dengan acakan 4-2-2.


Saat konsumen meminta jasa mereka memasang parabola dengan receiver disebutkan diatas, agak sedikit kebingungan sebab produk tersebut tergolong baru walaupun cara menyetel antena  parabola sudah mereka kuasai.


Singkat cerita, sebelum natalan saya menerima pertanyaan dari teman-teman teknisi pemula bagaimana  memunculkan siaran acakan powervu dan acakan biss tingkat 2 di receiver Getmecom HD 009 Super Plus. ini tidak langsung saya jawab karena cukup padat kegiatan offline saat itu.


Jika di jelaskan via pesan singkat Whatsapp mungkin agak ribet makanya saya buat saja dalam bentuk artikel agar lebih mudah dimengerti.


Seingat  materi seperti ini pernah dijelaskan disalah satu web blog saya, khusus membahas tentang parabola. Tetapi sayang situs tersebut mendapat block dari jasa penyedia domain. 


Namun tidak apa kita reunian lagi seputar materi channel tv khusus membahas cara program parabola dengan receiver Getmecom HD 009 Super Plus ini, walaupun saya akui sudah hampir lima tahun  tidak berkecimpung lagi di dunia olah seni siaran televisi.


Seri Getmecom HD berhasil membuat heboh dunia parabola akhir tahun 2014 lalu sebagai settop box tercanggih dari kelas receiver umum di pasaran masyarakat Indonesia.


Produk terkenalnya yaitu Getmecom Azplay receiver dengan ukuran mungil dan cukup membuat vendor berbayar kelimpungan waktu itu sebab hampir semua siaran pay tv dibeberapa satelit seperti Asiasat 7, Intelsat 19, Intelsat 20, Intelsat 17 dapat dibuka dengan receiver ini, 


Meskipun akhirnya receiver tersebut dibatasi produksinya dan dilarang beredar lagi pada akhir tahun 2016.


Ternyata produk asal negeri Gajah Putih ini merilis kembali seri terbarunya pada pertengahan tahun  2017 diberi nama Getmecon Super Plus dengan keunggulan mampu membuka format acakan biss codec 4-2-2 pada siaran feed.


Tetapi kekurangan seri Getmecom  ini tidak dapat membuka lagi acakan powervu di Satelit Koresat 5 dengan channel andalannya AFN Group.


Kita kembali pada bahasan dari pertanyaan bagaimana cara membuka siaran feed tersebut dengan format acakan dimaksud menggunakan receiver Getmecom HD 009 Super Plus?


Mari kita mulai 


Pertama pastikan receiver dalam keadaan aman untuk di gunakan periksa colokan kabel antena ada mur penahan disitu kalau sedikit longgar silahkan dikecangin.


Setelah semua sudah terpasang dengan baik dan receiver sudah terhubung ke televisi langsung hidupkan secara bersama-sama rx dan televisi.


Untuk mendapatkan siaran dengan acakan tingkat dua itu, anda perlu mereset program seri terbaru software dari Getmecom Super Plus ini yakni GX6622 yang bisa anda temui di website Satelit Indonesia.


Sebab software bawaan settop box ini belum bisa menembus area dari acakan dimaksud.


Atau jika anda punya peralatan internet dirumah sambungkan langsung ke konektor LAN dibelakang RX dan lakukan upgrade secara online.


Tekan Menu di remot receiver pilih Tools > Net Upgarde dan tunggu hingga upgrade selesai.


Upgrade ini bersifat menghapus total file permanen yang tersimpan dalam receiver ini maka dengan itu anda perlu mengcopy dulu semua data tersebut mulai dari data powervu key dari siaran di masing-masing satelit, Transpoder dan data lainnya menurut anda perlu disimpan.


Agar supaya saat program baru anda lakukan direceiver sudah punya data meskipun itu harus diisi secara manual.


Jika semua dipastikan nyaman, saatnya melakukan setting koneksi dengan aman ke jaringan atau siaran yang akan dituju.


Contoh siaran dengan format acakan modulasi ini  saya ambil dari Satelit Chinasat 10 pada posisi orbit 110.5 BT disitu ada frekuensi dari siaran feed La Liga TV yang sudah permanen yaitu 4076 V 22500 ini dari pengaturan LNB C Band.


Kalau anda sudah berada di posisi satelit ini berarti anda sudah ada pada area nyaman dan dipastikan bisa menonton siaran sepak bola La Liga dari jalur fta


Tetapi bagi yang belum dapat masuk ke Satelit ini bisa mengikuti panduan sederhana dari cara setting parabola yang benar agar siaran tidak teracak untuk sedikit meringankan apa yang menjadi keluhan teman-teman.


Bila semua telah terprogram dengan baik mulai dari kedudukan serta arah antena parabola setingan didalam receiver tinggal menunggu jadwal La Liga dan anda mencobanya.


Artinya jika dibar sinyal receiver sudah benar di Satelit Chinasat 10 maka silahkan lakukan scan atau di superblind dan simpan.


Bagaimana cara mendapatkan key dari siaran ini


Silahkan bergabung dengan group-group parabola di Facebook atau di twitter disana anda akan mendapakan kunci dari siaran feed tersebut.


Berikut cara mengisi key di Receiver Getmecom HD 009 Super Plus :


Ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk mengisi key di receiver ini 


Pertama : Tekan tombol warna biru di remot receiver pada siaran yang masih gelap secara otomatis jendela key akan muncul anda dapat mengisinya sesuai dengan key yang didapat tadi dan tekan save.


Kedua : Tekan tombol menu di remot receiver lalu pilih Setting kemudian pilih lagi CA Setting dan muncul 4 item pilihan pada layar CA Setting kemudian pilih key setting.


Pada jendela Ke Setting ada 6 format key disana silahkan pilih sesuai dengan petunjuk key dari siaran atau channel tv yang akan di buka, karena bahasan kita saat ini tentang Biss maka silahkan pilih Biss dan akan muncul jendela key. Keseluruhan susunannya seperti berikut :


Menu > Setting > CA Setting > Key Setting > Pilihan item key


Tetapi bila dirumah anda punya fasilitas internet wifi sambungkan saja kabel LAN dari router ke receiver Getmecom tepat dibelakang bodi settop box,  langsung saja klik di siaran yang diacak dan secara otomatis akan di scrambling oleh sistem dalan receiver dan siaran yang teracak akan muncul.


Siaran modulasi ini tergolong  Basic Interoperable Scrambling System (BISS) yang memiliki sistem acakan berjenjang dan memiliki spesifikasi satu tingkat diatas acakan BISS biasa. 16 angka adalah model susunan key dari acakan ini tetapi memiliki sifat berbeda dari masing-masing system biss biasa 


Perlu di ingat saat anda melakukan upgrade jauhkan dari benda sensitif yang memiliki sensor aktif seperti smartphone maupun laptop yang masih on sebab bila salah satunya bergetar akan membuat sistem upgrade terganggu dan akhirnya receivernya akan eror alias hang.


Hal yang tak kalah penting juga adalah anda harus tau kedudukan posisi dari masing-masing satelit dan pancaran beam dari satelit dimasing-masing daerah di seluruh Indonesia. 


Sebab bila di receiver programnya sudah tepat tetapi arah parabola tidak sesuai dengan posis satelit dimana siaran yang akan dicari maka tetap saja siaran akan dicari kosong.


Struktur penting dalam program receiver Getmecom :


1. Software


2. Sistem Pendukung Dalam Maupun Luar Receiver


Bukan hanya di Getmecom namun seluruh receiver yang beredar di pasaran secara umum para teknisi harus mengetahui kedua struktur ini yang tersemat dalam setiap programnya, sehingga hasilnya nanti memuaskan. 


Mengakhiri catatan singkat ini perlu saya ingatkan dan luruskan bila belajar tracking parabola anda sudah pada level paling baik dan berhasil mendapatkan siaran-siaran berkualitas premium seperti channel sepak bola, maka nikmatilah itu bersama keluarga.


Hindari dari bisnis gelap jual beli siaran yang anda publikasikan secara bebas karena jelas itu berlawanan dengan hukum dan undang-undang yang berlaku di negara ini.


Contoh siaran Liga Inggris dengan pemilik hak siar Mola TV, dari tracking parabola atau keahlian lainnya anda mendapatkan secara gratis atau cuma-cuma, kemudian anda sebar luaskan secara bebas dengan tarif dibawa harga kepada pemilik tv kabel.


Menghindari hal-hal tidak diinginkan nikmatilah keahlian tersebut bersama anggota keluarga anda tidak perlu mengikuti cara disebutkan diatas, apalagi anda telah terjun sebagai seorang teknisi parabola.


Mohon maaf kalau ada yang kurang semoga catatan ini bisa membantu teman-teman dalam menggunakan merek receiver produk negara Thailand ini. Salam Tracking 


Penulis 

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update