Notification

×

Iklan

Iklan

Channel TV Fox dan Disney Group Tutup Oktober 2021

Rabu, 01 September 2021 | 19.56 WITA Last Updated 2021-09-01T12:56:29Z

Sumber Gambar Forum Satelit (facebook)


Bidikdotcom - Sejumlah siaran milik Fox dan Disney yang selama ini menjadi langganan pay tv akan menutup penyiarannya di wilayah Asia termasuk Indonesia pada Oktober 2021 mendatang.


Pengumuman penutupan ini terlihat dalam tayangan selingan saat jeda iklan pada siaran tersebut. 3 channel olahraga dimana selama ini menjadi unggulan tontonan yakni Fox Sport, Fox Sport 2, Fox Sport 3 tidak dapat terhindar dari penghentian penyiaran.


Pihak Disney akan melakukan terobosan dengan merubah akses tayang dari digitalisasi DVB-S2 menjadi siaran berbasis streaming


mengingat statistik penjualan streaming perusahaan ini di dua tahun terakhir (2019-2020) menunjukan peningkatan cukup signifikan ketimbang pada format siaran Mpeg2 dan Mpeg4. 


Alasan inilah membuat pihak Disney lebih memilih streaming basic broadcast (SBB) menjadi platform berbayar mereka. Tetapi untuk wilayah Eropa dan Amerika serta negara diluarnya masih belum ada perubahan.


Pada April 2021 lalu kedua platform premium ini telah mengumumkan rencana penutupan siaran mereka kepada seluruh vendor berbayar yang menggunakan hak siar tersebut sehingga sesegera mungkin untuk melakukan pergantian siaran sebelum tiba bulan Oktober.


Ada 18 siaran milik Disney hendak ditutup diantaranya:

Disney Junior

Fox

Fox Crime

Fox Life

FX

Fox Movies

Fox Action Movies

Fox Family Movies

Fox Sports

Fox Sports 2

Fox Sports 3

Nat Geo People

Star Movies China

SCM Legend

Star Sports 1 (China dan HK)

Star Sports 2 (China dan HK)

Channel V


Sebenarnya ada 22 channel yang beroperasi di wilayah Asia tetapi 4 channel masih di pertahankan pihak Disney mengingat ke-4 siaran tersebut mendapat tren positif dari publik di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia.


Diantaranya Star Chinese Channel, Star Chinese Movies, National Geographic Channel dan Nat Geo Wild.


Beberapa siarannya saat ini sudah di gratiskan termasuk Fox Sport yang menggandeng channel tv lokal untuk menayangkan iven sport bergengsi seperti MotoGP, Formula E, Badminton Series dan AFC.


Tentu mendapatkan siaran gratis juga gampang-gampang susah bila tidak memiliki peralatan parabola yang memadai


Tetapi saat ini siaran digital dapat menjawabnya meski hanya daerah tertentu saja yang memiliki jangkauan layanan televisi digital dan menyiarkan siaran premium diatas. 


Meski demikian sebagian pay tv tidak menggratiskan siaran milik disney ini anda tetap harus membeli paket langganan sebagaimana harga jual dari pay tv tersebut.


deny/BDC

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update