Notification

×

Iklan

Iklan

Manfaat Daun Gedi Terhadap Kesehatan Tubuh yang Jarang di Ketahui Orang

Senin, 13 September 2021 | 16.17 WITA Last Updated 2021-09-28T13:54:44Z

 

Pohon gedi berjenis daun lebar kenyal Foto: bidikdot

Bidikdotcom - Pohon Gedi merupakan jenis sayuran berlendir yang kadang membuat seseorang tidak menyukainya jika dibuat obat herbal.


Meski secara umum banyak orang mengetahui pohon gedi tetapi masih sedikit paham apa-apa saja manfaat dari daunnya selain di jadikan bahan sayuran. 


Nama ilmia pohon gedi adalah Abelmoschus Manihot atau sejenis spesies manihot yang keberadaannya banyak ditemui di Provinsi Sulawesi Utara.


Hampir semua daerah di Sulut terdapat tanaman ini karena mudah tumbuh dan sebagai bahan makanan pokok masyarakat khususnya di daerah Sangihe dan Bolaangmongondow.


Daun Gedi dan manfaatnya benar-benar dirasakan oleh beberapa masyarakat yang mengalami kesembuhan dari sakit diderita setelah rutin mengkomsumsi daun dengan tekstur kenyal ini.


Tidak hanya itu daun gedi memiliki cita rasa yang sangat tinggi jika dibuat sayuran. warga Nusa Utara menyebutnya dengan "duku salrolro"., sayur gedi berkuah dari santan kelapa yang di isi dengan beberapa potongan ikan garam dan cabe fresh.


Tanaman Gedi ini memiliki beberapa jenis seperti berbentuk bintang halus, lebar kenyal dan bentuk bintang panjang biasanya terdapat pada gedi berwarna merah.


Meski ada beberapa jenis daun gedi tetapi kadar lendirnya sama. namun yang memiliki kadar lendir tertinggi ada pada jenis lebar kenyal dan daun gedi berwarna merah.


Manfaat lendir dari daun gedi dapat menyembuhkan sakit seperti asam lambung tinggi, maagh, panas  demam, batuk dan gangguan pada usus.


Bagi penderita sakit seperti Asam Lambung, Maagh, Gangguan usus dapat menggunakan daun gedi merah dengan cara merendamnya dengan air panas hingga lendir dari daun gedi tersebut keluar dan air menjadi benar-benar kental dan minum selagi hangat.


Paling bagus meminumnya saat pagi hari sebelum sarapan.


Untuk panas demam dapat menempelkan beberapa lembar ke bagian tubuh yang panas hingga lendirnya hilang.


sedangkan batuk apalagi batuk berdahak ambil 7-10 lembar daun gedi merah, rendam dalam air  selama 10 menit kemudian angkat dan tiriskan. buat api bakaran dari temprung kelapa dan jika sudah berbara panggang daun gedi dengan wadah bakaran hinga berwarna hitam.


Bila daun gedi sudah terpanggang bagus rendam dalam air panas yang sudah mendidih hingga 10 menit. selanjutnya saring airnya dan minum selagi hangat, buat berulang-ulang selama 3X sehari.


Itulah beberapa manfaat dari daun gedi yang banyak tidak diketahui masyarakat umum yang kadang hanya sekilas melihatnya sebagai tanaman sayuran biasa.


deny/BDC

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update