Notification

×

Iklan

Iklan

6 Makanan Indonesia Paling Favorit yang Mendunia Hingga Eropa dan Amerika Serikat

Sabtu, 31 Juli 2021 | 10.49 WITA Last Updated 2021-08-16T14:40:49Z

 

Gambar Ilustrasi oleh deni's

Bidikdotcom - Sebagai negara Agraria dan Maritim yang luas Indonesia memiliki keistimewaan dalam hal kehidupan sosialnya maupun budaya.


Ini terlihat dari beratus situs peninggalan para nenek moyang bangsa yang hingga hari ini dirasakan oleh generasi ke generasi. diantara situs sejarah kebudayaan masa lalu yang paling dikenal bahkan telah diakui oleh lembaga kebudayaan dan peninggalan benda bersejarah UNESCO "Candi Borobudur" menajdi satu dari 7 situs keajaiban dunia.


Tidak hanya itu Indonesia juga memiliki tanah subur untuk pertanian dan laut melimpah bagi ikan serta terumbu karang yang hidup di dalamnya.


Sehingga tidak heran banyak terjadi ilegal fishing di laut nusantara karena kekayaan lautnya yang tidak dimiliki negara-negara lain di Asia.


Tentu dari yang diuraikan tadi ada keistimewaan khsusus yang ditorehkan dunia kuliner nusantara bahwa 6 makanan Indonesia yang mendunia merupakan makanan daerah bisa dibilang sederhana tetapi tidak pernah disangka masuk pasar internasional.


Banyak orang Indonesia yang kurang mengetahui resep turun temurun yang kini jadi idola di negeri seberang.


Kalau Amerika Serikat punya KFC dan Burger, Italia punya Pizza dan Pasta, Meksiko punya Tortilla, Jepang punya Suzi, Thailand punya Tom Yam Gong, Tiongkok punya Mie Bakso, Spanyol punya Paella.


Indonesia punya 6 hindangan yang melebihi dari perwakilan negara-negara tadi yang telah diakui oleh masyarakat internasional dan telah disesuaikan dengan selerah bangsa Eropa maupun Amerika.


Ke-6 menu tersebut adalah:

1. Rendang Sapi

2. Sate

3. Soto Ayam

4. Bubur Manado

5. Gado-Gado

6. Nasi Goreng


Nama menu ini pun mewakili masing-masing daerahnya: Rendang Sapi (Padang, Sumut), Sate (Jawa), Soto Ayam (Jawa), Bubur Manado (Sulut), Gado-Gado (Jawa), Nasi Goreng (Jawa).


Ada beberapa nama lainnya juga sudah dikenal seperti dari Provinsi Bali Sate Lilit dan Bebek Betutu, hanya saja orang Eropa banyak tidak menyukai daging Bebek.


Sementara di Amsterdam Belanda harga ikan teri per Kg mencapai 1.118.72 Gulden atau setara dengan 9 Juta rupiah untuk membuat hidangan ikan teri goreng saus. 


Dasar catatan ini terangkum dari Fesetival Pesona Selat Lembeh 2018 saat beberapa turis Amerika dan Italia, Spanyol dan Belanda menginap di salah satu resort yang ada di Pulau Lembeh.dan saya yang menjadi guide mereka.


Dalam percakapan mereka pun menyebutkan dengan nyaman nama-nama hindangan diatas.


Di Amerika Serikat khusus di California saat Thanks Giving bulan Oktober ada pembukaan pameran makanan yang di gratiskan oleh pemerintah dengan dana dibiayai sendiri pemerintah setempat.


Ibu. Tity Ramses asal Magelang yang bersuamikan orang Amerika bekerja di lembaga sosial menuturkan pengalamannya saat ikut ambil bagian pameran kuliner dengan memask makanan identik dengan negara diluar Amerika itu.


Ke-6 menu diatas mendapat rating tertinggi ke-2 setelah Tiongkok yang menyajikannya dengan cara (taster), dan mendapat nilai tertinggi adalah Rendang Sapi dan Nasi Goreng.


Untuk Bubur Manado mendapat rating tertinggi ke-3 dari penikmat Vegetarian karena memang tidak ada campuran daging maupun ikan dari sajian menu ini, ungkap Ibu Tity.


Indonesia sebetulnya punya beribu hindangan istimewah dari berbagai daerah tapi hanya sebagian masyarakat saja yang mengenal dan pernah mencobanya.


Pasar modern berbasis teknologi digital seakan menyinkirkan hidangan-hidangan daerah diperkenalkan kepada masyarakat umum bahkan dianggap tertinggal dan tidak sesuai dengan nuansa kekinian.


Sehingga tidak heran banyak penjual makanan online tidak lagi menjual hidangan menu berbasis kedaerahan dan lebih merujuk kepada sesuatu modern.


Padahal ke-6 menu yang mendunia tersebut membuktikan bahwa makanan nusantara bisa diterima oleh selera orang Amerika maupun Eropa, bagaimana dengan Indonesia sendiri?


Saatnya mengangkat kuliner nusantara untuk menembus pasar Internasional tidak hanya nama menu yang disebutkan diatas. (bidikdot)


Salam Kuliner 

Penulis seorang Praktisi Kuliner

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update